Sah! Vettel Gabung ke Aston Martin F1 Tahun Depan

MUGELLO, Carvaganza.com – Kebenaran yang selama beberapa bulan terakhir terus dipertanyakan, akhirnya resmi terungkap. Sebastian Vettel resmi akan berlabuh ke tim Aston Martin F1 mulai tahun depan. Dengan begitu, Vettel akan tetap hadir  membalap di Formula 1 setelah meninggalkan tim Ferrari.

Pengumuman diungkap pada hari Kamis (10/9/2020) kemarin, jelang seri Grand Prix Tuscan di Mugello, akhir pekan ini. Vettel akan membela tim yang berganti nama dari Racing Point tahun ini, menjadi Aston Martin tahun depan. Rebranding tim ini akan semakin meramaikan nama pabrikan besar yang memeriahkan balap F1.

Di Aston Martin, Vettel akan berduet dengan Lance Stroll sebagai pembalap. Praktis, artinya Sergio Perez tersingkir dari tim yang sudah dibelanya sejak tahun 2014 itu. Bisa dipahami karena Stroll merupakan anak dari Lawrence Stroll, yang memiliki mayoritas saham di tim dan Aston Martin saat ini.

https://twitter.com/F1/status/1303951880268197888?s=20

“Saya senang untuk akhirnya memberitahu berita menyenangkan tentang masa depan saya. Saya sangat bangga untuk bilang saya akan menjadi pembalap Aston Martin di 2021. Ini sebuah petualangan baru untuk saya dengan perusahaan mobil yang benar-benar legendaris. Saya sudah terkesan dengan hasil yang diraih tim tahun ini dan saya yakin ke depannya akan semakin cerah,” kata Vettel.

“Energi dan komitmen dari Lawrence (Stroll) pada olahraga ini sangat meginspirasi dan saya yakin kami bisa membangun sesuatu yang sangat istimewa Bersama-sama. Saya masih sangat mencintai Formula 1 dan satu-satunya motivasi saya adalah balapan di grid depan. Untuk mencapainya Bersama Aston Martin akan menjadi sebuah keistimewaan hebat.”

Diyakini, Vettel telah mendekati Racing Point cukup intens belakangan ini, sejak diumumkan Carlos Sainz akan menggantikannya tahun depan di Ferrari, bulan Mei lalu. Sebelum balapan pertama musim ini, Vettel dan Ferrari sudah mengumumkan akan berpisah untuk tahun 2021. Sementara Ferrari telah memberikan kontrak jangka panjang untuk Charles Leclerc, sampai 2024.



Status Vettel untuk 2021 sempat menjadi tanda tanya sejak pengumuman perpisahan dengan Ferrari. Awalnya banyak diyakini dirinya akan berlabuh ke McLaren atau Renault. Namun McLaren kemudian umumkan Daniel Ricciardo bergabung, hengkang dari Renault yang akan kedatangan kembalinya Fernando Alonso.

Semakin sulit posisi Vettel ketika Perez merespons soal rumor Vetttel akan merapat ke Racing Point menggantikan dirinya. Perez bersikeras akan bertahan di tim, meski mengerti bahwa keluarga Stroll juga akan bertahan. Kontrak Perez bersama tim saat ini berlangsung sampai dengan 2022. Akhirnya, Perez harus relakan kursinya dan memberi jalan untuk Vettel bergabung.

Lawrence Stroll


Vettel, juara dunia empat kali (2010 – 2013), diumumkan bergabung tahun depan setelah disebut telah benar-benar menandatangani kontrak. Sejauh ini belum diketahui berapa lama kontrak yang mengikat Vettel dan Aston Martin. Dalam keterangan resmi hanya dikatakan “2021 dan seterusnya”.

Pengumuman ini tentunya menjadi berita besar untuk seluruh kalangan, baik di paddock maupun para fans F1. Dengan mengumumkan di Mugello, sepertinya Vettel ingin ‘mengganggu’ perayaan GP ke-1000 Ferrari pekan ini.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda