Beranda Updates F1: Hamilton Terlalu Dominan, Mercedes Finish 1-2 di GP Spanyol 2018

F1: Hamilton Terlalu Dominan, Mercedes Finish 1-2 di GP Spanyol 2018

BARCELONA, 14 Mei 2018 — Kemenangan manis dirasakan Lewis Hamilton musim ini. Pembalap Mercedes itu memenangkan balap seri Formula 1 GP Spanyol 2018 melalui performa dominan di sepanjang balapan yang dilangsungkan Minggu (13/5/2018) kemarin. Ini menjadi kemenangan kedua kali beruntun Hamilton di 2018, menyusul kemenangannya di seri Azerbaijan lalu.

Pimpinan balapan berhasil dipertahankan pembalap tim Mercedes itu sejak start hingga finish, tanpa mengalami perlawanan berarti dari para rivalnya. Selama balapan 66 lap di Circuit de Barcelona – Catalunya, Hamilton persembahkan finish 1-2 untuk Mercedes dengan unggul 20,593 detik di depan rekan satu timnya, Valtteri Bottas.

Bottas sendiri harus berjuang cukup keras demi meraih posisi kedua dengan mengasapi Sebastian Vettel, yang selama paruh pertama balapan ada di depannya. Strategi satu kali pitstop terbukti efektif melawan dua kali pitstop yang diterapkan Ferrari pada Vettel.

Vettel menjadi pembalap pertama di baris depan yang masuk pit di lap 18, yang lalu diikuti oleh Bottas dua lap kemudian. Sementara Hamilton masuk pit empat lap setelah Bottas, Vettel berhasil tetap di depan Bottas usai pitstop pertama.

Juga dengan strategi satu kali pitstop, Red Bull sempat memimpin balapan melalui Max Verstappen yang menerapkan stint panjang sebelum pitstop. Pilihan strategi ini berbuah finish di podium ketiga, menyusul langkah reaktif Ferrari kemudian.

Ferrari harus kehilangan Kimi Raikkonen di balapan ini, akibat masalah mesin yang memaksanya kehilangan peluang finish di podium pada lap ke-25. Beberapa lap kemudian di lap 25, Verstappen akhirnya masuk pit setelah sempat menahan Hamilton di depan.

https://twitter.com/F1/status/995715246902800384

Virtual safety car muncul di lap 41 karena mobil Esteban Ocon (Force India) terhenti di sisi lintasan, yang menjadi momen Vettel kehilangan peluang finish di podium. Berharap tim lain bereaksi sama, Ferrari memutuskan melakukan pitstop kedua untuk Vettel saat VSC, membuatnya melorot ke posisi keempat di saat pembalap lain tidak masuk pit.

Begitu balapan dinetralkan kembali, Vettel harus berjuang keras mengejar Verstappen di depannya yang mengalami kerusakan minor sayap depan. Verstappen sempat menyenggol sisi belakang mobil Sergey Sirotkin saat periode VSC.

Di saat Bottas dengan nyaman mendapatkan posisi kedua, Vettel dengan ban lebih prima justru kesulitan mengejar Verstappen demi merebut posisi ketiga. Bukannya mendekat, Vettel semakin tertinggal di belakang dan gagal mendekat hingga finish.

Akhirnya Hamilton dan Bottas mempersembahkan finish 1-2 pertama kali Mercedes tahun ini. Hamilton mencatat waktu 1 jam 35 menit 29.972 detik, disusul Bottas 20,593 detik di belakang dan Verstappen dengan jarak 26,873 detik di posisi ketiga. Sedangkan Vettel harus puas mengawali rangkaian seri balapan di Eropa dengan finish keempat.

“Anda harus melakukan semuanya satu per satu,” kata Hamilton usai balapan. “Pekan ini, semuanya berjalan dengan baik bagi kami. Tim melakukan tugasnya dengan baik.”

Kemenangan ini membawa Hamilton menjauhi Vettel di klasemen pembalap dengan total 95 poin dan unggul 17 poin. Sementara Charles Leclerc kembali tampil impresif, mendulang poin tambahan untuk Sauber dengan finish ke-10.

Berikut hasil balapan F1 GP Spanyol, Minggu (13/5/2018):

WAHYU HARIANTONO