Beranda Updates Apa Hebatnya Turbo pada DFSK Glory 580?

Apa Hebatnya Turbo pada DFSK Glory 580?

TANGERANG, 7 Agustus 2018 – DFSK di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, dengan mengandalkan Glory 580. City sport utility vehicle (SUV) ini salah satunya mengandalkan mesin 1.5 liter dengan turbocharged. DFSK mengklaim turbo yang terpasang di Glory 580 ini membuat kinerja mesin maksimal. Bagaimana penjelasannya?

Jika dilihat dari data spesifikasi, DFSK Glory 580 menggunakan mesin berkode SPG15T berkapasitas 1.498cc plus turbocharged. Mesin ini – baik dengan transmisi manual 6-kecepatan maupun CVT — menghasilkan tenaga 110 kW (150 hp) dan torsi 220 Nm pada 1800-4000 rpm.

Angka ini mirip dengan Glory 580 bermesin SGF18 1.798cc naturally aspirated dengan transmisi CVT. Namun lebih besar dibandingkan versi manual 5-kecepatan yang disetting memiliki tenaga 102 kW (139 hp) pada 6000 rpm dan torsi 187 Nm pada 3.600-4200 rpm.

Ricky Humisar, Head of Product Planning PT Sokonindo Automobile mengatakan perangkat turbocharger yang tertanam di sektor pacu diklaim memiliki keseimbangan sempurna antara tenaga dan optimalisasi bahan bakar yang maksimal.

Beberapa dekade silam, fitur turbocharger dimaksudkan untuk mendongkrak output mesin dan memberikan perfoma maksimal, layaknya pada mobil sport maupun mobil balap. Kini kini fungsi turbocharger mulai bergeser untuk penggunaan harian dan dapat mendukung kenyamanan berkendara.

“Khusus pada DFSK Glory 580 yang bermesin 1.5L, fitur turbocharger tak hanya berfungsi sebagai pendongkrak tenaga dan berguna untuk meningkatkan performa mesin saja, tapi juga dimaksudkan sebagai langkah untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar,” kata Ricky Humisar.

Tenaga besar memang dibutuhkan untuk menggerakkan dimensi serta bobot untuk sebuah SUV. “Turbo jaman dahulu dikenal sebagi teknologi yang digunakan untuk meningkatkan tenaga mobil agar menjadi lebih kencang dan konsekuensinya bahan bakar lebih boros,” timpal Taqwa Suryo Swasono, pengamat otomotif yang juga pemilik workshop Garden Speed.

Menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi, turbo yang banyak digunakan di berbagai mobil baik di pabrikan Eropa, Jepang, Amerika dan Cina tidak lagi hanya untuk meningkatkan tenaga namun sudah dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Meski demikian, saat ini konsumen SUV tak hanya mempertimbangkan tenaga dalam memilih mobil. Mereka juga memperhatikan soal kenyamanan dan keamanan. “Pabrikan mobil saling berlomba untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi terkini pada produknya. Bahkan aspek kenyamanan berkendara pun semakin disempurnakan agar pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan. Kini, tingkat kenyamanan berkendara juga menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen dalam memilih kendaraan,” kata mantan pembalap ini.

DSFK sendiri menawarkan banyak hal. Dari segi kenyamanan, Glory 850 juta memiliki beragam fitur yang diaplikasikan mulai dari Push Start Button & Intelligent Key (L Type), 10” Smart Screen A/V System dan kabin berlapiskan kulit. Tambahan lain adalah hadirnya teknologi NVH (Noise, Vibration, Harshness) pada SVJ15T dan SVJ18T, yang mampu meredam noise secara optimal.

VADO PRAHARA | RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Rayakan HUT Ke-28, Adira Finance Gelar Program CSR Pariwisata

JAKARTA, 13 November  2018 - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), merayakan hari jadinya yang ke-28 tahun dengan...

Bandung Lautan Daihatsu Eratkan Tali Silaturahmi Para Konsumen

BANDUNG, 13 November 2018 – Menyambut akhir tahun 2018, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan apresiasi kepada para konsumen setianya...

Atlet Tim Bridgestone Indonesia, Eko Yuli Irawan Pecahkan Rekor di Ashgabat

ASHGABAT, 13 November 2018 -- Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan, kembali mengibarkan Merah Putih di ajang internasional. Eko Yuli,...

RFT Motorsport Kembangkan Ban Rally Lokal RG4

JAKARTA, 13 November 2018 – Memanfaatkan pengalaman dan jam terbang di ajang rally, RFT Motorsport selaku bengkel spesialis balap mobil, mengembangkan sebuah ban rally terbaru...

Beginikah Tampang SUV Mewah ‘Kakak’ Hyundai Santa Fe?

SEOUL, 13 November 2018 – Hyundai telah mengumumkan akan meluncurkan model SUV termahalnya, saat memeriahkan ajang Los Angeles Auto Show...