Subaru WRX 2022 Resmi Diperkenalkan, Bergaya Crossover dan Ada Varian GT

  • Subaru WRX
  • Subaru WRX
  • Subaru WRX

TOKYO, Carvaganza – Generasi kelima dari Subaru WRX 2022 akhirnya resmi diperkenalkan dengan menawarkan mesin dan platform terbaru serta varian teratas yang lebih bertenaga. Subaru WRX terbaru menggunakan mesin boxer 4 silinder 2.4 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 271 hp dan torsi puncak 349 Nm. Mesinnya jauh lebih besar dan menghasilkan performa yang juga lebih meningkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pabrikan menyatakan bahwa telah melakukan penyesuaian pada mesin agar bekerja lebih responsif dan memiliki akselerasi yang lebih sempurna dibanding sebelumnya. 

Subaru WRX menawarkan dua pilihan transmisi otomatis CVT dan manual enam percepatan dengan sedikit ubahan pada rasionya. Transmisi otomatis CVT nya juga menggunakan teknologi Subaru Performance Transmission yang diklaim memiliki perpindahan gear atas lebih cepat 30% dan perpindahan gigi turun yang lebih cepat 50%.  Teknologi tersebut disebut sangat berguna saat membawa Subaru WRX melesat di tikungan tajam dan dapat diatur melalui paddle-shift di balik kemudi.

Subaru WRX

Selain mesin, Subaru WRX 2022 juga menggunakan basis Platform Global Subaru yang memiliki tingkat kestabilan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu dengan platform ini WRX juga memiliki suspensi yang lebih kaku berkat stroke suspensi yang panjang dan batang stabilizer belakang yang dipasang di bodi.

Baca Juga: Sebentar Lagi Peugeot 3008 dan 5008 Facelift Dipastikan Meluncur di Indonesia

Sementara itu, ubahan pada desain eksterior Subaru WRX 2022 terlihat begitu smooth bahkan sedikit tidak kentara. Hanya terdapat penyempurnaan pada desain grille dengan lampu depan LED serta garis aerodinamika yang melintang di bagian depan, samping hingga ke belakang yang membuatnya tampak lebih lebar. Selain itu, Subaru WRX juga menggunakan fender depan dengan material alumunium yang diklaim memberikan bobot yang lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. 

Karena menggunakan sistem penggerak all-wheel drive (AWD), Subaru WRX juga dibekali dengan fitur wheel well arch dengan tekstur yang mengurangi hambatan aerodinamis. Sejumlah lubang udara dibuat untuk memberikan aliran angin yang lebih bebas saat berakselerasi mulai dari lingkar roda hingga ke bagian bumper belakang. 

Di bagian interiornya, Subaru WRX 2022 menawarkan layar hiburan berukuran 11,6 inci dengan teknologi terbaru. Fitur-fitur pendukung seperti layanan multimedia dan pemutar musik juga masih tersedia pada layar hiburan tersebut, selain itu sistem navigasi TomTom juga masih tersedia sebagai peranti standar.

Subaru WRX

Subaru menyediakan varian tertinggi GT pada generasi terbarunya dengan menawarkan peredam yang dapat diatur secara elektronik. Selain itu Subaru WRX GT juga menyediakan mode pengendaraan yang lebih variatif yang menyesuaikan sistem peredam dan kemudi serta pengaturan SI-Drive. Perbedaan dengan varian lainnya adalah Subaru WRX GT menggunakan jok Recaro dengan material Ultrasuede, jahitan merah dan dapat diatur hingga delapan pilihan. 

Fitur keselamatan EyeSight kini menjadi peranti standar pada Subaru WRX 2022 dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan seperti Adaptive Cruise Control, lane centering, automatic emergency steering dan pre-collision braking. Sayangnya belum ada pengumuman resmi mengenai banderol Subaru WRX terbaru ini, namun sebagai pengingat Subaru WRX generasi sebelumnya dibanderol sekitar US$27.495 atau setara Rp 392 Juta belum termasuk biaya pengiriman dan tambahan pajak.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Ragam Model Hatchback Yang Bisa Jadi Pilihan September - Oktober Ini

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya