Proyek Restorasi Alfa Romeo Giulia GT Ini Gabungkan Unsur Klasik dan Modern

  • Emilia GT Veloce
  • Emilia GT Veloce
  • Emilia GT Veloce

HAMBURG, Carvaganza - Setidaknya dalam periode hampir dua tahun belakangan, ada banyak karay restorasi mobil klasik yang menarik oleh pabrikan dan rumah modifikasi di dunia. Tidak sedikit dari proyek restorasi tersebut membuat mobil klasik menjadi berpenggerak tenaga listrik. Tapi, karya restorasi satu ini berbeda, karena membuat sebuah Alfa Romeo Giulia GT menjadi lebih ganas dengan mesin konvensional.

Restomod ini adalah hasil dari Emilia Auto, spesialis mobil klasik dari Jerman, dengan karya yang dinamai sebagai Emilia GT Veloce. Giulia lawas dan modern disatukan dalam satu proyek, yang pengembangannya turut melibatkan VELA Performance. Mobil ini belum selesai dibangun oleh Emilia Auto, namun seperti apa wujudnya sudah bisa terlihat lewat digital rendering yang mereka rilis.

Emilia GT Veloce yang dijadwalkan debut pada kuartal kedua tahun 2022 ini menjadi interpretasi modern untuk Giulia GT yang beredar beberapa dekade lalu. Penerapan modernisasi datang melalui mesin V6 2.9 liter twin-turbo milik Giulia Quadrifoglio generasi terbaru. Rencananya mobil ini hanya akan dibuat hanya sebanyak 22 unit.

Emilia GT Veloce

Mesin bawaan dari model flagship Alfa Romeo saat ini tersebut memiliki tenaga lebih dari 500 hp sementara torsinya 600 Nm. Tidak hanya mesin transmisi dari Giulia Quadrifoglio juga akan dibawa ke GT Veloce, bukan manual, tapi justru versi otomatis 8-percepatan buatan ZF. Menyalurkan output mesin ke roda belakang, gearbox ini bisa berpindah gigi dalam waktu 150 milidetik.

Baca Juga: Land Rover Bikin Defender Edisi Terbatas Sambut Film James Bond Terbaru

Beranjak dari mesin, Emilia Auto merombak juga chassis agar bisa mengimbangi lonjakan performanya. Sistem suspensi akan diberikan coilover dari KW, terpasang di setiap sisi roda yang ditopang suspensi independen dengan double wishbone di depan dan multi-link di belakang. Sistem kemudi juga diberikan power steering, lalu ada juga rem Brembo, ABS modern dan traction control.

Emilia Auto membuat mobil ini dengan mengambil basis Giuia GT asli, yang kemudian dimodifikasi beberapa bagian body. Meski body masih klasik, namun chassis di baliknya menggunakan spaceframe yang benar-benar baru. Tampang Giulia GT menjadi lebih agresif lewat fender lebar, lalu kap mesin baru untuk mengakomodasi mesin lebih besar, serta lampu depan dan belakang berteknologi modern. Di buritan, terlihat dua pipa knalpot diposisikan di tengah lip spoiler.

Emilia GT Veloce

Bagian interior diusahakan akan tampil sama dengan aslinya oleh Emilia Auto.ubahan yang diberikan antara lain sistem ventilasi dengan AC otomatis, spion dan jendela elektrik, dan sistem multimedia. Jok Recaro berdesain klasik bisa dipesan dengan opsi material lapisan dan corak berbeda untuk konsumen.

Emilia GT Veloce ditawarkan setiap unitnya dengan harga sekitar € 400.000 atau setara Rp 6,767 miliar lebih. Dan seperti dikatakan sebelumnya, hanya 22 unit GT Veloce akan dibuat oleh Emilia Auto dan hasil produksinya muncul tahun depan. Proyek ini terbilang mirip dengan yang dilakukan oleh Singer terhadap model lama Porsche 911.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Teaser Wajah Baru MG ZS Beredar di Internet, Meluncur Pekan Depan

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya