Beranda New Cars BMW Siapkan Calon SUV Listrik Autonomous di Tahun 2021

BMW Siapkan Calon SUV Listrik Autonomous di Tahun 2021

MUNICH, 19 Mei 2018Mobil autonomous atau swakemudi kini masuk dalam rencana BMW Group dalam menyambut masa depan mobilitas, yang diumumkan pada rapat umum tahunan di Jerman. Mobil tersebut akan berwujud sebagai sebuah SUV futuristik.

Berteknologi autonomous penuh, BMW menyebut mobil tersebut sebagai iNext sekaligus menunjukkan sekilas teasernya. Harald Krüger sebagai Chairman BMW Group mengumumkan langsung soal model masa depan itu.

Melihat siluet desain yang ditampilkan, iNext memiliki garis desain tegas pada profil sampingnya. Terlihat dari garis atap yang tinggi dan lekukan pada fender sangat khas SUV, diikuti frame jendela dengan motif seperti double kidney grille.

Dari teaser tersebut, bisa dipastikan bahwa desain keseluruhan iNext akan sangat terpengaruh dari konsep i Vision Dynamics yang tahun lalu BMW perkenalkan di Frankfurt Motor Show.

“Proyek iNext adalah bagian dari bangunan masa depan kami. Itu akan menguntungkan seluruh perusahaan dan merek kami. Untuk pertama kalinya, kami menggabungkan semua teknologi kunci untuk masa depan mobilitas dalam satu kendaraan,” terang Krüger.

“iNext adalah sepenuhnya bertenaga listrik, terhubung sepenuhnya dan menawarkan pengendaraan yang sangat terotomasi.”

Selain desain futuristik dan teknologi autonomous, iNext disebut akan memiliki teknologi infotainment dan interior inovatif yang canggih. Dengan penggerak bertenaga listrik, iNext juga akan dibekali dokumentasi lengkap untuk mendukung fungsi autonomous.

BMW telah bermitra dengan Intel dan Mobileye dalam pengembangan teknologi autonomous sejak 2016, dengan rencana peluncuran pertamanya pada tahun 2021. Powertrain iNext diklaim sanggup menempuh perjalanan sejauh 500 km lebih dalam sekali isi.

WAHYU HARIANTONO