Peugeot Rilis Model Listrik E-308, Lengkap Untuk Versi Saloon dan Estate

  • 2022/09/Peugeot-E-308-Saloon-Stataion-Wagon-2.jpg
  • 2022/09/Peugeot-E-308-Saloon-Stataion-Wagon-3.jpg
  • 2022/09/Peugeot-E-308-Saloon-Stataion-Wagon-4.jpg
  • 2022/09/Peugeot-E-308-Saloon-Stataion-Wagon-1.jpg

PARIS, Carvaganza - Peugeot 308 teranyar sebelumnya dihadirkan dalam varian PHEV atau plug-in hybrid electric vehicle. Disuguhkan dalam dua varian : saloon dan estate SW, kini Peugeot merilis versi listrik sepenuhnya. Langkah brand asal Perancis ini mengukuhkan posisinya sebagai produsen pertama dari Eropa yang menyodorkan estate elektrik.

Keduanya disokong motor listrik baru yang mampu menghasilkan tenaga 156 hp dan torsi maksimal 260 Nm yang tentunya keluar sejak awal berakselerasi. Ia disuplai listrik dari baterai 54 kWh yang diklaim dapat menjelajah sejauh 400 km. Berdasarkan pengujian internal, konsumsinya sebesar 12,7 kWh per 100 km. Menariknya catu daya tertanam memiliki komposisi baru, terdiri dari 80% nikel, 10% mangan dan 10% kobalt. Ia dapat diisi dayanya menggunakan charging standar 11 kW hingga 100 kW. Sehingga waktu pengisian baterai dapat ditempuh dalam 25 menit dari posisi 20% hingga 80%.

Efisiensi tersebut turut didukung penggunaan gearbox yang memastikan daya jelajah optimal, sambil mempertahankan performa tinggi. Selain itu Peugeot turut menyajikan peningkatan pada sisi aerodinamika terutama pada bagian depan dan kolong. Kemudian pengoptimalan bobot dan penguatan cengkeraman pada ban.

Peugeot E-308

308 turut disajikan dengan opsi mode berkendara yakni Eco, Normal dan Sport. Sehingga pengguna dapat lebih fleksibel dalam memilih performa berdasarkan gaya berkendara diinginkan. Di dalamnya juga tersedia mode Brake yang meningkatkan deselerasi saat pedal akselerasi dilepaskan.

Baca Juga: Heboh Pertalite Dianggap Jadi Boros, Begini Jawaban Pertamina

Bicara desain, gaya terbaru Peugeot yang khas diselipkan. Moncongnya lebih panjang dan terkesan tajam. Daytime running light (DRL) yang diposisikan vertikal di tepian headlamp menguatkan karakter E-308. Lampu utama Matrix LED dibuat mengalir, seolah menyatu dengan grille beraksen tiga dimensi. Kisi-kisi dilengkapi emblem masif Peugeot. Di belakang tak jauh berbeda, kesan sporty terpancar kuat. Lekukan tajam dan kaku mengedepankan aura sporty sekaligus elegan. Ditambah lampu kombinasi three-claw khas Peugeot. Pada sisi terpasang velg aluminium 18 inci yang diklaim dikembangkan khusus untuk versi listrik sepenuhnya. Keunggulannya terletak pada tingkat aerodinamika yang tinggi.

Peugeot E-308

Di dalam kabin diimbuhkan generasi terkini Peugeot i-Cockpit. Di mana terdiri dari kemudi kompang berpemanas, head-up display 3 dimensi yang bisa disetel sendiri dan layar sentuh masif 10 inci. Ia bisa dihubungkan dengan gawai komunikasi elektronik lewat teknologi i-Connect Advanced. Gaya futuristis agar senada dengan konsep elektrifikasi dimunculkan lewat virtual i-toggle untuk pengaturan fungsi kendaraan.

Selain head unit yang bisa dihubungkan ke smartphone, mobil juga bisa. Melalui aplikasi MyPeugeot, pemilik bisa mengontrol fungsi kendaraan mulai dari menyalakan mesin hingga AC dari jauh. Terdapat pula aplikasi Free2Move e-solutions yang mengizinkan pengguna merencanakan rute perjalanan yang terintegrasi stasiun pengisian daya.

Model teranyar tersebut disodorkan dalam dua trim: Allure dan GT. Tersedia pada pertengahan 2023, di beberapa negara dapat dibeli secara online. Bahkan Peugeot menekankan pembelian lewat jalur itu.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Challenger Black Ghost Jadi Edisi Perpisahan Muscle Car Ikonik Dodge

Sumber: Top Gear

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Peugeot Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review