Beranda Updates Aston Martin Ikut Bangun SUV, Diberi Nama Varekai?

Aston Martin Ikut Bangun SUV, Diberi Nama Varekai?

Aston Martin DBX Concept

LONDON, 20 Maret 2018 – Saat ini, hanya ada tiga huruf yang bisa mendongkrak penjualan, sport utility vehicle (SUV). Segmen yang satu ini memang tengah mengalami pertumbuhan signifikan. Tak hanya pabrikan massal, pabrikan super mewah juga ikut berlomba-lomba membuat mobil berwajah macho dan berkinerja tinggi ini.

Trend ini dipicu oleh Porsche yang lansir Porsche Cayenne, yang kemudian mendorong munculnya Bentley Bentayga, Jaguar F-Pace dan Lamborghini Urus. Kehadiran model-model ini ternyata mencatat penjualan yang diluar perkiraan. Rolls-Royce juga ingin ketinggalan. Tak lama lagi kita akan bisa melihat SUV pertamanya, Rolls-Royce Cullinan. Ferrari juga, “sangat serius” mengenai usaha membangun sebuah SUV yang disebut akan mengaspal pada 2020.

Dari deretan nama ini, hadir Aston Martin. Pabrikan ini telah lama mengungkapkan ketertarikannya untuk membuat SUV terlebih setelah mereka menampilkan DBX Concept di Genewa Motor Show 2015. Kemudian muncul paten nama “Varekai” dan rencana produksi pada 2019. Ini bukan serba kebetulan kan?

Nama Varekai memang masuk akal, tulis Motor1.com, mengingat banyak model Aston Martin menggunakan huruf ‘V’ di depannya seperti Vantage, Vanquish dan Valkyrie. Menurut Autocar, desain terakhir SUV ini sudah ditetapkan musim panas lalu dan siap diproduksi perusahaan berusia 105 tahun tersebut. CEO Andy Palmer mengatakan jika DBX Concept tidak akan seperti SUV-SUV lainnya “karena tidak akan mengorbankan keindahan untuk mencapai kepraktisan atau kinerjanya.”

Aston Martin DBX Concept adalah mobil dua pintu empat tempat duduk yang didukung oleh motor listrik yang terpasang di roda. Mobil ini menampilkan sistem pemulihan energi kinetik bergaya F1 (KERS). Untuk bodi, mobil ini akan menggunakan rangka berikat seperti milik DB11. Ada spekulasi bahwa Aston berkolaborasi dengan Mercedes-Benz untuk teknologi sasis meski kemudian dibantah.

DBX akan menjadi Aston Martion pertama yang dijual dengan sistem penggerak empat roda. Model teratas akan mendapatkan mesin 5.2 liter twin-turbo V12 yang menghasilkan 600 hp dan 700 Nm seperti DB11. Sebuah mesin twin-turbo V8 berkapasitas 4.0 liter yang menghasilkan 503 hp dan 675 Nm juga bisa ditawarkan juga.

Tak hanya itu, beberapa bagian juga sudah disiapkan seperti varian all-electric dan hybrid, kabin yang praktis, dan kemampuan off-road.

Oh ya, penggunaan nama Varekai cukup unik. Kata ini berasal dari bahasa Romani, yang berarti “dimanapun,” yang sepertinya pas untuk sebuah SUV. Anda setuju?

RAJU FEBRIAN

Last Update

Oli Resmi Toyota Raih Penghargaan Desain

JAKARTA, 18 Juli 2018 – Desain grafis dan kemasan TMO Engine Oil, yang merupakan salah satu dari Toyota Genuine Parts, berhasil...

BOSCH Indonesia Kenalkan Klakson Keong Berbahan Anti Pecah

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- BOSCH Indonesia menghadirkan klakson baru khusus roda empat tapi juga bisa digunakan oleh sepeda motor....

Kia Grand Sedona Diesel Mengaspal di Indonesia, Tidak Sampai Rp 600 Juta

JAKARTA, 18 Juli 2018 - Dua tahun setelah meluncurkan Kia Grand Sedona ke pasar Indonesia, kini giliran PT Kia Morning...

Harga Mitsubishi Xpander dan Pajero Naik Lagi Mulai Agustus

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- Mitsubishi bersiap menaikkan harga jual MPV Mitsubishi Xpander dan SUV Pajero Sport mulai 1 Agustus...

‘Supercar’ Terbang Ini Solusi Aston Martin Kurangi Kemacetan

GAYDON, 18 Juli 2018 – Sukses mengukuhkan namanya sebagai pabrikan mobil kencang dan mewah, Aston Martin tampaknya sedang melihat peluang...