Beranda Updates Bugatti Chiron Ini Dibangun dari 1 Juta Lego

Bugatti Chiron Ini Dibangun dari 1 Juta Lego

LONDON, 8 September 2018 — Lego tampaknya terobsesi dengan Bugatti Chiron. Mereka membangun replika supercar berukuran asli. Hebatnya lagi, mobil kreasi Lego Technic ini benar-benar bisa dikemudikan.

Seperti dilansir paultan.org, Bugatti Chiron edisi spesial ini dibangun tanpa menggunakan lem alias keseluruhannya dari bagian-bagian Lego. Disebutkan jika mobil ini menghabiskan sekitar lebih dari 1.000.000 buah Lego yang disatukan untuk menciptakan Bugatti Chiron sama seperti aslinya.

Mobil ini memiliki berat 1,5 ton atau hanya 500 kg lebih ringan dari mobil sebenarnya. Urusan mesin memang tidak menggunakan mesin Bugatti namun rakitan motor Lego Power Function, dikemas dengan 2.304 motor, 4.032 roda gigi Lego Technic dan 2.016 kopling Lego Technic. Secara total, mesin menghasilkan 5,3 daya kuda dan torsi diperkirakan 92 Nm. Kecepatan utamanya? Lebih dari 20 kilometer per jam.

Bukan itu saja. Mobil ini bahkan memiliki spoiler belakang fungsional yang dikembangkan oleh Lego Power Functions dan Pneumatics. Di bagian kabin ada speedometer fungsional yang dibangun sepenuhnya dari elemen-elemen Lego Technic. Satu-satunya barang yang tidak dibuat oleh Lego adalah velg dan logo Bugatti.

Pengembangan dan pembangunan Bugatti Chiron Lego ini membutuhkan waktu 13.438 jam atau 560 hari. Tapi hasilnya sangat mengesankan. Anda bisa melihat struktur ‘kulit’ luar yang rumit, dibangun dari segmen segitiga yang saling berhubungan yang dirancang untuk meniru bentuk Chiron yang sebenarnya.

Di bagian kabin, setiap detail dari mobil telah dibuat ulang secara persis dalam elemen LEGO Technic, mulai dari kursi, hingga dasbor dan kemudi. Ada lampu depan dan lampu belakang fungsional, kemudi yang bisa dilepas dan pedal rem.

Mobil ini dikemudikan pembalap Bugatti dan mantan pemenang Le Mans Andy Wallace. Pengujian dilakukan di Ehra Lessien di Jerman, lokasi yang sama tempat Chiron asli pertama kali diuji. “Mengendarai Lego Chiron adalah pengalaman hebat, yang sangat saya nikmati. Bertahun-tahun yang lalu saya tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari saya akan benar-benar mengendarai mobil Lego!” kata Wallace.

RAJU FEBRIAN