Beranda Updates Goodyear Kembangkan Ban Khusus untuk Mobil Listrik

Goodyear Kembangkan Ban Khusus untuk Mobil Listrik

Purwarupa Goodyear EfficientGrip Performance  dengan teknologi Electric Drive merupakan usaha Goodyear memenuhi permintaan kendaraan listrik.

JENEWA, 16 Maret 2018 – Berkembangnya pasar kendaraan listrik diantisipasi Goodyear. Pabrikan raksasa ini memperkenalkan purwarupa ban EfficientGrip Performance yang dilengkapi dengan Electric Drive Technology di ajang Geneva International Motor Show 2018.

Goodyear mengatakan penggunaan ban tradisional pada kendaraan listrik menyebabkan tingkat keausan ban lebih cepat hingga 30%. Hal ini disebabkan oleh tingkat torsi yang kuat dari kendaraan listrik dan bobot kendaraan tambahan dari kemasan baterai yang cukup berat.

Chris Delaney, Presiden Goodyear untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika mengatakan Goodyear bekerja sama dengan produsen mobil listrik yang akan diterapkan di Eropa mulai tahun depan.

“Mulai dari kombinasi peraturan yang meningkat dalam mengurangi emisi gas, keinginan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil hingga peningkatan teknologi baterai yang pesat untuk menciptakan lingkungan yang ideal pada kendaraan listrik,” katanya.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Garap Supercar Bertenaga Listrik Bertampang Klasik

Selain daya tahan, ban yang memiliki rolling yang baik juga dibutuhkan mengingat infrastruktur pengisian tenaga listrik yang belum memadai di sebagian besar negara. Tak ketinggalan ketenangan dan kenyamanan yang dihasilkan ban juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Prototype EfficientGrip Performance dengan Electric Drive Technology ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang menjawab hal tersebut:

Extended Mileage from Innovative Tread Design: Tapak ban yang lebih tipis memungkinkan pemasangan kontak karet yang lebih besar pada permukaan jalan dibandingkan alur radial pada ban tradisional. Dengan lebih banyak karet yang menyentuh jalan, ban bisa dapat bekerja lebih baik dalam mengatasi torsi tingkat tinggi dan meningkatkan performa dalam kondisi basah. Desain tapak juga mencegah gelombang suara untuk memasuki alur ban, sehingga mengurangi kebisingan secara interior ataupun eksterior.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Garap Supercar Bertenaga Listrik Bertampang Klasik

High-Load-Carrying Construction: Bentuk rongga ban dibuat secara optimal untuk mendukung penambahan bobot kendaraan dari baterai dengan mempertahankan tapak yang optimal untuk kinerja yang tinggi.

Extended Driving Range: Sifat material dari senyawa tapak ban telah diatur pada ketahanan bergulir di kecepatan ultra yang rendah untuk memperpanjang jangkauan kendaraan saat menghadapi torsi yang lebih tinggi. Selain itu, dinding samping telah dirancang untuk mengurangi hambatan aerodinamis sehingga mengurangi konsumsi energi.

RAJU FEBRIAN