Beranda Updates 10 Penemuan Yang Mengubah Industri Mobil Dunia

10 Penemuan Yang Mengubah Industri Mobil Dunia

Volvo P220 Amazon

JAKARTA, 16 Juni 2018 — Tak disangsikan lagi bahwa industri otomotif tak pernah berhenti untuk berevolusi dan merupakan salah satu industri di dunia yang paling pesat pertumbuhannya.

Dalam banyak hal, evolusi itu didorong oleh meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap keselamatan atau pun kenyamanan. Ada juga karena motif efisiensi bahan bakar dan masa depan.

Berikut ini adalah 10 penemuan yang telah mengubah sejarah industri otomotif dunia.

Seatbelt

Ini adalah penemuan yang telah menyelamatkan jutaan umat manusia. Meskipun inspirasinya berasal dari industri penerbangan, seatbelt tiga titik seperti yang kita ketahui saat ini baru dipakai di mobil tahun 1958.Mobil pertama yang menggunakan adalah Volvo P220 Amazon.

Airbag

Airbag pertama kali dipakai pada Oldsmobile Tornado tahun 1973. Sistemnya masih basic, hanya dijual sebagai opsional seharga US$ 250 dan hanya dibuat 1000 unit saja pada waktu itu. Airbag modern pertama baru dipakai tahun 1981 pada Mercedes-Benz S-Class.

Electronic stability control (ESP)

Fitur keselamatan yang menyelamatkan banyak nyawa setelah seatbelt. Bisa dibilang ditemukan secara tidak disengaja ketika engineer Mercedes-Benz Frank Werner Mohn kehilangan kendali atas Mercy E-Classnya (W124) saat sedang mencobanya di trek uji coba.  Ia terpikir mungkin bisa menggunakan sensor rem ABS untuk memonitor kecepatan setiap roda dan mengaktifkan rem secara selektif untuk menghindari kecelakaan.

Automatic emergency braking system and pedestrian detection

Automatic emergency braking assistant pertama kali muncul di mobil Volvo hampir satu dasawarsa lalu. Pada waktu itu menggunakan kamera laser infra merah, sehingga mobil bisa mengerem secara otomatis jika kecepatannya di bawah 30 km/jam untuk menghindari kecelakaan.Kini sistem tersebut berkembang dan bahkan Mercy E-Class dan S-Class bisa mengerem sendiri sampai pada kecepatan 200 km/jam, dibantu oleh data kamera kecepatan jarak jauh dikombinasikan dengan kamera stereoskopik untuk mendeteksi pejalan kaki atau objek yang melintas di jalan raya.

Adaptive cruise control

Fungsi utama dari fitur ini adalah menjaga kecepatan mobil secara konstan dan dapat berakselerasi maupun mengerem sesuai dengan kondisi traffic di depannya. Menggunakan radar jarak jauh dan kamera yang biasanya diposisikan di grille depan atau dekat kaca spion di dalam. Teknologi paling baru dalam industri otomotif yang umumnya dipakai oleh mobil-mobil premium Audi, BMW, Mercy, Tesla atau Volvo. Salah satu Autonomous Driving System tercanggih adalah yang dipakai oleh Audi A8 teranyar.

Mesin diesel

Meskipun sudah ditemukan oleh engineer asal Jerman Rudolf Diesel tahun 1883, baru dipakai pertama kali pada mobil produksi massal tahun 1936 oleh Mercedes-Benz 260 D. Mobil ini dilengkapi dengan motor bakar naturally aspirated, 4 silinder yang menghasilkan tenaga 45 hp pada 3200 rpm. Dari situ mesin diesel mulai banyak dipakai industri mobil karena irit bahan bakar.

Four-wheel steering system

Pabrikan Mercedes-Benz pertama kali memperkenalkan four-wheel steering system pada mobil militer VL 170 pada tahun 1930-an. Mobil jalan raya pertama yang mengadopsi sistem ini lengkap dengan electronic control adalah Honda Prelude tahun 1988, disusul oleh Citroen dengan ZX tahun 1990-an.

Air conditioning

“Lupakan panasnya musim panas di dalam satu-satunya mobil ber-AC di dunia,” demikian bunyi iklan mobil Packard 120 ketika diluncurkan tahun 1939. Namun pada saat itu AC belum secanggih sekarang, karena sistem pendinginnya besar sekali menempati seluruh bagasi mobil dan hanya ada dua posisi: On dan Off.

All-wheel-drive system

Mobil pertama yang memakai sistem four-wheel drive (FWD) pertama adalah Jensen FF 1966 bukan Audi. Mobil ini memiliki sistem 4×4 yang dibuat oleh Ferguson Formula (disingkat FF), yang mengirimkan 37 persen torsi ke as roda depan dan 63 persen ke as roda belakang, baru setelah itu Audi mengembangkannya untuk dunia reli terutama, Audi Quattro yang dikemudikan Hannu Mikkola di Raly de Portugal tahun 1980.

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

GIIAS Medan Auto Show 2018 Jadi Penutup Akhir Tahun

MEDAN, 18 Oktober 2018 – Gaikindo akan menutup roadshow mereka tahun ini dengan penyelenggaraan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di...

DFSK Modifikasi Pikap Super Cab Jadi Ambulance

JAKARTA, 19 Oktober 2018 – DFSK memperluas pasarnya di Indonesia. Setelah memperkenalkan SUV Glory 580, DFSK juga menawarkan pikap Super...

Yuk, Jajal Nissan Terra di Pakuwon Mall Surabaya Akhir Pekan Ini

SURABAYA, 18 Oktober 2018 – Nissan terus mengenalkan SUV premium terbarunya New Nissan Terra. Kali ini Nissan memperkenalkan Nissan Terra di...

Volkswagen Touareg, Millennial Oriented

PASAR SUV semakin berkembang di dunia, dan VW Touareg merupakan salah satu model populer. Demi mempertahankan eksistensinya, SUV yang kini...

FIRST DRIVE: Menyiksa All-New Honda Brio RS di Trek Slalom

DENPASAR, 18 Oktober 2018 – Akhirnya, setelah resmi diluncurkan ke pasar Indonesia pada bulan September 2018 lalu, All-New Honda Brio...