Beranda Updates Ferrari 488 Pista Gunakan Mesin V8 Paling Powerfull dalam Sejarah

Ferrari 488 Pista Gunakan Mesin V8 Paling Powerfull dalam Sejarah

MARANELLO, 22 Februari 2018 – Model Ferrari terbaru yang akan diluncurkan pada ajang Geneva Motor Show mendatang akhirnya tampil dalam foto resmi. Diberi nama Pista yang berarti lintasan atau track dalam bahasa Italia.

Ferrari 488 Pista merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8 – 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale – yang banyak mendapat pujian dalam hal performa dan handling yang nyaman.

Dari foto-foto yang beredar terlihat tampilan agresif mobil ini. Tampak antara lain dari front spiller berukuran besar dan rear diffuser yang cukup menonjol. Foto bagian belakang juga menunjukkan nama mobil ini, 488 Pista.

Pengembangan mobil ini, berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship – dimana Ferrari telah memenangkan lima gelar Manufacturer terbaik di kelas GTE dalam enam tahun sejak awal seri, menjuarai 29 dari 50 seri balapan – dan 25 tahun pengalaman dalam menjalankan Ferrari Challenge one-make series.

Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kg (1280 kg bobot kering). Jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin (+50 hp), maka akan menghasilkan standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.

Mesinnya adalah V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari. Mesin 3.9 liter twin-turbo V8 tersebut menghasilkan daya 720 Cheval Vapeur atau sekitar 710 hp yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/liter) dan torsi sekitar 770 Nm. Mesin ini juga yang paling ringan, berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge.

Disebutkan jika Ferrari 488 Pista mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam 2.85 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimum mencapai 211 mph atau sekitar 339,5 km/jam.

Di antara solusi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1 dan disain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap yang kuat untuk meningkatkan downforce.

Perangkat terkini yang dipasang Ferrari antara lain sinergi antara pengembangan sisi mekanis dan kontrol dinamis elektronik yang diintegrasikan ke dalam sistem Side-Slip Angle Control versi 6. SSC 6.0 menggabungkan semua sistem berikut ini: E-Diff3, F1-Trac, suspensi magnetorheological (SCM) dan, untuk pertama kalinya, Ferrari Dynamic Enhancer. FDE memiliki fitur-fitur pertama di dunia, seperti: menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.

Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrim ditegaskan dengan penggunaan untuk pertama kalinya pada Ferrari yaitu pilihan pelek karbon baru berukuran 20 inci yang membalut ban Michelin Pilot Sport Cup 2. Sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang.

RAJU FEBRIAN