Beranda Updates F1: Hamilton Bikin Malu Ferrari di Balap Kandang Grand Prix Italia 2018

F1: Hamilton Bikin Malu Ferrari di Balap Kandang Grand Prix Italia 2018

MONZA, 3 September 2018Lewis Hamilton berhasil berjaya dan permalukan Ferrari di hadapan para pendukung dan balap kandangnya, dengan tampil sebagai pemenang seri Formula 1 Grand Prix Italia 2018, hari Minggu (2/9/2018). Dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen berhasil ditaklukkannya.

Start dari posisi ketiga di belakang Raikkonen dan Vettel, Hamilton secara bertahap menyalip duo Ferrari pada balapan sepanjang 53 lap di sirkuit Monza. Posisi kedua berhasil direbutnya dari Vettel di lap pertama, saat memasuki chicane kedua.

Hamilton menyerang Vettel dari sisi luar, di saat Vettel berusaha merebut posisi pertama dari Raikkonen. Vettel yang salah antisipasi dan melebar kemudian menyenggol Hamilton dari sisi dalam chicane, membuatnya melintir dan terlempar ke posisi belakang di akhir lap pertama dengan sayap depan rusak.

Start balapan juga diwarnai insiden senggolan antara Brendon Hartley dengan Stoffel Vandoorne dan Marcus Ericsson di lintasan lurus. Suspensi kanan depan Hartley patah akibat senggolan tadi, memaksanya berhenti beberapa ratus meter setelah start dan membuat safety car masuk ke lintasan.

Safety car berakhir di lap 4 untuk restart balapan, dan Hamilton langsung menyerang dan menyalip Raikkonen di chicane pertama. Tidak lama berselang, Raikkonen membalas dan merebut kembali posisi pertama dari Hamilton di chicane kedua untuk kembali pimpin balapan.

Duel antara Raikkonen dan Hamilton ditentukan dengan strategi pitstop dari masing-masing Ferrari dan Mercedes. Berharap dapat memperlebar jarak, Ferrari memutuskan pitstop untuk Raikkone di lap 21, berganti dari kompon ban Pirelli supersoft ke soft.

Melihat peluang trek kosong di depannya, Mercedes perintahkan Hamilton melaju sekancang-kencangnya sebelum pitstop. Delapan lap berselang, Hamilton masuk pit namun keluar lebih jauh di belakang Raikkonen. Namun, Raikkonen saat itu berada di belakang Valtteri Bottas yang belum masuk pit.

Mercedes perintahkan Bottas untuk menahan Raikkonen selama mungkin sebelum pitstop, demi memberi Hamilton peluang menyerang di akhir balapan. Bottas masuk pit di lap 38, yang berbuah jarak rapat antara Hamilton dengan Raikkonen.

Mengandalkan ban belakang Raikkonen yang telah aus karena digeber maksimal setelah pitstop, Hamilton akhirnya menyalip di tikungan 1 pada lap 45, hingga finish dengan jarak 14,066 detik dari Raikkonen.

Max Verstappen finish ketiga sebelum akhirnya turun dua posisi ke posisi kelima, karena insiden senggolan dengan Bottas di tikungan 1. Bottas akhirnya mengisi posisi ketiga, diikuti Vettel yang berhasil recovery ke posisi keempat, sementara Verstappen kelima.

Fernando Alonso dan Daniel Ricciardo gagal mencapai finish pada balapan kali ini, menyusul masalah teknis pada mesin yang memaksa balapannya terhenti lebih awa.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Jualan Oke, Kapan Mitsubishi Triton Diproduksi di Indonesia?

BANGKOK, 10 November 2018 -- Mitsubishi Triton mampu menguasai pasar pikap dan pikap double cabin 4x4 di Indonesia. Sepanjang tahun...

Audi Q8, Strong Contender

AUDI menghadirkan Q8 untuk pasar Eropa dan akan menjadi senjata khusus dalam melawan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe. Audi...

Mitsubishi Triton Baru Masuk Indonesia Tahun Depan, Ini Alasannya

BANGKOK, 10 November 2018 – Mitsubishi baru saja memperkenalkan New Mitsubishi Triton yang diluncurkan secara global di Bangkok, Thailand, Jumat...

GALERI FOTO: Sentul Track Day Porsche Club Indonesia

SENTUL, 11 November 2018 – Pada Sabtu kemarin (10/11), Porsche Club Indonesia (PCI) bersama dengan sejumlah klub supercar di Indonesia yakni Ferrari Owners Club...

40 Sportscar Bergemuruh di Trek Sentul

SENTUL, 10 November 2018 – Lebih dari 40 sportscar dan supercar melibas Sirkuit International Sentul di Bogor, Jawa Barat, pada...