Home EDITOR'S PICKS Begini Tips Persiapan Mudik dari Auto2000 Kalimalang

Begini Tips Persiapan Mudik dari Auto2000 Kalimalang

SHARE

JAKARTA, 11 Juni 2018 — Selain mempersiapkan kondisi fisik untuk menghadapi perjalanan mudik libur panjang Idul Fitri 1439 H, persiapan kendaraan juga menjadi kewajiban. Para calon pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi ke seluruh wilayah di Pulau Jawa maupun Sumatra wajib memeriksakan kendaraannya sebelum dipakai mudik.

Pemeriksaan kendaraan ini untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang sehingga bisa sampai tujuan dengan selamat. Pemeriksaan kendaraan tersebut meliputi banyak hal agar sepanjang perjalanan berjalan lancar.

Carvaganza pun mengorek informasi dari Jimmy H. Susanto, Workshop Head Auto2000 Kalimalang dan Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang. Menurut Jimmy, jumlah mobil yang menjalani pemeriksaan dan servis rutin ke Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur, mengalami lonjakan signifikan pada kisaran 20 – 30 persen dan pengecekan itu beragam, tapi pada umumnya pemeriksaan rutin agar mobil yang dipakai prima pada saat mudik nanti. “Kami sudah mengantisipasi hal tersebut karena hal ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan,” ujar Jimmy.

Baca Juga:  Tol Cikampek Diberlakukan Contra-Flow Sabtu Kemarin
Jimmy H. Susanto, Worskshop Head Auto2000 Kalimalang, Jaktim.

Menurutnya, untuk persiapan mudik pihak Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur, membagi ke dalam dua tahapan yakni persiapan yang dilakukan oleh pengendara dan persiapan yang dilakukan oleh pihak bengkel seperti Auto2000. “Kami sendiri menyarankan agar para pemilik kendaraan memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi agar performa kendaraan menjadi maksimal,” ujarnya .

Ia menambahkan, dari kedua tahapan tersebut pihak Auto2000 merangkumnya menjadi istilah dengan singkatan POWER. Yakni Paper, Oil, Water, Electricity dan Rubber.

PAPER

Sebelum berangkat mudik, para pengendara harus memastikan seluruh kelengkapan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM dan kelengkapan-kelengkapan standar lainnya. Sehingga jika terjadi sesuatu di jalanan menuju kampung halaman, dapat dengan mudah diatasi.

Baca Juga:  Total Ruas Tol yang Dibuka Fungsional 438,83 Km

OIL

Hal ini berkaitan dengan segala pelumasan yang terdapat di dalam mobil. Dan persiapan ini tentunya dilakukan oleh bengkel jika mobil konsumen menjalani pemeriksaan untuk mudik. Di sini meliputi minyak rem, minyak kopling, pelumasan pada gardan, pada mesin dan lain-lain. Jika konsumen memiliki pengalaman cukup dalam otomotif, bisa mengeceknya sendiri.

WATER

Yakni air yang menjadi material untuk pendinginan mesin dan juga air untuk wiper. Jimmy menyarankan agar jangan memakai air biasa untuk pendingin mesin dan wiper untuk mencegah karat dan air biasa bisa membentuk endapan pada permukaan internal, khususnya pada komponen-komponen yang panas akibat mineral yang terkandung di dalam air. Untuk itu disarankan memakai cairan khusus air coolant agar komponen tetap awet.

Baca Juga:  Kalau Mobil Anda Tidak Diservis Berkala, Begini Diceknya

ELECTRICITY

Pengecekan ini meliputi kelistrikan di dalam mobil yang memfungsikan misalnya lampu-lampu. Baik lampu kabin, headlamp, lampu belakang, lampu sein, lampu rem termasuk sistem perangkat audio. Juga mencakup lighter yang sekarang ini banyak digunakan untuk men-charging.

RUBBER

Karet-karet. Yang paling mudah adalah karet wiper, karet kaca, karet pintu dan lain-lain. Mungkin banyak yang menganggap remeh, tapi ini akan menjadi faktor penting ketika perjalanan jauh, terutama buat mobil yang seringkali dijemur di teriknya matahari atau mobil-mobil yang sangat aktif dipakai.

EKA ZULKARNAIN

SHARE

Last Update

Mitsubishi Fuso Manjakan Konsumen di Lebaran Service Campaign 2018

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, memanjakan...

Momen Langka, Menangkap Landmark Kota Jakarta

JAKARTA, 22 Juni 2018 – Untuk memotret mobil di pusat kota Jakarta di hari biasa sangat sulit. Hari biasa di...

Konsumsi BBM New Datsun GO Capai 19 Km/L Berkat Transmisi CVT

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- Pada musim mudik Lebaran 2018 ini saya memang tidak berencana untuk mudik ke kampung halaman orang...

The First Fullerton Concours d’Elegance in Singapore

SELAMA ini Singapura hanya dikenal melalui balap Formula 1 setiap tahun sebagai event otomotif bertaraf dunia yang digelarnya. Tahun ini,...

Tak Kompetitif, Ferrari Pecat Raikkonen di Akhir Musim?

MARANELLO, 22 Juni 2018 – Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi kesempatan terakhir Kimi Raikkonen berada di Formula 1, menyusul...