Beranda Updates BMW i8 Roadster, Gunakan Pintu Gullwing dan Soft-Top

BMW i8 Roadster, Gunakan Pintu Gullwing dan Soft-Top

LOS ANGELES, 5 Desember 2017 – BMW memperkenalkan duo BMW i8 baru di ajang Los Angeles Auto Show. BMW i8 Roadster, dengan atap softop ini mendampingi fixed-top i8, yang kini berganti nama menjadi BMW i8 Coupe. Ciri BMW i8 Roadster ini adalah pintu gullwing dan soft-top. Atap kain yang dibuka dan ditutup secara electric ini bisa dilakukan dalam 15 detik hingga kecepatan 50 km/jam.

BMW mengatakan bahwa struktur serat karbon yang diperkuat (carbon-fibre-reinforced plastic / CRFP) untuk i8 membuat soft-top dapat dirancang dengan lebar. Ruang penyimpanan atap soft-top dibuat tegak lurus sheingga membutuhkan ruang yang sangat sedikit.

Disebutkan jika BMW i8 Roadster memiliki berat 1.595 kg atau lebih berta 60 kg dibandingkan versi 60 kg. Hal ini berkat pintu gullwing tanpa bingkai yang dibuat dari CFRP dengan bagian luar dari aluminium. Selain itu bingkai kaca depan seluruhnya juga terbuat dari CFRP sehingga berkontribusi pada berat mobil.

Membuka atap akan mengangkat jendela belakang secara otomatis sekitar 30 mm. Hal ini memungkinkan untuk mengurangi turbulensi udara di dalam kabin. Pengemudi dapat mengatur ketinggian jendela belakang dengan satu sentuhan tombol sehingga bisa mengendalikan dampak udara yang mengalir ke dalam kabin.

Pilar C BMW i8 Roadster memiliki tulisan “Roadster”. Logo serupa bisa ditemukan di bagian belakang sedangkan model Coupe mendapatkan tulisan “Coupe” di tempat yang sama.

Highlight model ini antara lain pintu gullwing, bonnet rendah, hampir sepenuhnya terlepas dari kidney grille khas BMW, sistem pengatur flap udara, bagian bawah bodi mobil yang tertutup, side skirt, garis “aliran arus” di sisi panggul, dan saluran udara di antara bagian belakang lampu dan rangka atap.

Ada dua warna baru yaitu E-Copper metallic dan dan Donington Grey metallic. Keduanya digabung dengan aksen di Frozen Grey metallic. Roadster i8 menggunakan velg 20 inci dengan desain double-spoke eksklusif. Setiap velg beratnya sekitar satu kg lebih ringan dari velg i8 generasi sebelumnya.

Untuk penggerak, BMW i8 eDrive powertrain telah dioptimalkan. Motor listrik bertanggung jawab penuh untuk menyalakan mobil dan telah meningkat secara signifikan. Sebaliknya, mesin konvensional lebih banyak berfungsi saat melaju dengan kencang.

Baterai lithium-ion sudah ditingkatkan kemampuannya. Kapasitas energi baterai naik dari 7,11 menjadi 11,6 kWh (kapasitas energi bersih 9,4 kWh). Plus, konfigurasi sel memungkinkan kenaikan 12 hp pada output puncak menjadi 143 hp (torsi tetap pada 250 Nm dari posisi diam).

Baterai baru ini bisa mengantar Roadster i8 melakukan perjalanan 53 km dengan nol emisi (55 km untuk Coupe, sekitar 50% lebih banyak dari sebelumnya). Dengan eDrive memungkinkan penggerak listrik murni hingga 120 km/jam.

Mesin TwinPower Turbo 1.5 liter 3 silinder tetap menghasilkan tenaga 231 hp dan torsi yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis enam percepatan. Sementara motor listrik menggerakkan roda depan melalui kotak otomatis dua percepatan. Konsumsi bahan bakar gabungan untuk i8 Roadster adalah 2,1 liter per 100 km, atau 1,9 liter per 100 km untuk Coupe.

Output sistem gabungan kini menjadi 374 hp, dan 0-100 km / jam membutuhkan waktu 4,4 detik di Coupe dan 4,6 detik untuk Roadster.

Fitur standar meliputi Navigation system Professional, BMW Display Key dan Driving Assistant seperti Surround View. Opsional termasuk BMW Head Up Display, non-dazzling BMW Laserlight with BMW Selective Beam, dan acoustic pedestrian warning. ConnectedDrive Services menjadi fitur standar. Rencananya BMW i8 Roadster akan dipasarkan pada Mei 2018 mendatang.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar

Last Update

Colt Diesel Masih Rajai Penjualan KTB di GIIAS 2018

JAKARTA, 14 Agustus 2018 – Segmen kendaraan komersial tak kalah bergairah di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018....

Toyota Agya Club Ikut Ramaikan Gelaran GIIAS 2018

JAKARTA, 14 Agustus 2018 – Komunitas Toyota Agya Club (TAC) meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE,...

BMW E36 Indonesia Rayakan Ulang Tahun Dengan Camping Bersama

TANGERANG, 14 Agustus 2018 - Memperingati hari ulang tahun komunitas BMW E36 Indonesia, berbagai upaya dilakukan oleh para member yang...

Tak Banyak Gembar-Gembor, Mazda Bisa Jual 1.070 Unit di GIIAS 2018

JAKARTA, 14 Agustus 2018 -- PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi Mazda di Indonesia tersenyum lebar mengakhiri Gaikindo...

Lexus Tutup GIIAS 2018 dengan 2 Gelar

JAKARTA, 14 Agustus 2018 – Lexus Indonesia mengakhiri keikutsertaannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD,...