Beranda Updates Buka IIMS 2018, Jokowi Harapkan Revolusi Industri Otomotif

Buka IIMS 2018, Jokowi Harapkan Revolusi Industri Otomotif

JAKARTA, 19 April 2018 – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 menjadi milestone baru bagi pameran otomotif di Indonesia, dengan untuk pertama kali dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Kamis (19/4/2018). Diharapkannya, industri otomotif akan ikut bertumbuh seiring rencana revolusi industri Indonesia.

Presiden dengan sapaan akrab Jokowi itu menjadi presiden pertama yang kembali membuka pameran otomotif bertaraf internasional ini, sejak Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007 lalu.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Indonesia International Motor Show resmi saya buka,” kata Jokowi pada sambutannya saat opening ceremony IIMS 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran.

Dengan adanya pameran otomotif ini, Jokowi mengungkap keyakinannya akan pertumbuhan pesat di dunia otomotif, terlebih dengan rencana program Making Indonesia 4.0 dalam hal revolusi industri. Program ini diharapkan pula dapat mentranformasi industri otomotif di Indonesia.

Dalam revolusi tersebut salah satunya diharapkan akan berkembangnya tren kendaraan listrik di Indonesia. Dari seluruh pertumbuhan itu, Jokowi menaruh harapan pula akan semakin banyak terbuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia.

“Saya percaya dengan revolusi 4.0 pertumbuhan akan melonjak, bukan menciut. Pekerjaan yang dibutuhkan akan bertambah bukan berkurang. Jenis pekerjaan berbeda iya, bergeser iya, tapi apa jumlah pekerja akan berkurang? Menurut saya tidak,” kata Jokowi kemudian.

IIMS 2018 digelar dengan mengangkat tema “Your Infinite Automotive Experience”, yang diramaikan oleh 38 merek kendaraan baik mobil maupun motor. Berlangsung selama 19-29 April 2018, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara berharap dapat menarik sebanyak 525 ribu pengunjung dan nilai transaksi Rp 3,3 triliun.

WAHYU HARIANTONO