Beranda EDITOR'S PICKS All New Ford Everest, Grown Up SUV

All New Ford Everest, Grown Up SUV

Rival tak bisa lagi meremehkan perubahan total All New Ford Everest. Tampilan luar, interior, dan berbagai teknologi baru disematkan pada SUV 7 penumpang ini.

(Foto: Alvando Noya/Carvaganza)

JAKARTA, 4 Agustus 2015 — Ford Motor Indonesia (FMI) sudah memastikan akan memboyong All new Ford Everest ke tanah air pada pertengahan Agustus mendatang. Berbagai perubahan yang dilakukan membuat SUV kebanggaan Ford itu kini tampil lebih dewasa dengan seabrek fitur terkini.

Perombakan tampilan, penambahan teknologi dan fitur, menjadikan Everest siap bertarung dengan kompetitor lain di segmen SUV atas. Sebelum ini, boleh dikatakan di pasar Indonesia, Everest yang lebih senior tertinggal dibandingkan dua pemain lain seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Banyak yang menilai Everest tampil “biasa dan kuno” ketimbang dua rivalnya. Padahal dari sisi kemampuan Everest tak kalah bahkan di beberapa item lebih unggul.

31072015-Car-Ford_Everest_04

Pandangan ini dijawab Ford dengan perombakan total pada Everest baru. All-New Ford Everest tampil jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Sama seperti Ford Ranger baru, Everest anyar ini tak lagi berdesain kotak yang selama ini menjadi ciri khasnya. Sudut-sudut bodi Everest baru kini mulai mengaplikasikan model lekukan.

Walhasil eksterior, dari depan, samping, hingga bagian belakang, berubah drastis. All-New Ford Everest kini lebih modern, tapi tetap mempertahankan karakter SUV yang gagah dan tangguh yang menjadi trade mark Ford selama 50 tahun.

31072015-Car-Ford_Everest_05

Di bagian depan, kesan tangguh ditampilkan lewat desain kap mesin, grille trapesium terbalik (trapezoidal) yang juga diterapkan pada EcoSport, dan undershield yang menunjang penampilan aerodinamis. Desain ini dipadukan dengan lampu depan besar yang sudah dilengkapi dengan LED daytime running lights (DRL).

Bagian samping, garis bodi menunjukkan karakter agresif Everest baru. Penggunaan velg Alloy berukuran 20 inci pada varian 3.2 liter dan 18-inci pada varian 2.2-liter kian menambah kesan bongsor. Sedangkan bagian belakang desain baru diterapkan pada lampu rem LED, spoiler atas yang dilengkapi dengan lampu rem, dan sunroof. Satu lagi, tak ada lagi ban cadangan yang biasanya terdapat di bagian pintu belakang.

31072015-Car-Ford_Everest_07

Bodi bongsor SUV 7 penumpang ini membuat All-New Everest mendapat kebebasan menggarap desain interior semaksimal mungkin. Di bagian dashboard, misalnya, semua aspek kontrol dan sistem hiburan termasuk layar sentuh warna 8 inci berteknologi SYNC 2, sangat gampang dijangkau.

Fitur kemampuan on-road dan off-road sepertinya tak perlu dibahas panjang. Carvaganza merasakan langsung kemampuan teknologi Terrain Management System yang membantu Everest melalap beragam medan, Hill Descent Assist, Curve Control, Blind Spot Information System with Cross Traffic Alert, Roll Stability Control yang bekerja bareng ESP, Active Noise Cancellation dan Active Parking Assist yang tertanam di Everest baru ini.

31072015-Car-Ford_Everest_09

Nantinya, Ford Motor Indonesia akan mengganti mesin 2.5 liter yang digunakan saat ini. Everest baru akan masuk dengan mesin Duratorq 4-silinder 2.2 liter diesel dan 5-silinder 3.2 liter diesel, dengan transmisi manual dan otomatis 6-kecepatan.

Harga? Hmmm… Ford Indonesia masih merahasiakannya. Tapi perkiraan Carvaganza berada di angka sekitar Rp 600-an juta. Kepastiannya kita tunggu saat model ini diperkenalkan resmi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS), Agustus mendatang.

31072015-Car-Ford_Everest_11

ALVANDO NOYA (Chiang Rai, Thailand)

Berita Terkait:
Video: Carvaganza Driving Ford Everest at Chiang Rai, Thailand
Test Drive: Menjajal All New Ford Everest 2015 di Ujung Thailand
Ford Everest Baru Diluncurkan Barengan di GIIAS dan IIMS

Kolom Komentar



latest updates

Suzuki All New Ertiga Untuk Pasar Lokal dan Ekspor Hampir Sama

CIKARANG, 24 Oktober 2018 – Suzuki All New Ertiga yang diekspor ke-22 negara di dunia memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda...

Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Layak?

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- PT Nissan Motors Indonesia (NMI) telah mengirimkan release kepada redaksi Carvaganza, di dalamnya tertera harga...

Suzuki All New Ertiga Yang Diekspor ke-22 Negara Diproduksi di Cikarang

CIKARANG, 23 Oktober 2018 – Low MPV Suzuki All New Ertiga yang dieskpor ke-22 negara di Benua Asia, Amerika Latin dan...

Jelajah Nusantara Bersama Honda CR-V Turbo Lintasi Kalimantan

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- Setelah menempuh perjalanan lebih dari 8.000 km melintasi pulau Sumatra dan Jawa, rombongan ”Jelajah Nusantara...

Intersport Tuntaskan Gelaran Battle Drift di Yogyakarta

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- Setelah mengitari lima kota, akhirnya Intersport World Stage Qualifier Battle Drift memasuki babak akhir yang...