Beranda New Cars All-New Mercedes-Benz CLA Gabungkan Performa dan Teknologi

All-New Mercedes-Benz CLA Gabungkan Performa dan Teknologi

LAS VEGAS, 10 Januari 2019 – Mercedes-Benz akhirnya resmi meluncurkan generasi baru dari CLA yang belakangan telah dirilis melalui beberapa teaser. Peluncuran Mercedes-Benz CLA berlangsung di Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Amerika Serikat.

CLA terbaru diklaim sebagai sedan kompak paling sporty dan dinamis dari seluruh range produk Mercedes saat ini, yang tetap menampilkan konsep sebagai sedan coupe empat pintu, seperti CLS kakaknya. Tidak hanya sporty, CLA terbaru pun dibekali rangkaian teknologi tercanggih dari Mercedes.

‘Baby CLS’ ini tampil dengan desain eksterior baru, dengan lampu utama yang lebih ramping dari pendahulunya namun tetap menunjukkan karakter agresif. Desain baru ini membuatnya bisa langsung dikenali saat disejajarkan dengan CLS terbaru atau A-Class yang menjadi basisnya.

Meski siluetnya tidak tampak berbeda dari sebelumnya, CLA telah mengalami peningkatan aerodinamika yang menjadi semakin sleek dengan coefficient of drag (Cd) senilai 0,23. Mercedes juga membuat ruang kabin lebih lega dengan dimensi panjang yang bertambah 48 mm, lebih lebar 53 mm dan wheelbase memanjang 30 mm.

Teknologi menjadi salah satu highlight dari CLA generasi kedua, yang telah dilengkapi oleh sistem MBUX (Mercedes-Benz User Experience) pada infotainment. Bagian dashboard didominasi oleh layar instrument cluster dan infotainment yang tersambung, seperti di A-Class, namun dengan tampilan trim yang lebih atraktif.

Kecanggihan ruang kabin CLA ada pada assist system yang dilengkapi gesture control, dengan salah satunya bisa menyalakan lampu kabin saat tubuh atau tangan penumpang menjangkau salah satu sudut kabin. Teknologi semi-autonomous dari S-Class pun diadopsi ke CLA, contohnya acrive brake, lane keeping and lane change assistance, termasuk Pre-safe Plus.

CLA memiliki pilihan varian mesin mulai dari 1.3 liter, 1,5 liter, 2.0 liter bensin dan 2.0 liter diesel. Varian tertinggi CLA 250 menggunakan mesin 2.0 liter bensin yang bertenaga 222 hp dan torsi 350 Nm, dipadukan transmisi dual-clutch 7-speed. Sistem penggeraknya pun tersedia dalam penggerak roda depan dan all-wheel drive 4MATIC.

Mercedes-Benz belum merilis informasi dan spesifikasi detail untuk CLA terbaru. Tapi nantinya akan menyusul varian lebih kencang melalui AMG CLA 35.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Updates

KTB Gelar Program Dukung Kemajuan Pendidikan SMK di Indonesia

BANDUNG, 18 Januari 2019 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membuka tahun 2019 dengan melaksanakan program FUSO Belajar...

McLaren 600LT Spider Lengkapi Keluarga Line Up Longtail

WOKING, 18 Januari 2019 – Rangkaian keluarga model Longtail dalam line up McLaren kembali bertambah, dengan diluncurkannya varian baru dari...

KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan New Veloz menjadi perbincangan hangat dunia otomotif dalam beberapa pekan...

Toyota New Avanza Hadir, Mitsubishi Gentar Suzuki Lebih Santai

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan Grand New Daihatsu di Indonesia rupanya tidak terlalu menggentarkan pasar...

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...