Porsche Buka Selubung Mobil Balap Le Mans Di Goodwood, Beraksi Tahun Depan

Porsche 963 LMDh

STUTTGART, Carvaganza – Memanfaatkan momen Goodwood Festival of Speed di Inggris, Porsche Penske Motorsport diresmikan sebagai tim baru yang akan diturunkan pada tahun depan. Rencananya, Porsche Penske Motorsport akan berkompetisi di kejuaraan enduro dari FIA dan IMSA WeatherTech SportsCar. Pada peresmian tersebut, Porsche memperkenalkan warna khas baru pada kendaraan bertenaga 678 hp yakni putih, merah dan hitam.

"Setelah 7.889 kilometer uji coba selama paruh pertama 2022, kami berada di jalur yang sangat baik tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan sebelum awal musim depan. Porsche 963 terbaru kami harus melanjutkan warisan model legendaris seperti 917, 935, 956, 962 dan 919 Hybrid. Saya yakin kami akan berada di posisi yang baik dalam hal teknologi dan kami juga telah menciptakan struktur tim yang relevan untuk mempersiapkan kami meraih kemenangan dalam persaingan yang mendebarkan antara banyak pabrikan dan konsep yang berbeda,” kata Thomas Laudenbach, Wakil Presiden Porsche Motorsport.

Sementara itu, gelaran pertama yang akan diikuti oleh Porsche 963 direncanakan berlangsung pada Januari 2023 di Daytona 24 Jam di Amerika Serikat dan FIA WEC telah mengizinkan melakukan pengujian pada tahun ini. Rencananya Porsche Penske Motorsport menargetkan percobaan non-kompetitif di putaran final musim di Bahrain November ini.

Porsche 963 LMDh

“Selama beberapa bulan terakhir, orang-orang kami di Porsche Motorsport dan Tim Penske telah tumbuh menjadi tim yang efisien dan berkomitmen – Tim Porsche Penske Motorsport,” puji Urs Kuratle, Direktur Factory Motorsport LMDh.

Baca Juga: Perjalanan Porsche Cayenne 20 Tahun, Prediksi Sang Pendiri Yang Menjadi Nyata

“Kami akan memiliki kru pengemudi yang kuat di empat mobil pabrik. Kolaborasi dengan mitra ban lama kami Michelin dan produsen sasis Multimatic bekerja dengan sempurna. Porsche 963 harus dihomologasi musim gugur ini. Sampai saat itu, kami ingin membuat kemajuan lebih lanjut dengan uji coba dan mendapatkan wawasan tambahan. Kami tidak sabar menunggu perjalanan pertama kami.”

Pada ajang tersebut, Porsche juga merilis sejumlah pembalap yang akan dilibatkan pada World Endurance Championship (WEC) dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship di antaranya Kévin Estre (Perancis), Michael Christensen (Denmark), André Lotterer (Jerman), Laurens Vanthoor (Belgia), Matt Campbell (Australia ), Mathieu Jaminet (Prancis), Dane Cameron (AS) dan Felipe Nasr (Brazil).

Porsche 963 LMDh

Pada fase pertama nanti Frédéric Makowiecki akan turut terlibat pada saat peluncurannya di Weissach dan menjadi yang pertama mengendarai 963 serta berada di balik simulator untuk menghasilkan catatan waktu terbaik. Sedangkan pengumuman pembalap lainnya, termasuk untuk balapan enduro di Daytona, Sebring dan Road Atlanta (Petit Le Mans) akan dilaksanakan setelah debut di Januari 2023.

Porsche 963 akan diproduksi dengan basis yang serupa dengan LMP2 dan merupakan generasi terbaru yang dipasok oleh Multimac. Sementara dalam urusan performa akan ditanamkan mesin V8 Biturbo 4.6 liter yang diambil dari DNA 918 Spyder sport hybrid. Diketahui Porsche dan Team Penske pernah meraih kemenangan yang cukup banyak di era 2005 dan 2008 menggunakan RS Spyder. Sementara itu, Porsche juga menyematkan fitur khas dari 911 generasi 992 terbaru untuk desain lampu belakangnya dan penggunaan aksen putih merah hitam ditujukan sebagai penghormatan pada kesuksesan 917 dan 919 hybrid.

Porsche 963 LMDh

Tidak hanya dari mitra otomotif, Porsche Penske Motorsport juga akan menggaet TAG Heuer untuk menyuplai penghitung waktu serta Puma yang menjadi mitra untuk menyediakan pakaian balap tim dengan kualitas tahan api. Terakhir adalah Hugo Boss sebagai penyuplai baju tim dan penjual pakaian eceran tim.

Porsche Penske Motorsport menyiapkan total empat unit 963 untuk ajang balapan di Mooresville (North Carolina) dan Mannheim (Jerman). Tim baru Porsche ini akan dipimpin oleh Jonathan Diuguid dan Travis Law selaku Competition Director yang melakukan pengawasan langsung serta pengelolaan program di FIA WEC dan IMSA. "Ekspektasinya sangat tinggi. Tidak hanya dari publik tetapi juga dari Porsche dan Team Penske, yang telah menulis bab motorsport yang hebat bersama di masa lalu,” kata Diuguid.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Jangan Lupakan Peran Penting Oli Mesin Yang Harus Diganti Secara Berkala

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature