Beranda Updates Begini Cara Menanggulangi Mogok di Jalan Tol

Begini Cara Menanggulangi Mogok di Jalan Tol

JAKARTA, 29 Juni 2018 — Melakukan perjalanan jauh melalui jalur bebas hambatan atau biasa dikenal jalur tol memang sedikit menyenangkan karena mobil dapat melaju lebih kencang daripada di jalur arteri. Namun, jika mobil Anda tidak sehat maka akan membahayakan diri sendiri karena tidak adanya bengkel di jalur tol. Lantas apa saja langkah yang perlu dilakukan saat mogok di jalan tol?

“Tentunya Anda harus memperhatikan lokasi parkir mobil yang aman jika Anda jauh dari tempat peristirahatan yang sudah disediakan oleh PT Jasa Marga,” ujar Denny Pribadi, Pembalap TOTAL dan ISSOM kepada Carvaganza saat ditemui, Rabu (27/6).

Langkah pertama

Segera menepikan kendaraan ke bahu jalan dan jika masih memungkinkan, segera arahkan mobil ke rumput sehingga mobil lebih keluar dari jalan. Hal ini bertujuan agar lebih aman dan menghindari terserempetnya oleh pengendara lain yang menggunakan jalur kiri.

Langkah kedua

Hidupkan lampu hazard dan lampu senja jika mogok terjadi pada malam hari. Tujuannya agar mobil Anda terlihat oleh pengendara lain. Sehingga mobil lain yang melintas dapat mengetahui bahwa mobil Anda dalam keadaan darurat dan berhenti di pinggir jalan.

Langkah ketiga

Pasang segitiga pengaman dengan jarak minimal 50 meter dari lokasi Anda berhenti. Tujuannya untuk member tanda pada pengendara lain bahwa mobil Anda dalam keadaan darurat, namun jika jalur tol sedang dalam keadaan macet maka jarak pemasangan bisa dikurangi hingga 10 meter

Langkah keempat

Segera keluar dari mobil agar dapat menghindari cedera jika mobil tertabrak dari belakang oleh pengendara lain yang masih menggunakan bahu jalan.

Langkah kelima

Segera hubungi pengelola jalan tol, Anda bisa menghubungi call center Jasa Marga di nomer 14080 untuk meminta bantuan mobil derek hingga ke pintu keluat tol terdekat.

VALDO PRAHARA