Porsche 911 Diuji Di Gunung Berapi Dengan Modifikasi Khusus, Buat Apa?

  • 2022/11/Eksperimen-Modifikasi-Porsche-911-Off-Road-3.jpg
  • 2022/11/Eksperimen-Modifikasi-Porsche-911-Off-Road-1.jpg
  • 2022/11/Eksperimen-Modifikasi-Porsche-911-Off-Road-2.jpg
  • 2022/11/Eksperimen-Modifikasi-Porsche-911-Off-Road-4.jpg
  • 2022/11/Eksperimen-Modifikasi-Porsche-911-Off-Road-5.jpg

ANDES, Carvaganza – Nampaknya Porsche masih penasaran dengan kemampuan yang dimiliki oleh lini kendaraannya. Pasalnya pabrikan tersebut dikabarkan tengah melalukan pengujian dua unit 911 di lereng Ojos del Salado yang merupakan salah satu gunung berapi yang berlokasi di Chili, Amerika Selatan. Kedua kendaraan tersebut menggunakan spesifikasi lengkap sebagai sebuah off-roader sejati seperti ban berukuran besar, skid plate hingga roofrail dengan barang bawaan di atasnya.

Selama proses pengujian, Porsche 911 tersebut mampu mencapai ketinggian maksimum yakni 19.808 kaki atau sekitar 6.007 meter. Di balik kemudinya terdapat tim yang dipimpin langsung oleh pemenang Le Mans dan pemecah rekor Pikes Peak, Romain Dumas. Mereka beralasan, lokasi lereng Ojos de Salado dapat menggambarkan medan terberat di dunia mulai dari bebatuan hingga kondisi salju yang ekstrem. Bahkan di perjalanan tersebut, pengujian berakhir karena kendaraan telah mencapai ujung dinding es dan salju yang kemudian tidak memungkinkan lagi kendaraan melaju.

“Kurasa satu-satunya mesin di dunia yang lebih tinggi dari kita saat ini adalah pesawat. Untuk tim dan mobil, kami melakukan praktik langsung sekaligus pembelajaran tentang mobil ini. Hasilnya mobil itu tangguh dan gesit. Kami benar-benar mengeluarkan seluruh energi kami hingga maksimal agar  dapat menempatkannya di ujung yang dalam untuk ujian pertamanya, namun terasa seperti di rumah sendiri,” kata Dumas usai melakukan pengetesan.

Porsche 911 Off-Road

Kendaraan eksperimental ini dibuat khusus oleh Porsche dengan menggunakan basis 911 Carrera 4S. Di dalamnya terdapat mesin 6-silinder yang menghasilkan tenaga maksimal 443 hp. Selain itu, terdapat sejumlah penyesuaian pada sektor mesin salah satunya ialah sistem pendingin yang dipindahkan lebih tinggi agar tetap aman selama off-road. Sementara pada bagian kabinnya, terdapat sejumlah penyempurnaan seperti penggunaan roll cage, jok carbon dan juga harness.

Baca Juga: Hanya 9 Unit di Dunia, TDA Luncurkan Morgan Plus 8 GTR di Indonesia

Selain itu, Porsche juga melakukan ubahan pada rasio gigi yang lebih rendah demi memaksimalkan pengendaraan yang lebih presisi pada kecepatan rendah. Tersemat pula pelindung bodi berbahan serat Aramid khusus agar terhindar dari goresan bebatuan gunung berapi yang terkenal tajam. Tim juga melengkapi mobil dengan alat Porsche Warp-Connector yang dirancang untuk menghubungkan keempat roda tetap stabil dalam kondisi ekstrem lainnya. Biasanya alat ini ditemukan pada kendaraan yang turun dalam ajang motorsport.

Porsche 911 Off-Road

Porsche juga menggunakan differential-lock yang dapat diganti secara manual dan sistem kemudi steer-by-wire yang berkontribusi pada traksi dan pengendalian kendaraan di medan seperti ini. Perlengkapan lainnya ialah winch di bagian depan serta ruang roda yang dimelarkan agar ban berukuran 310 mm dapat masuk terpasang.

“Sungguh ajaib untuk membangun 911 yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya — dimungkinkan oleh tim kecil penggemar teknik. 911 telah terbukti di trek dan, tentu saja, di jalan. Dengan proyek ini, kami mengalihkan fokus ke tempat yang tidak ada jalan. Menguji teori kami berarti menemukan lingkungan yang paling keras untuk melihat apakah mereka berhasil — dan di gunung berapi tertinggi di dunia, kami berhasil,” kata Michael Rösler, Director of The 911 Model Line.

Porsche 911 Off-Road

Meskipun mengklaim tes tersebut sukses, namun belum ada sinyal bahwa model ini akan dibawanya ke jalur produksi. Memang ada sejumlah prototipe 911 bergaya off-road namun menurut Carscoops kendaraan tersebut dipersiapkan untuk ajang Paris Dakar. Selain itu, Porsche global juga telah merilis pertanyaan banyak orang mengenai kemungkinan 911 Off Road ini akan masuk jalur produksi.

“Sehubungan dengan pertanyaan Anda mengenai implikasi produksi potensial untuk mobil yang diuji di gunung berapi, kami tidak akan membuat model yang sama untuk konsumen umum dan tidak ada rencana untuk membuat modifikasi yang digunakan untuk pengujian tersedia untuk pelanggan kami – tetapi dalam perasaan menciptakan 911 yang lebih berani; tidak pernah berkata tidak."
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Toyota bZ4x Meluncur Hari Kamis di Indonesia, Segini Prediksi Harga dan Spesifikasinya

Sumber: Carscoops

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche 911

  • Tampak Depan Bawah Porsche 911
  • Tampak belakang 911
  • Porsche 911 Front Side View
  • Tampak belakang tengah 911
Porsche 911
Rp 3,3 - 5.9 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 75,29 Juta

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature