Beranda Updates Honda CR-V Versi Eropa, Kalah Duluan dari Indonesia

Honda CR-V Versi Eropa, Kalah Duluan dari Indonesia

JENEWA, 6 Maret 2018Honda CR-V terbaru akhirnya masuk ke pasar Eropa. Honda mengumumkan akan meluncurkan Honda all-new CR-V di ajang Geneva Motor Show 2018. Peluncuran Honda CR-V ini kalah dibandingkan Indonesia yang sudah lebih dulu menjualnya. Honda mengatakan CR-V generasi terbaru ini mendapat perbaikan kualitas interior dan kabin, termasuk untuk pertama kalinya menawarkan pilihan tujuh kursi dan mesin hybrid.

Honda CR-V merupakan sport utility vehicle (SUV) yang cukup populer di Indonesia dan Asia Tenggara dalam satu dekade terakhir. Di Indonesia, di bawah PT Honda Prospect Motor, Honda CR-V mampu terjual hingga 15.905 unit sepanjang tahun 2017 lalu. Tak salah jika kemudian Honda mempercayakan peluncuran Honda CR-V generasi terbaru di Indonesia, tepatnya di IIMS 2017, April tahun lalu.

Bahkan di Indonesia sudah lebih dulu diperkenalkan Honda CR-V dengan mesin 1.5 liter Turbo. Generasi kelima Honda CR-V ini sudah dirakit di Indonesia alis CKD. Model terbaru membawa perubahan signifikan dari desain dan teknologi. Salah atunya adalah penggunakan turbocharger.

Di Eropa, baru inilah Honda CR-V baru diperkenalkan. Dan ini jugalah kali pertama Honda CR-V ditawarkan dalam varian 3 baris tempat duduk atau 7 penumpang. Hal ini merupakan bagian dari strategi Honda bersaing dengan SUV berbadan panjang lainnya seperti VW Tiguan, atau Nissan X-Trail yang di Eropa dikenal dengan nama Rogue yang sama-sama memiliki tiga baris.

Desain luar dan dalam sama persis dengan versi Indonesia. Honda CR-V all-new memiliki desain eksterior yang segar dan canggih, dengan lengkungan roda yang lebih luas dan berotot, kontur yang lebih tajam pada bagian bonnet dan rear, serta wajah keluarga Honda terbaru dengan gambar utama lampu sorotnya.

Honda juga mengumumkan rencana kehadiran Honda CR-V versi hybrid. Model ini akan dilansir di Eropa pada awal 2019. Mesin yang digunakan Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD) hybrid system yang setara dengan 2.0 liter i-VTEC Atkinson cycle 4 silinder plus dua motor listrik seperti pada Accord Hybrid.

Model hybrid tidak menggunakan transmisi biasa, melainkan girboks single fixed-gear agar tercipta koneksi langsung dalam pentransferan tenaga. Nantinya, Honda CR-V Hybrid akan bersaing dengan SUV hybrid lainnya seperti Toyota RAv4 Hybrid, Nissan Roque Hybrid, dan Mitsubishi Outlander PHEV.

Untuk mesin, varian 7-seater akan menggunakan mesin 1.5 liter Turbo yang ditunjang dengan pilihan gearbox manual 6-kecepatan atau CVT automatic.

Nah apa bedanya dengan versi Indonesia. Secara umum, versi 7-seater ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Tanah Air. Di Indonesia, model ini diperkuat mesin 1.5L VTEC Turbo. Ada dua tipe yaitu 1.5L Turbo yang dibanderol Rp 468 juta dan 1.5L Prestige Turbo seharga Rp 508 juta. HPM juga mimiliki satu tipe 5-seater yang menggunakan mesin 2.0L SOHC i-VTEC dan dibanderol seharga Rp 434 juta.

RAJU FEBRIAN

Last Update

Pereli Indonesia Mendominasi Hari Pertama Kejuaraan Reli Malaysia 2018

JAKARTA, 21 Juli 2018 – Pereli Indonesia tampil mendominasi di hari pertama Kejuaraan Reli Malaysia bertajuk International Rally of Johor 2018 yang digelar di kawasan...

Inilah Raja Drift di Kejurnas Putaran Kedua

JAKARTA, 22 Juli 2018 - Kejuaraan Nasional Drift putaran kedua telah usai digelar. Puluhan drifter berjuang keras dalam menyelesaikan soal...

DFSK Glory 580 Dapat Garansi 7 Tahun, Apa Saja yang Dijamin?

JAKARTA, 22 Juli 2018 – Ada satu hal menarik, dan juga berani, yang ditawarkan DFSK Motors Indonesia saat meluncurkan SUV...

Setelah Hamilton, Mercedes Juga Perpanjang Kontrak Valtteri Bottas

BRACKLEY, 22 Juli 2018 – Menyusul Lewis Hamilton yang mendapat perpanjangan kontrak selama dua tahun, Mercedes kemudian juga memberikan kontrak...

DFSK Klaim Siapkan 50 Dealer untuk Layani Glory 580

JAKARTA, 21 Juli 2018 – Setelah memastikan peluncuran SUV 7-seater Glory 580, DFSK Motors Indonesia juga menyatakan kesiapannya terkait layanan....