Home Updates F1: Kejutan Daniel Ricciardo Curi Kemenangan Grand Prix China 2018

F1: Kejutan Daniel Ricciardo Curi Kemenangan Grand Prix China 2018

SHARE

SHANGHAI, 15 April 2018 – Di saat perhatian publik terpusat pada persaingan antara Ferrari dan Mercedes pada seri F1 Grand Prix China 2018, Daniel Ricciardo justru secara mengejutkan berhasil mencuri kemenangan pada seri ketiga musim 2018 tersebut. Pembalap Red Bull tersebut berhasil meraih kemenangan lebih dulu daripada para pembalap Mercedes musim ini.

Hebatnya lagi, kemenangan itu didapatkannya berbekal start dari posisi ke-6. Ricciardo finish terdepan dengan catatan waktu 1 jam 35 menit 36.380 detik. Ia unggul cukup jauh, 8,894 detik di depan Valtteri Bottas (Mercedes) yang sempat mencuri posisi terdepan dari Sebastian Vettel (Ferrari). Sementara Kimi Raikkonen (Ferrari) mengamankan podium untuk Ferrari di posisi ketiga, finish dengan selisih 9,637 detik.

Saat balapan dimulai, Vettel dari posisi pertama sempat bersaing ketat dengan Raikkonen menuju tikungan pertama, hingga menggiring rekan setimnya tersebut ke sisi dalam. Vettel bebas dari serangan, sementara Raikkonen harus dilewati oleh Bottas dan Verstappen di lap pembuka tersebut.

Baca Juga:  F1: Vettel Dominan di Kanada Raih Kemenangan ke-50

Vettel, Bottas, Verstappen, Raikkonen, Lewis Hamilton (Mercedes) dan Ricciardo mengisi posisi enam besar di lap pertama hingga periode pitstop tiba. Pada lap ke-20, Bottas mengawali pertarungan pitstop di baris depan saat berada di belakang Vettel dengan jarak hampir 3 detik.

Ferrari merespons dengan memanggil Vettel untuk pit satu lap kemudian, namun eksekusi pitstop yang lebih singkat dari Mercedes mengantarkan Bottas menyalip Vettel saat keluar pitlane. Pimpinan balapan pun berpindah ke tangan Bottas.

Pertarungan antara Vettel dan Bottas sempat memanas dengan dekatnya jarak antara keduanya, sampai pada lap 31 terjadi tabrakan antara kedua pembalap Toro Rosso, saat Pierre Gasly coba menyalip Brendon Hartley. Serpihan bodywork dari tabrakan tersebut berbuah masuknya safety car ke lintasan.

Periode safety car selama 5 lap dimanfaatkan Red Bull untuk beralih strategi, memanggil Verstappen dan Ricciardo untuk berganti dari kompon ban medium ke soft, di saat para rival tidak bergeming. Keputusan ini terbukti efektif bagi Ricciardo dan Verstappen kemudian.

Baca Juga:  Tak Kompetitif, Ferrari Pecat Raikkonen di Akhir Musim?

Saat restart balapan di lap 36, Ricciardo secara bertahap berhasil melewati Raikkonen, Hamilton, Vettel dan akhirnya Bottas di lap 46. Sementara Verstappen yang sempat mencoba lewati Hamilton di sisi luar tikungan 6 harus melebar dan kehilangan posisi setelahnya.

Drama dari Verstappen terjadi saat lap 43, di mana dirinya bersenggolan dengan Vettel yang sedikit melebar di hairpin tikungan 14. Keduanya melintir dan kehilangan peluang meraih podium, dengan Verstappen akhirnya finis kelima setelah dijatuhi penalti waktu 10 detik.

Balapan selama 56 lap di Shanghai International Circuit akhirnya dimenangkan oleh Ricciardo, sementara para penguasa klasemen sementara Vettel dan Hamilton untuk pertama kalinya musim ini absen berdiri di podium. Vettel harus puas finish ke-8, sementara Hamilton lebih baik di posisi ke-4.

WAHYU HARIANTONO

SHARE

Last Update

TWTW: Mustang Bullitt, The Disappearance of a Star

SUDAH 50 berselang sejak Bullitt diluncurkan pada 1968. Film yang diperankan oleh Steve McQueen dan telah menerima beberapa penghargaan tersebut...

Bagaimana Terbentuknya Toyota Owner Club?

JAKARTA, 24 Juni 2018 -- Maraknya para pembeli dan peminat mobil Toyota membuat banyak pula terbentuknya komunitas-komunitas mobil dari brand Toyota....

Begini Cara Toyota Owner Club Menjaga Solidaritas Antar Member 

JAKARTA, 24 Juni 2018 --Komunitas mobil pecinta Toyota yang tergabung dalam TOC (Toyota Owner Club) akhirnya berkumpul kembali dalam rangka...

Fitur Baru Ford Bikin Penumpang Tetap Nyaman Lewati Lubang Jalan

DETROIT, 24 Juni 2018 – Umumnya fitur keselamatan di mobil sekarang berfungsi melindungi dan mencegah penumpang dari potensi terjadinya tabrakan...
video

VIDEO: Mazda Rayakan 40 Tahun RX-7

TOKYO, 23 Juni 2018 -- Mesin rotari adalah konfigurasi mesin paling menarik di dunia otomotif. Tahun lalu, Mazda menandai 50...