Beranda Updates F1: Hamilton Kuasai GP Hongaria 2018, Vettel dan Bottas Tabrakan

F1: Hamilton Kuasai GP Hongaria 2018, Vettel dan Bottas Tabrakan

BUDAPEST, 30 Juli 2018 – Paruh pertama musim balap Formula 1 2018 ditutup oleh Lewis Hamilton dengan kemenangan dominan pada seri F1 grand Prix Hongaria 2018, Minggu (29/7/2018), untuk terus mempertahankan keunggulannya di klasemen pembalap sementara.

Kemenangan direbut Hamilton dari pole hingga finish terdepan di sirkuit Hungaroring, dengan duo Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen melengkapi tiga besar di podium. Sementara Valtteri Bottas gagal persembahkan finish 1-2 berturut-turut untuk Mercedes, akibat tabrakan yang dialami jelang finish.

Hamilton finish dengan jarak 17,123 detik di depan Vettel dan Raikkonen, sementara Bottas harus puas di posisi kelima setelah dilewati oleh Daniel Ricciardo dan menerima penalti akibat tabrakannya dengan pembalap Red Bull tersebut.

Mercedes tampak akan kembali dominan meraih finish 1-2 setelah meraih posisi tersebut pada kualifikasi yang diwarnai hujan deras, saat Ferrari sebenarnya lebih kencang di Hungaroring. Lebih dari separuh balapan Hamilton dan Bottas menguasai posisi tersebut.

Vettel dengan strategi stint pertama yang panjang dan ban kompon lebih keras berhasil melewati Raikkonen saat start dan mengejar Bottas hingga pitstop pertama. Dengan ban ultrasoft, Bottas masuk pit lebih awal di lap 16 untuk berganti ke kompon soft, sementara Vettel dengan kompon soft saat start masuk pit di lap 40 untuk berganti ke ultrasoft.

https://twitter.com/F1/status/1023598144674619394

Dengan ban baru dan lebih kencang, Vettel berharap bisa langsung menyerang dan menyalip Bottas setelah pitstop. Namun ternyata Bottas mampu menahan Vettel cukup lama sekaligus menggagalkan rencananya menyalip untuk mengejar Hamilton di depan.

Di saat Vettel sibuk tertahan Bottas, Raikkonen dengan strategi dua kali pitstop (ultrasoft-soft-soft) berhasil menempel keduanya. Hingga akhirnya tiba di lap 65, Vettel mendapat kesempatan menyalip Bottas dari sisi luar tikungan 2, namun Bottas yang menolak mengalah dari sisi dalam justru menyenggol ban belakang-kiri Vettel dan merusak sayap depannya.

Vettel dan Raikkonen berhasil lewat, sementara Bottas langsung menjadi incara Ricciardo di belakangnya. Lagi-lagi Bottas bersenggolan saat bertahan di sisi dalam tikungan 1 dari serangan Ricciardo di lap 68. Ini yang menjadi penyebab Bottas diganjar penalti 10 detik, sementara Ricciardo berhasil menyalip pada lap berikutnya.

Akhirnya, Hamilton menyelesaikan balapan sepanjang 70 lap tanpa perlawanan sedikitpun, disusul Vettel dan Raikkonen di posisi kedua dan ketiga. Sementara Ricciardo berhasil finish keempat setelah start dari posisi ke-12.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...

Kasus Ghosn Bikin Gempar, Saham Renault dan Nissan Terjun Bebas

TOKYO, 20 November 2018 – Penangkapan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, oleh pihak berwajib Jepang membuat dampak besar. Saham Renault tempat...