Beranda New Cars Datsun Cross Melantai di Indonesia Siap Tantang Suzuki Ignis

Datsun Cross Melantai di Indonesia Siap Tantang Suzuki Ignis

Jakarta-Datsun Indonesia akhirnya meluncurkan secara resmi Datsun Cross. Model ini adalah model yang pertama diluncurkan di Indonesia sebelum diluncurkan di Negara lain. Basis mobil masih sama seperti milik Datsun GO+ yang berkapasitas 5+2 penumpang.

Mobil ini memiliki desain yang lebih tajam dan tegas dibanding versi sebelumnya. Bahkan ia tidak lagi disebut sebagai mobil LCGC karena banyaknya part yang diganti dan lebih terlihat mewah. Lantas apa saja yang diubah oleh Datsun?

Pada eksteriornya, sekujur body menggunakan bumper ala crossover dengan kelir hitam dan silver. Di fascia Nampak pada lampu utama sudah mengadopsi DRL-LED dengan lampu projector LED. Selain itu, lampu kabutnya berpindah ke bagian tengah dekat dengan headlamp yang bergaya seperti mobil reli.

Baca Juga:  Mazda6 dan Mazda CX-3 Facelift akan Meluncur di GIIAS 2018?

Di sektor kaki-kaki, kini sudah lebih modern menggunakan velg 15 inci bergaya racing. Bahkan suspensinya pun di tunning menggunnakan diameter yang lebih besar. Hal ini membuat ground clearance Datsun Cross lebih tinggi. Tingginya pun 200mm sedangkan varian GO atau GO+ hanya 180mm.

Di dalam kabin ia juga masih memberikan aura yang sama dengan kelir hitamnya. Jok masih model semi bucket dan dilapis bahan fabric. Untuk jok depan tidak lagi model jok sambung tapi terpisah oleh console box.

Sistem entertainment ia sudah menggunakan headunit layar sentuh berukuran 6,75 inci yang akan membuat penumpang lebih nyaman. Datsun juga melengkapi kenyamanan kabin dengan menambah material peredam sehingga mobil diklaim lebih kedap dari versi sebelumnya.

Baca Juga:  Test Drive Mobil-Mobil Mewah Tersedia di The 2nd Indonesia Autovaganza

Nah, meskipun masih menggunakan mesin yang sama tapi para calon pembeli Datsun akhirnya bisa bersenang hati karena kali ini Datsun Cross hadir dengan transmisi CVT. Artinya mobil ini diklaim akan lebih irit bahan bakar.

Selain itu, di sektor pengereman sudah disematkan ABS dan VDC (Vehicle Dynamic Control). Pengemudi akan lebih leluasa untuk mengontrol mobil saat bermanuver. Bahkan fitur safety seperti ABS pun disematkan pada mobil ini di penumpang kiri dan pengemudi.

Datsun Cross sudah tidak bisa disebut mobil LCGC, untuk harga jual mobil yang ditawarkan dalam 2 pilihan transmisi ini diatas harga mobil LCGC. Transmisi manual dijual Rp163 juta dan transmisi CVT dijual Rp 175 juta. Keduanya adalah harga on the road.

Baca Juga:  Mazda Pastikan Dua Mobil Baru Meluncur di GIIAS 2018

Datsun menawarkan fungsionalitas kendaraan crossover dan sederet teknologi canggih, Datsun Cross diarahkan untuk pelanggan Indonesia,” ujar Jose Roman, Corporate Vice President Nissan Motor Co., Global Head of Datsun. Kamis (18/1).

VALDO PRAHARA