Tahun Depan Produksi di Indonesia, Kenali Keunggulan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Hyundai IONIQ 5

JAKARTA, Carvaganza – Tahun depan, menyusul telah beroperasinya pabrik baru di Indonesia, Hyundai menjanjikan akan memproduksi kendaraan listrik. Selain Creta yang akan menandai awal produksi lokal, Hyundai akan membuat Ioniq 5 dari Indonesia juga. Kabarnya, Ioniq 5 akan mulai diproduksi dari Cikarang, Jawa Barat, pada bulan Maret 2022 mendatang.

Hadirnya Ioniq 5 telah berhasil mencuri perhatian berbagai kalangan, bukan hanya di Tanah Air tetapi juga di banyak negara di luar. Hatchback listrik ini tentunya mengusung banyak teknologi canggih khsusunya dari sistem elektrifikasi buatan Hyundai.

“Melanjutkan pertemuan pada November 2019 di Ulsan Korea. Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia yang membuat kami mampu menyelesaikan pembangunan pabrik di Cikarang sebagai pusat lokal produksi. Nantinya 50 persen produksi dari pabrik ini bakal diekspor. Termasuk salah satunya rencana kami untuk memproduksi Ioniq 5, mobil listrik produksi pertama di Indonesia. Sekitar Maret 2022," ucap Young Tack Lee, President of Hyundai Motor Asia Pacific Headquarter beberapa waktu lalu.

Pameran mobil listrik Hyundai

Performa Tinggi

Ioniq 5 berpijak dari platform Electric Global Modular Platform (E-GMP). Di atas chassis duduk motor listrik sebagai inisiator velositas. Tersedia sistem gerak 2WD atau AWD, daya jangkau terjauh atau performa melesat terbaik dapat dipilih. Tersaji dua varian: Standard Range 58 kWh atau Long Range 72,6 kWh. Kombinasi dua motor listrik memberi kekuatan gabungan 301 Hp dan torsi 605 Nm. Akselerasi dari 0- 100 km/jam rampung 5,2 detik.

Baca Juga: Subaru Siapkan Mobil Sport Listrik Debut di Tokyo Auto Salon 2022

Lantas dengan penggerak roda belakang pakai opsi baterai paling besar. Hyundai mengklaim Ioniq 5 sanggup berkelana hingga 470-480 km dari satu kali pengisian penuh. Adapun metode penghitungan menggunakan WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure). Tapi spesifikasi bisa berubah, menyesuaikan kondisi pasar supaya nilai jual tetap ekonomis. Jadi saat resmi beredar di Indonesia, bisa saja berbeda.

Pengisian Cepat

Tersedia sistem multi-charging, mampu mengganti sistem 400 V dan 800 V tanpa perlu adaptor tambahan. Ini menjadi standar. Lewat charger 350 kW, baterai dapat terisi dari 10 ke 80 persen dalam waktu 18 menit saja. Lima menit diisi, Ioniq 5 bisa memiliki daya jangkau sejauh 100 km. Fleksibilitas lain pun diberikan. Di dalam mobil terkandung fungsi Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan mobil berperan sebagai power bank.

Fitur Keselamatan

Untuk membantu menjaga saat berkendara, Ioniq 5 memiliki kemampuan Navigation based Smart Cruise Control (NSCC). Mampu mengendalikan gerak mengikuti batasan kecepatan, sekaligus menyesuaikan kontur jalan. Bukan itu saja, tersisip bantuan lain seperti Highway Drive Assist (HDA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Lane Keep Assist with Lane Following Assist (LKAS + LFA) dan Driver Attention Alert. Semakin aman berkat peranti preventif celaka: Forward Collision Avoidance System (FCA) yang mampu mendeteksi mobil, pejalan kaki dan pesepeda.

Hyundai Ioniq 5

Kabin Futuristis

Berkat platform E-GMP, Ioniq 5 memiliki kelapangan ruang besar. Tidak terganggu penggerak roda. Lantai tetap rata karena area kabin berdiri di atas tempat penyimpanan baterai. Bebas dari bonggol transmisi besar, as kopel, apalagi tunnel knalpot. Ia tidak kenal semua itu. Ditambah pula wheelbase 3.000 mm. Jenjang Palisade saja tidak sepanjang itu, jelas berimbas pada kesempurnaan ruang kaki.

Komposisi lantai mobil mengaplikasikan tema Living Space. Ibarat ruang keluarga berjalan atau rumah sendiri. Leluasa dan dipastikan tidak canggung untuk menjangkau seluruh bagian. Konsol tengah dapat digeser maju atau mundur. Begitu pula pengaturan bangku, bagian belakang saja dapat dimajukan hingga 135 mm. Bahkan semakin terasa di rumah sebab kedua bangku depan memiliki sandaran kaki. Dapat direbahkan kemudian menjadi tempat beristirahat sejenak – mungkin saat mengisi ulang baterai.

Volume bagasi Ioniq 5 mencapai 531 liter dalam kondisi bangku belakang terbuka. Ketika dilipat seluruhnya (punya metode pelipatan 60:40), volume bertambah sampai 1.600 liter. Tidak kalah praktis ketimbang Santa Fe. Kalau kurang, masih ada frunk alias front trunk alias bagasi di balik kap depan. Total kapasitasnya mencapai 57 liter. Lebih dari itu, terpasang sarana hiburan LCD 12,3 inci sebagai peranti bawaan.

Anda disuguhi perangkat navigasi, radio daring DAB, kamera mundur, sampai integrasi smartphone Android Auto dan Apple CarPlay. Lantas keseruannya diramaikan oleh interior mood lighting sebagai standar. Di samping itu, peranti pengisi daya gawai nirkabel (wireless charger) juga disediakan. Di luar, unit termurah dijual US$40,925 atau sekitar Rp582 jutaan. Ioniq 5 sudah sering dipajang di sini, tinggal menunggu segera dijual di Tanah Air.
ANJAR LEKSANA / WH

Baca Juga: Nissan Bakal Hadirkan Mobil Retro Di Tokyo Auto Salon

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Ioniq

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Ioniq
  • Tampak samping Ioniq
  • Tampak belakang serong Ioniq
  • Tampak Depan Hyundai Ioniq
  • Tampak Grille Ioniq
  • Fog lamp depan Ioniq
  • Lampu depan Ioniq
  • lampu belakang Ioniq
  • Tampak belakang tengah Ioniq
Hyundai Ioniq
Rp 637 - Rp 677 Juta Cicilan mulai dari : Rp 14,53 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya