Beranda Updates F1: Salip Hamilton, Vettel Menang Dominan di GP Belgia 2018

F1: Salip Hamilton, Vettel Menang Dominan di GP Belgia 2018

FRANCORCHAMPS, 27 Agustus 2018Formula 1 kembali berlangsung setelah libur musim panas selama sebulan, dan Sebastian Vettel langsung menunjukkan perlawanannya demi gelar juara dunia. Pada seri F1 Grand Prix Belgia 2018, Minggu (26/8, Vettel berhasil meraih kemenangan kembali untuk Scuderia Ferrari.

Vettel sukses merebut kemenangan dari Lewis Hamilton, saingan utamanya di kejuaraan dunia yang memegang pole position atau start di posisi terdepan. Sejak lap pertama, Vettel langsung agresif menyerang Hamilton dan memimpin balapan hingga finish.

Dari posisi kedua, Vettel langsung menempel Hamilton menuju tikungan 1 selepas start, yang terus ditempelnya hingga tikungan Les Combes (tikungan 7), untuk akhirnya merebut posisi pertama. Di saat bersamaan, duo Force India, Esteban Ocon dan Sergio Perez ikut mencoba peruntungannya menyerang Vettel dan Hamilton, setelah meraih kualifikasi terbaik di posisi ketiga dan keempat.

Start balapan di sirkuit Spa-Francorchamps sendiri diwarnai insiden tabrakan beberapa pembalap di tikungan 1, di mana Nico Hulkenberg melakukan kesalahan pengereman dan menabrak Fernando Alonso di depannya. Mobil Alonso sampai terbang sesaat karena hilang kendali menabrak mobil Charles Leclerc di depannya.

Baik Hulkenberg, Alonso dan Leclerc langsung terhenti lajunya di lap pertama, sementara Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonen menjadi korban lain dari tabrakan ini. Kerusakan pada masing-masing mobil Raikkonen dan Ricciardo memaksa keduanya tinggalkan balapan juga kemudian.

Setelah sirkuit dinyatakan aman setelah kecelakaan lap 1, periode safety car berakhir di lap 5 dan Vettel langsung meninggalkan semua lawannya di belakang. Hamilton sempat mencoba menyalip di tikungan terakhir Bus Stop chicane, namun gagal dan membuatnya semakin tertinggal di belakang pembalap Ferrari itu.

Pertarungan kedua penantang gelar ditentukan pada pitstop satu-satunya selama balapan, dengan Hamilton masuk pit lebih dulu di lap 22. Meski berhasil memperpendek jarak, Hamilton masih berada di belakang Vettel yang masuk pit satu lap setelahnya, dan juga pembalap Mercedes itu harus menyalip Max Verstappen lebih dulu untuk mengejar Vettel.

Verstappen yang menjadi wakil Red Bull satu-satunya di balapan, berhasil memperbaiki posisi ke posisi ketiga setelah start di posisi ke-7. Posisi tersebut dipertahankannya hingga finish, dengan meninggalkan jauh Force India dan Valtteri Bottas di belakangnya.

Setelah 44 lap balapan berlangsung, Vettel finish terdepan dengan jarak 11,061 detik dari Hamilton yang memilih tidak memaksakan diri mengejar di beberapa lap terakhir. Sama-sama meraih lima kemenangan musim ini, Vettel rapatkan kembali jarak poinnya di klasemen sementara yang dipimpin Hamilton, menjadi 17 poin.

WAHYU HARIANTONO