Beranda Updates Balmerol Siap Bermain Lebih Agresif di Pasar Pelumas Gemuk Tanah Air

Balmerol Siap Bermain Lebih Agresif di Pasar Pelumas Gemuk Tanah Air

JAKARTA, 5 November 2018 – PT Balmer Lawrie Indonesia (BLI), produsen pelumas gemuk (grease) Balmerol Lubricants bakal lebih agresif dan melebarkan sayapkan di pasar gemuk nasional. Hal ini setelah diumumkannya pergantian direksi dan fokus baru menghadapi tahun 2019.

BLI yang sudah beroperasi di Indonesia sejak 2011 sejauh ini lebih banyak bermain di sektor industri tambang. Kini mereka berencana untuk melakukan penekanan pada direct sales dan comprehensive lubricating solution.

“BLI tetap fokus pada nilai tambah pasar untuk produk grease. Tapi karena grease hanya bagian kecil dari keseluruhan pasar pelumas, maka BLI juga akan berkonsentrasi pada produk oli, compound dan produk spesifik lainnya. Hal ini guna meningkatkan market share di pasar pelumas Indonesia secara menyeluruh,” kata Presiden Direktur PT Balmer Lawrie Indonesia, Abhijit Roy di Jakarta, Senin (5/11).

PT Balmer Lawrie Indonesia merupakan perusahaan joint venture PT Imani Wicaksana (Indonesia) dan Balmer Lawrie (UK) Ltd, Inggris. Dengan komposisi kepemilikan saham masing-masing 50%. Balmer Lawrie & Co. Ltd, India merupakan induk perusahaan Balmer Lawrie (UK) Ltd yang lebih dulu dikenal sebagai pelopor dan produsen pelumas gemuk (grease) di India.

Selain grease, BLI juga memiliki semua jenis minyak pelumas serta bituminous dan wax-based compound. Semaunya sudah diproduksi di pabrik mereka di Cikande, Banten. Pabrik ini telah memproduksi sendiri grease 6.000 Matrix Ton per tahun, oli pelumas (3.000 kilo liter per tahun) serta Bituminous Compound (3.000 matrix ton per tahun) dalam satu shift produksi.

Kondisi dan peluang ini membuat BLI optimistis untuk melakukan penetrasi pasar melalui produk dengan brand Balmerol. Sebelumnya di pasar oli khusus untuk industri BLI sudah mensuplai ke perusahaan semen dan tambang.

Selama ini BLI lebih banyak menjual gemuk dalam ukuran besar, drum dengan kapasitas. Untuk meningkatkan pasar, BLI menjual kemasan kecil berkapasitas 450 gram.

“Produk dari pabrik kami ini banyak menghasilkan produk toll blending dimana kita mengerjakan produk-produk untuk merek lain yang di pasaran itu sudah ternama. Secara tidak langsung itu menjelaskan bahwa kualitas produk kita sangat baik,” kata Preskom PT Balmer Lawrie Indonesia, Andrew Baskoro.

Menghadapi tahun 2019, BLI mengusung empat poin penting, yaitu world class lubricant at affordable price, providing comprehensive lubrication solution, market leader in grease & specialty lubricants, serta enviromentally friendly lubricant. Penetapan arah dan strategi baru perusahaan ini, menurut Direksi yang baru, Takwa Fuadi, didalamnya juga memperkuat jaringan pemasaran.

“Saat ini kami mengevaluasi distributor kami, sekaligus mencari distributor yang lebih andal. Kami ingin memastikan kedepannya penetrasi pasar kami bisa jauh lebih baik, serta ketersediaan produk kami bisa menjangkau target pasar yang dibutuhkan,” kata Takwa. Ia juga membuka kesempatan pihak manapun yang berminat dan memenuhi kualifikasi, dapat bekerjasama sebagai distributor produk Balmerol.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Rayakan 20 Tahun, Shop&Drive Beri Promo Menarik

JAKARTA, 15 November 2018 – Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun, Shop&Drive menawarkan berbagai promo menarik yang dapat...

Test Drive Mini Cooper 3-Door: Bikin Syuur

JAKARTA, 15 November 2018 – Kalau bicara soal MINI, kita bicara soal kenikmatan handling. Dan jangan lupa menulis MINI sekarang...

Intersport World Stage 2018, Siap Adu Drifter Nasional dan Internasional

JAKARTA, 15 November 2018 – Para penggemar drift akhir pekan ini akan disajikan satu event menarik yaitu Intersport World Stage...

VIDEO: Test Drive Ferrari Portofino Sama Pembalap Drag

JAKARTA, 15 November 2018 - Ferrari Portofino akhirnya hadir di Indonesia melalui Ferrari Jakarta. Mobil bermesin V8 generasi pengganti California T...

Bodykit Toyota FT 86 Buatan Lokal Bakal Diluncurkan di IMX 2018

JAKARTA, 15 November 2018 - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 akan dihelat dua hari lagi. Pameran modifikasi bertaraf international ini...