Beranda Updates F1: Hamilton Selangkah ke Gelar Juara, Bottas Ancam Vettel di Klasemen

F1: Hamilton Selangkah ke Gelar Juara, Bottas Ancam Vettel di Klasemen

SUZUKA, 7 Oktober 2018 – Lewis Hamilton menegaskan kedigdayaannya musim ini dengan menambah kemenangannya pada seri Formula 1 Grand Prix Jepang 2018, Minggu (7/10/2018), yang membawanya semakin jauh dari Sebastian Vettel di klasemen pembalap saat ini. Gelar juara dunia kelima semakin dekat di depan matanya.

Kemenangan di sirkuit Suzuka menjadi kemenangan kesembilan bagi pembalap Mercedes tersebut musim ini, berbuah keunggulan 67 poin dari Vettel sebagai satu-satunya rival perebutan gelar juara dunia. Hamilton kini mengantungi total 331 poin, sementara Vettel 264 poin.

Selain semakin tertinggal dari Hamilton, raihan poin Vettel pun mulai terancam oleh Valtteri Bottas di posisi ketiga yang saat ini memiliki 207 poin. Dengan empat seri tersisa musim ini, Bottas berpeluang mengejar jarak 57 poin dari pembalap Ferrari tersebut.

Kembali menyelesaikan balapan di belakang Bottas, Kimi Raikkonen kini berjarak 11 poin di posisi keempat klasemen menyusul hasil finish di posisi keempat. Sementara finish ketiga di Jepang membawa Max Verstappen semakin dekati poin Raikkonen, dengan jarak hanya 23 poin.

Daniel Ricciardo melengkapi posisi enam besar klasemen diisi oleh pembalap Mercedes, Ferrari dan Red Bull Racing, dengan finish kelima membuatnya memiliki total 173 poin.

Barisan “best of the rest” menampilkan Sergio Perez yang naik dari posisi ke-10 menjadi ke-7 di klasemen saat ini, sama-sama mengantungi 53 poin seperti Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg yang gagal finish. Fernando Alonso di posisi ke-10 saat ini dengan koleksi 50 poin.

Sementara di klasemen konstruktor, hasil finish 1-2 kembali memperlebar jarak Mercedes dari Ferrari yang kini berjarak 78 poin. Mercedes kini semakin nyaman di puncak klasemen dengan total 538 poin, disusul Ferrari dengan 460 poin.

Red Bull tidak tersentuh di posisi ketiga klasemen dengan 319 poin, aman dari ancaman Renault (92 poin) dan Haas (84 poin) dengan empat seri tersisa.

Usaha Vettel untuk mengejar Hamilton tentunya semakin sulit pada empat seri tersisa di Amerika Serikat, Meksiko, Brazil dan Abu Dhabi. Hamilton hanya perlu memastikan dirinya meraih 8 poin lebih banyak dari Vettel di Amerika, untuk mengunci gelar juara dunia tahun ini.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Updates

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...

Jaga Kualitas Layanan, Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Berbagai langkah dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus terus meningkatkan kualitas layanan...

Ini Jurus Jitu Mitsubishi Xpander Hadang Toyota New Avanza

JAKARTA, 17 Januari 2018 – Untuk menghadapi persaingan di pasar kendaraan Low MPV yang semakin ketat, Mitsubishi Xpander sudah dari...

VIDEO: Kejutan Toyota Avanza Veloz Setelah 15 Tahun

JAKARTA, 17 Januari- PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota New Avanza dan New Veloz terbaru. Low MPV ini diluncurkan di Senayan,...

Shell Operasikan Kembali 4 SPBU di Jawa Timur

SURABAYA, 17 Januari 2019 – Guna menjawab kebutuhan pelanggan di Jawa Timur, Shell mengoperasikan terminal BBM di Gresik dan secara...