Beranda Updates Cetak 15 Mobil Per Jam, Wuling Motors Gunakan 56 Persen Konten Lokal

Cetak 15 Mobil Per Jam, Wuling Motors Gunakan 56 Persen Konten Lokal

CIKARANG, 9 Mei 2018 – Di pabriknya di Greenland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, Wuling Motors memproduksi tiga model yaitu Confero S, Cortez 1.8L dan Cortez 1.5L. Pabrik dengan luas total 60 hektare itu menerapkan konsep terpadu.

Pabrik yang resmi beroperasi pada Juli 2017 ini memiliki kapasitas total 120.000 unit per hari. Namun saat ini, kapasitas berjalan baru sekitar sepertiganya atau sebanyak 117 unit per hari.

Dalam Media Visit ke pabrik ini, Selasa (8/5/2018) kemarin, beberapa jurnalis termasuk Carvaganza menyaksikan bagaimana proses produksi mobil di pabrik ini. Jurnalis diajak melihat area Press Shop, Body Shop, Paint Shop dan General Assembly.

Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia, Arif Pramadana, mengatakan hingga saat ini model-model yang diproduksi di pabrik Wuling Motors sudah menggunakan 56 persen local content. Angka tersebut didominasi dari proses perakitan bagian body, dimana untuk varian Wuling Confero terdapat 34 part number dengan konten lokal dan 26 part number untuk varian Wuling Cortez.

“Hanya mesin dan transmisi saja yang kami datangkan langsung dari China,” ujar Arif Pramadana. “Untuk bahan kami mengimport plat baja.”

Menariknya, lahan ini juga memiliki Suppiler Park, yang dihuni 15 supplier yang menyediakan komponen yang dibutuhkan Wuling Motors seperti dashboard, steering, air conditioner, jok, bumper, knalpot, power windows dan lainnya. Wuling Motors juga telah bermitra dengan 20 produsen komponen lokal. Pemilihan besaran konten, kata Arif, sangat ditentukan oleh skala ekonomi. Misalnya, memproduksi mesin sendiri membutuhkan dana sangat besar. “Akan lebih efisien jika komponen didatangkan langsung dari Cina karena produksi komponen kami itu sudah besar di sana,” kata Arif.

Sejak mulai beroprasi Juli 2017, Wuling Motors sudah memproduksi 3 model yaitu Confero diperkenalkan pada 2 Agustus 2017, Cortez 1.8 liter pada 8 Februari 2018, dan terakhir Cortez 1.5L pada 19 April 2018 yang bertepatan dengan pembukaan IIMS 2018.

Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors mengatakan kehadiran tiga model ini disambut cukup hangat. Terbukti pada tahun 2017 mereka mencatat penjualan 5.050 unit. Sedangkan periode Januari-April 2018 mencapai 5.216 unit. “Wuling menargetkan penjualan sekitar 30 ribu unit kendaraannya hingga akhir 2018,” kata Dian Asmahani. Ia juga menyebutkan jika untuk jaringan penjualan, Wuling Motors sudah memiliki 50 dealer dan menargetkan 80 dealer tahun ini.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...

Komunitas Isuzu Elf Gelar Jamnas dan Munas di Solo

SOLO, 14 November 2018 – Komunitas dan kumpul bareng otomotif tak hanya milik pengguna sedan mewah atau SUV. Pemilik dan...

IMX 2018 Siapkan Puluhan Hadiah Menarik bagi Pengunjung

JAKARTA, 14 November 2018 – Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Kartini,...

Lotus Exige Sport 410, In-Between

Bagi penggemar Formula 1 tentunya sudah tak asing dengan nama Lotus. Brand ini punya sejarah panjang di ajang motorsport bergengsi...