Beranda Updates Hanya 40 Unit, Inilah Bugatti Paling Gesit dan Lincah

Hanya 40 Unit, Inilah Bugatti Paling Gesit dan Lincah

MONTEREY, 27 Agustus 2018 – Selubung Bugatti Divo akhirnya dibuka dan resmi dipekenalkan kepada public di gelaran Peeble Beach Concours d’Elegance 2018. Hypercar ini lahir sebagai spesies Bugatti yang berbeda dari hypercar yang pernah ada selama ini.

Divo dirancang sebagai revolusi dari basis Chiron yang telah meluncur dua tahun lalu, di mana mobil ini mengalami peningkatan dalam hal manuverabilitas dan tidak terfokus pada kecepatan puncak di lintasan lurus. Praktisnya, Divo adalah Bugatti yang paling lincah di atas aspal.

Peningkatan aerodinamika yang signifikan membuat tampilan Divo menjadi jauh lebih agresif daripada Chiron. Fascia depan menerapkan intake lebih besar dan spoiler lebih lebar, demi meningkatkan downforce dan pendinginan mesin.

Selain untuk mesin W16 8.0 liter quad-turbo yang bertenaga 1.479 hp, sistem pendinginan Divo juga ditekankan pada pengereman yang kini menggunakan empat saluran udara di body untuk masing-masing roda. Demi saluran udara lebih banyak, Bugatti bahkan merombak bentuk lampu depan yang kini tersimpan di balik bonnet dan lebih tinggi dari posisi lampu Chiron.

Masih soal aerodinamika, Bugatti memasang shark fin yang menghubungkan atap dengan sayap belakang, layaknya mobil balap masa kini. Bugatti pun menerapkan diet khusus hingga Divo berbobot 35 kg lebih ringan dari Chiron, melalui velg dan cover intercooler serat karbon yang lebih ringan, termasuk pengurangan insulasi, sistem audio baru, serta absennya kompartemen di panel pintu dan konsol tengah.

Bugatti ingin agar Divo “lebih tajam, lebih lincah dan lebih gesit”, dengan mengubah sistem kemudi dan suspensinya serta meningkatkan sudut camber. Hasil tes membuktikan Divo lebih kencang 8 detik dari Chiron di sirkuit Nardo, dan mampu menghasilkan lateral G-force sampai 1,6 G saat akselerasi.

Pabrikan Perancis ini menjanjikan Divo akan lebih menyenangkan saat dipacu di jalanan berkelok dan sirkuit. Nama Divo sendiri diambil dari nama pembalap asal Perancis, Albert Divo.

Hanya 40 unit Divo akan diproduksi. Harganya? Mobil ini dibanderol mulai US$ 5,8 miliar atau setara Rp 84.5 miliar. Besar kemungkinan Divo sudah ludes terjual oleh para kolektor, yang diberi syarat harus memiliki 1 unit Chiron di garasinya.

Anda termasuk?

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Bodykit Toyota FT 86 Buatan Lokal Bakal Diluncurkan di IMX 2018

JAKARTA, 15 November 2018 - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 akan dihelat dua hari lagi. Pameran modifikasi bertaraf international ini...

Komunitas Civic Turbo Rayakan Ulang Tahun Ke-2 di Anyer

JAKARTA, 15 November 2018 -- Komunitas Honda Civic Turbo kembali berkumpul merayakan ulang tahun ke-2 di Anyer, Banten. Meskipun perayaan...

Bridgestone Indonesia Dukung ASEAN Automobile Safety Forum 2018

KARAWANG, 14 November 2018 -- PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mendukung New Car Assessment untuk Asia Tenggara (ASEAN NCAP)...

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...