Ngeri!!! Porsche 917 Klasik Ini Nyaris Lindas Pemiliknya di Monterey Car Week 2021

Porsche 917

California, Carvaganza – Pameran Monterey Car Week baru saja digelar dengan menampilkan kendaraan terbaru sekaligus mobil klasik yang jarang ditemui di jalan raya. Beberapa di antaranya merupakan hasil restorasi yang cukup detail mulai dari desain eksterior, interior hingga pada sistem mekanis yang terdapat di balik mesinnya. Beberapa kendaraan klasik yang hadir dalam gelaran ini, salah satunya adalah jajaran Porsche 917 dengan berbagai varian yang hadir untuk menandai 50 tahun kemenangannya di Le Mans 24 Hours. 

Namun pada pameran tersebut, salah satu peserta hampir mengalami kecelakaan fatal saat mencoba untuk menyalakan mesin Porsche 917 dengan livery Gulf. Karena sebuah kendaraan klasik tentu saja membutuhkan sedikit usaha untuk membuat mesinnya menyala dengan sempurna. Namun pada video yang beredar di media sosial, saat seorang pria mencoba menyalakan dengan posisi yang cukup bahaya ternyata mesin tersebut menyala. 

Rupanya transmisi Porsche 917 miliknya tersebut berada dalam posisi drive atau siap jalan, secara mendadak mobil balap klasik tersebut pun melaju dan membawa sang pemilik dalam posisi yang sangat berbahaya. Pada video tersebut terlihat posisi kakinya berada di luar mobil dan bisa saja tergilas salah satu rodanya atau membentur bagian lain.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ENÖREV (@e_n_o_r_e_v)

Di samping itu, pada pameran tersebut Porsche yang berjalan secara mendadak sedang dikelilingi oleh pengunjung yang cukup padat. Sontak, para penonton pun berteriak sambil bergerak menjauh dari lokasi. Untungnya, sang pemilik melakukan respon cepat dengan mematikan kembali mesin mobil dan keluar dari kendaraan. Sehingga kecelakaan yang nyaris terjadi dapat terhindarkan. 

Dikutip dari Carscoops, Porsche 917 merupakan kendaraan dengan rancang bangun yang cukup rumit, Sehingga proses restorasinya pun terbilang memakan waktu, tenaga dan dibutuhkan ketelitian yang ekstra. Banyak komponen yang perlu diperhatikan saat ingin menyalakan Porsche 917 pertama kali, salah satunya adalah memanaskan oli, menyalakan banyak saklar, mencolok baterai tambahan dan menggunakan tautan pedal mekanis untuk menjaga putaran mesin berada di 2.000 rpm. Namun jika semua hal tersebut sudah dilakukan ada satu lagi yang wajib diperhatikan yakni posisi transmisi dalam kondisi netral.

Porsche 917

Porsche 917 yang dipamerkan tersebut sebenarnya hanya dummy atau replika dari mobil balap yang pernah dibuat Porsche pada 1969 silam. Aslinya kendaraan tersebut digunakan untuk melaju pada ajang balap 24 Hours of Le Mans dengan spesifikasi khusus dan penuh perhitungan. Porsche 917 merupakan sportscar dengan konfigurasi dua pintu dan menggunakan mesin belakang 12 silinder segaris dengan kapasitas 5.000 cc.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: MINI Luncurkan 8 Varian Terbaru Sekaligus Di Indonesia, Ini Modelnya

Sumber: Carscoops, e_n_o_r_e_v

 

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature