Spesifikasi Calon SUV Listrik Kia Bocor Duluan Dari Suvey Konsumen

Kia EV9

SEOUL, Carvaganza - Kia bakal segera menghadirkan model full electric ketiganya. Adalah EV9, crossover bertubuh besar dengan desain mengotak yang melengkapi lini sebelumnya, Niro EV dan EV6. Terbukanya tabir berasal dari survei konsumen yang dilakukan Kia kepada konsumen. Di mana mereka ingin mengetahui unit elektrifikasi seperti apa yang ingin dibeli.

Makin menarik lantaran banderolnya juga terungkap. Pabrikan otomotif Korea Selatan memang telah memperlihatkan EV9 dalam bentuk konsep pada 2021. Setelah itu mereka belum membuka spesifikasinya sampai sekarang. Jika melihat wujudnya, EV9 adalah kembaran satu platform dari SUV konsep Hyundai Ioniq 7.

Dalam survei tak disebutkan trim jelasnya. Namun, detail tertuang di dalamnya mengindikasikan varian disuguhkan. Unit dasar bakal dibanderol sekitar $56.000 atau Rp836 jutaan. Haga segitu, konsumen bakal mendapatkan EV9 berpenggerak roda belakang yang menghasilkan tenaga 200 hp dan 338 Nm. Ia dapat melaju dari posisi nol ke 100 km/jam dalam 8,5 detik dan daya jelajah 354 km.

Kia EV9

Satu tingkat di atasnya  dilego $61.000 atau Rp911 jutaan. Masih berpenggerak roda belakang, tapi kemampuan tualangnya mencapai 466 km. Ia bahkan dapat menarik beban (towing) hingga 900 kg. Kemungkinan trim ini memiliki baterai lebih besar, lantaran durasi akselerasi dari posisi nol ke 100 km/jam menurun 0,4 detik menjadi 8,1 detik.

Baca Juga: Besok, MG Indonesia Rilis Mobil Baru Berteknologi Semi Otonom

Versi penggerak seluruh roda turut disuguhkan. Seharga $63.000 atau Rp941 jutaan. Output tercipta dari motor elektrik sebesar 400 hp dengan momen puntir 515 Nm. Nilai sebesar itu mengizinkan towing hingga 1.587 kg dan kecepatan akselerasi 6 detik untuk mencapai 100 km/jam. Spesifikasi mumpuni harus mengorbankan daya jelajah menjadi 418 km.

Unit di atasnya dipatok $68.000 atau sekitar Rp1,01 miliar. Spesifikasi setara dengan varian sebelumnya. Namun, ia kedapatan velg 20 inci ketimbang 19 inci. Alhasil baterai hanya bisa memberikan tenaga mobil sejauh 386 km.

Kia EV9

Trim tertinggi dijual $73.000 atau Rp1,09 miliaran. Konsumen bakal mendapat EV9 bertenaga setara varian sebelumnya, tapi torsi bertambah jadi 650 Nm. Jarak tempuh juga 386 km, tapi kemampuan towing melejit hingga 2.041 kg. Velgnya lebih besar, 21 inci dan dapat melesat dalam 5,2 detik dari nol ke 100 km/jam.

Banderol segitu memang tak terbilang murah. Jika nantinya masuk Indonesia, tentu angkanya bakal mengalami kenaikan signifikan. Terlihat dari beberapa model elektrifikasi yang sudah dipasarkan di Tanah Air. Namun, kehadirannya dapat meningkatkan daya saing Kia di segmen kendaraan listrik.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Hyundai Kona 2023 Siap Meluncur Maret, Banyak Teknologi dan Fitur Baru

Sumber: Jalopnik

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil KIA Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature