Beranda Updates GAIKINDO Indonesia Masuk Era Euro 4 Sebelum Akhir Tahun

GAIKINDO Indonesia Masuk Era Euro 4 Sebelum Akhir Tahun

JAKARTA, 17 Juli 2018 – Tahun ini, Indonesia dipastikan akan memasuki era industri otomotif yang ramah linkungan, dengan akan diberlakukannya standard emisi Euro 4. Oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Euro 4 dijadwalkan akan berlaku sebelum akhir tahun ini.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengatakan Indonesia akan segera memasuki era Euro 4 pada bulan Oktober 2018 mendatang. Dikatakannya, persiapan menyambut Euro 4 telah melibatkan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Kemenperin (Kementerian Perindustrian).

Pemberlakuan Euro 4 di Indonesia akan diterapkan melalui peningkatan kualitas bahan bakar minyak (BBM) dan kendaraan dengan spesifikasi yang lebih baik, khususnya mobil.

“Kami sudah siap semua, jadi sesuai dengan peraturan KLHK dan pembicaraan dengan Kemenperin maka otomotif harus menyiapkan kendaraan Euro 4, harus sudah siap. Jadi oktober semua kendaraan yang keluar dari pabrik adalah Euro 4,” kata Yohannes saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018) lalu.

Dengan diberlakukan mulai Oktober 2018, artinya seluruh kendaraan roda empat yang diproduksi mulai Oktober mendatang sudah harus memenuhi standar emisi Euro 4, didahulukan pada mesin bensin. Untuk BBM, Pertamina sudah menyiapkan produk dengan standar tersebut, baik bensin maupun diesel.

Menyusul berlakunya Euro 4, GAIKINDO kemudian mengatakan hal tersebut bisa menjadi jembatan untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan agar semakin mudah dimiliki oleh masyarakat. Pemerintah targetkan 20 persen dari keseluruhan penjualan mobil tahun 2025 disumbangkan oleh mobil hybrid, listrik atau sejenisnya.

Euro 4 (tahun) 2018 untuk kendaraan bensin, diesel 2021. Pemerintah juga sedang mengharmonisasi tarif, LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), nah ini meng-cover juga kendaraan hybrid, PHEV maupun kendaraan baterai, electric vehicle,” lanjut Yohannes.

Standard emisi Euro 4 telah tertuang dalam regulasi pada Peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017. Sementara Indonesia sendiri untuk saat ini masih pada standard emisi Euro 2.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Hujan Deras Bikin Kejurnas Reli Medan Berlangsung Menegangkan

MEDAN, 18 November 2018 – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli 2018 putaran kedua yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/11)...

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...