Beranda Updates Gokil, 20 Ferrari di Indonesia Dapat Sentuhan Tailor-Made

Gokil, 20 Ferrari di Indonesia Dapat Sentuhan Tailor-Made

Ferrari California T hasil tailor-made di Frankfurt Motor Show 2015. Foto: www.4wheelsnews.com

JAKARTA, 25 Februari 2018 – Ferrari dan personalisasi sudah ada bersamaan sejak Enzo Ferrari membangun model pertama 125S di Maranello, Italia, tahun 1947. Sedangkan program Tailor-Made baru dimulai tahun 2011 dan dirancang istimewa untuk klien yang ingin membuat mobil Ferrari miliknya benar-benar custom-made dan menjadi benda untuk mengekspresikan keinginan dan kepribadiannya.

Menurut Arie Christopher, CEO PT Citra Langgeng Otomotif (Ferrari Jakarta), setiap mobil baru yang keluar dari pabrik Ferrari di Maranello sudah melalui beberapa tahapan personalisasi, namun program Tailor-Made membawa personalisasi ke tingkat yang lebih bersifat individualis dan sama sekali baru.

Untuk melakukan Tailor-Made, konsumen akan berkomunikasi dengan dealer resmi Ferrari di setiap negara setelah itu akan diatur jadwal untuk melakukan komunikasi dengan orang Ferrari khusus yang ditunjuk oleh pabrikan untuk menangani Tailor-Made. Komunikasi bisa dilakukan di Shanghai, Cina dan di Maranello di mana keduanya dijadikan pusat Tailor-Made Ferrari.

Jika Tailor-Madenya sangat spesial, konsumen akan dibawa ke Maranello untuk bertemu dengan perancang khusus. Konsumen akan diajak ngobrol oleh perancang di ruangan khusus. “Perancang hanya menerima konsumen Tailor-Made dalam sehari dua orang saja masing-masing satu sesi, yaitu sesi pagi dan menjelang sore. Tidak lebih. Konsumen diperlakukan sangat spesial sehingga Ferrari bisa memahami kemauan konsumen dalam mempersonalisasi mobilnya dan bisa menjadi mobil yang  betul-betul istimewa baginya,” ujar Arie. “Untuk melakukan Tailor-Made dibutuhkan waktu rata-rata satu tahun untuk satu mobil.”

“Untuk biaya, tergantung dari mobil yang mau mendapat sentuhan Tailor-Made dan hal itu mencapai ribuan dollar atau Euro,” imbuhnya.

Arie mengatakan, pemilik dapat mencari inspirasi dari tiga nilai yang dianut oleh Ferrari yakni Scuderia (Performa), Classica (Tradisi) dan Inedita (Inovasi). Tiga koleksi ini dibuat oleh Ferrari Styling Center. Scuderia ditujukan bagi konsumen yang memiliki selera dunia balap, meliputi desain sporty dan teknologi, Classica untuk mereka yang memiliki selera retro atau vintage dan yang ketiga Inedita adalah gaya avant-garde di mana konsumen ingin bereksprimen dan ingin mendapatkan gagasan baru sampai batas maksimal.

Untuk pasar Indonesia, sejak tahun 2012 lalu sudah 20 mobil Ferrari yang mendapat sentuhan Tailor-Made dan berasal dari beragam model. Menurut Arie, Indonesia adalah salah satu pasar Ferrari yang paling banyak peminat Tailor-Madenya di kawasan Asia Tenggara.“

Mau tau info lengkap dan videonya? Klik saja http://auto.ferrari.com/en_EN/sports-cars-models/personalization/tailor-made/

EKA ZULKARNAIN