Beranda Updates Bentley Mulai Produksi Bentayga, SUV Termahal dan Terkencang di Dunia

Bentley Mulai Produksi Bentayga, SUV Termahal dan Terkencang di Dunia

(Foto: Bentley)

LONDON, 29 November 2015 – Bentley akhirnya resmi melakukan produksi SUV Bentayga. Produksi dilakukan di pabrik Volkswagen Group di Crewe, Inggris. Kehadiran Bentayga menjadi babak baru persaingan SUV premium.

Bentley mengikuti jejak pabrikan premium lainnya seperti Porsche, Range Rover, BMW, Mercedes-Benz, Audi, dan Lamborghini mengeluarkan SUV. Bentayga akan dijual US$ 229.100 atau sekitar Rp 3,2 miliar.

SUV ini nantinya akan menggunakan velg 23 inci, atap dengan desain aerodinamis dan panoramic, sepasang lampu bundar berteknologi LED. Desain bumpernya hampir sama dengan Continental demikian juga dengan bagian interior.

Nantinya, Bentayga akan menggunakan mesin yang sama dengan Bentley Continental yang berkapasitas 6.000 cc Twin-turbocharger W12. Mesin ini memiliki tenaga 600 hp dan torsi 900 Nm dengan kecepatan maksimalnya 300 km/jam lebih. Opsi lain adalah mesin V8 dengan kapasitas 4.000 cc.

Bentayga adalah salah satu program investasi terbesar dalam sejarah Volkswagen Group. Pembangunan pertama Bentley SUV ini menyedot dana sekitar £ 840,000,000. Namun dana ini tak hanya menghasilkan model baru, tapi juga membuka 1.500 pekerjaan baru di pabrik VW di Crewe.

Model ini akan mulai dikirim ke palanggan pada Januari 2016. Pelanggan pertama yang menerima Bentley Bentayga tidak lain adalah Ratu Elizabeth II.

RAJU FEBRIAN