Beranda Updates Hingga September, Ekspor Mobil CBU TMMIN Naik 22 Persen

Hingga September, Ekspor Mobil CBU TMMIN Naik 22 Persen

Suasana produksi Toyota Sienta di pabrik milik PT TMMIN di Indonesia.

JAKARTA, 12 OKTOBER 2017 – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) baru saja mendapatkan penghargaan Primaniyarta Award 2017 dari Pemerintah Republik Indonesia untuk kategori Eksportir Berkinerja. Sekaligus penghargaan Primaniyarta ke-8 yang diraih oleh TMMIN dan yang kelima kali secara berturut-turut.

Penghargaan ini diberikan karena kinerja PT TMMIN yang sudah melakukan aktivitas ekspor sejak 30 tahun lalu. Sepanjang 2017 hingga bulan September, TMMIN telah membukukan ekspor CBU sekitar 150.400 unit. Angka ini meningkat 22% dari torehan TMMIN tahun lalu.

Sumbangan utama ekspor tahun ini datang dari SUV Fortuner yang mencapai angka 52.500 unit, MPV Avanza sebesar 36.100 unit, serta sedan Vios sebesar 20.700 unit. Selain itu, TMIIN juga melakukan ekspor CKD sebanyak 35.600 unit, mesin bensin lebih dari 99.850 unit, mesin ethanol sebanyak lebih dari 7.350 unit, dan komponen kendaraan sekitar 76.6 juta buah.

Pada tahun ini, Toyota menargetkan peningkatan ekspor kendaraan utuh sebesar 10% dibandingkan angka ekspor pada 2016 lalu. Produk-produk ekspor kendaraan Toyota ini nantinya dikirim ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, Pasifik, serta Timur Tengah.

Saat ini kontribusi kendaraan utuh bermerk Toyota bagi total ekspor otomotif nasional Indonesia sebesar 87% yang terdiri dari ekspor 9 model yaitu Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town/Lite Ace, Agya, dan Sienta.

TMMIN juga mengekspor kendaraan terurai (CKD/Completely Knock Down), mesin bensin dan ethanol tipe TR-K dan R-NR, komponen kendaraan serta alat bantu produksi berupa jigs (alat bantu dalam proses pengelasan), dan dies (alat bantu dalam proses pengepresan) yang sekaligus menunjukan tingkat kedalaman industri TMMIN.

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar

Last Update

Jelang Debut, BMW Z4 Ungkap Wujud Utuhnya

MUNICH, 16 Agustus 2018 – Beberapa hari lalu beredar foto bocoran wujud dari versi produksi BMW Z4 Concept. Tidak perlu...

Toyota Yaris GRMN, Product of Nürburgring

ALKISAH tiga tahun lalu, Toyota mengirimkan satu unit prototipe Yaris tiga pintu ke salah satu fasilitas milik mereka yang berdekatan...

Edukasi Pasar, V-KOOL Gelar Cek Kaca Film Gratis 100 Mobil

JAKARTA, 15 Agustus 2018 – PT V-KOOL Indo Lestari hadir di ajang GIIAS 2018 tak hanya untk jualan. Agen pemegang...

Shell Lubricants Indonesia Resmikan Customer Experience Center

JAKARTA, 15 Agustus 2018 -- Guna lebih mengenalkan teknologi dan pengembangan produknya, Shell Lubricants Indonesia diresmikan “Customer Experience Center” di...

Unjuk Gigi, Wuling Motors Raih SPK 626 Unit di GIIAS 2018

CIKARANG, 15 Agustus 2018 – Wuling Motors mulai unjuk gigi di kancah otomotif Tanah Air. Wuling mengakhiri keikutsertaanya di Gaikindo...