The Beast BMW M2, Modifikasi Lokal yang Disebut "Gila" di Dunia International

JAKARTA, Carvaganza -- Dunia modifikasi mobil semakin terus berkembang. Para modifikator tentunya saling beradu gengsi dan kreasi dalam mendandani mobilnya. Di Indonesia khususnya, para modifikator beradu agar mobilnya dapat dilihat seluruh modifikator di dunia. Salah satu modifikator tersebut adalah Mochamad Chandra Kurniawan biasa dikenal Charock (CRK). Sebelumnya, ia dikenal melalui kolaborasi KARMA Bodykit pada Porsche Cayman bersama Kiki Anugraha.

Charock, pria muda yang juga pembalap dan pengusaha ini memodifikasi BMW M2 keluaran 2018. Sportscar kesayangan yang sudah dimodifikasi secara keseluruhan ini dilabeli "The Beast M2". Bahkan, hasil modifikasinya sudah diakui dunia. Speed Hunters, salah satu media international ternama dalam bidang modifikasi datang khusus ke Indonesia untuk meliput mobil garapan CRK tersebut.

Rick Muda, penulis Speed Hunters mengatakan bahwa body kit khusus yang digunakan oleh BMW M2 ini cukup “Gila” pada tulisannya di website Speedhunters.

“Saya benar-benar dapat merasakan bahwa Charock sangat peduli dengan dunia otomotif Indonesia dan saya hanya bisa bertanya-tanya apa yang akan dihasilkan Charock pada mobil berikutnya!” ujarnya.

Tak dipungkiri, hasil modifikasi CRK yang menggaet Reindy Riupassa dari BTX Concept tersebut memang dapat dikatakan “Buas”. Hal ini terlihat dari penggunaan body kit lebar, velg besar dan ground clearance BMW M2 terlihat mepet dengan aspal. Fitment pda BMW M2 ini adalah satu satunya di Indonesia.

The Beast M2 ini dipasangkan full wide bodykit dari MTC Design atau Darwin pro. Tak hanya itu, bodykit ini dilengkapi dengan penutup kap mesin berbahan serat karbon. Demi menguatkan aura sporty, keseluruhan bodi dilapisi dengan Teckwrap ECH03 Matte Metallic Charcoal Grey oleh Wrapping Station.

The Beast M2 by Charock

Di sektor kaki-kaki, Charock memasangkan velg SV2 Forged Radix CRK Edition. Velg ini dipesan khusus untuk BMW M2. Ukurannya pun tidak main-main. Diameter 19 inci dengan lebar 10 inci di depan dan 11 inci di belakang. Ups, jangan salah lebar sih mungkin sudah biasa. Tapi, offsetnya minus 26 di depan dan minus 52 di belakang. Dilengkapi center bore 71,6 mm special untuk BMW M2. Gokil, bodi sudah lebar jadi semakin semok terlihat dari buritannya. Velg pun terlihat sangat celong karena penggunaan straight lips pada bagian outer lips.

Velg besar tersebut didukung pengereman dengan big brake kit dari M Performance. Sedangkan, untuk suspensi dipercaya air suspension by AirBFT dengan dual kompresor yang disertai management system.

Charock mengatakan The Beast M2 ini tidak hanya sekedar mobil modifikasi untuk ikut kontes. Selain tampilannya enak dilihat, mobil ini harus bisa digunakan untuk semua trek balap dan juga sebagai mobil harian.

"Terbukti dengan spek yang digunakan, sudah bisa sukses melahap lebih dari 1.156 kilometer perjalanan road trip Jakarta ke Surabaya lanjut ke Bali saat MOCI ultimate drive Desember lalu tanpa masalah," ujar Charock di Jakarta. (Minggu, 14 Februari 2021).

Modifikator memang tidak pernah puas dari bawaan pabrikan. Di sektor mesin, tenaga 405 Hp masih dirasa kurang baginya. Ia melakukan re-map ECU dengan dua tingkatan. Kemudian CRK memasangkan full sistem pembuangan dari Einsenmann. Tentunya ini sangat meningkatkan tenaga meskipun belum sempat diuji dengan dyno test.

The Beast M2 by Charock

Pengerjaan modifikasi ini memakan waktu 3 bulan. Menurut Charock, kendala terbesar dalam modifikasi mobil ini adalah pada saat pemasangan dan perhitungan dari kaki-kaki. Bagi pembalap muda ini, perhitungan kaki-kaki yang sangat presisi sangat dibutuhkan untuk dapat merealisasikan mimpinya akan mobil keren tersebut.

Sedangkan untuk interior, menggunakan jok Recaro M Edition Limited dan seluruh kabinnya dibalut dengan bahan Alcantara.

The Beast M2 CRK ini juga sengaja dibuat untuk tampil exclusive pada "Crazy Fast Indonesian" episode 2. Sebuah film pendek bergenre otomotif yang sempat viral beberapa waktu lalu. Film pendek tersebut merupakan garapan rumah produksi yang juga dimiliki oleh Charock yakni CRK Pictures.

Film pendek tersebut tidak hanya mengangkat tentang modifikasi mobil saja, namun juga mengangkat keindahan alam dan kemajuan kota-kota di Indonesia. Menariknya, film ini kerap melibatkan tokoh-tokoh otomotif dan selebgram ternama Indonesia.

“Dengan berkarya di dunia otomotif, baik itu perfilman, modifikasi, maupun sebagai pembalap, membuktikan bahwa passion saya memang ada di otomotif, dan saya berharap dapat terus berkontribusi pada perkembangan dunia otomotif di Indonesia, sehingga semakin diakui secara internasional,” tutupnya. (RAJU FEBRIAN)

Spesifikasi modifikasi BMW M2 2018

Eksterior :
Full wide bodykit MTC Design atau Darwin pro With carbon hood
Teckwrap ECH03 Matte Metallic Charcoal Grey oleh Wrapping Station.

Undercarriage :
Velg SV2 Forged Radix CRK Edition Depan 19 x 10 offset -26
Velg SV2 Forged Radix CRK Edition Belakang 19 x 11 et -52
Ban Advan Neova AD08R depan 275 / 30 / 19
Ban Advan Neova AD08R belakang 305 / 30 / 19
Big brake kit M Performance
Air Suspension by AirBFT
Dual kompressor with management system

Interior :
Recaro M edition limited
Alcantara carbon interior

Engine :
Remap ECU by Gintani
Exhaust full system by Einsenmann

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda