Beranda EDITOR'S PICKS Volkswagen T-Roc, Newest T-Clan Member

Volkswagen T-Roc, Newest T-Clan Member

Touareg, Tiguan, and now... T-Roc!

PERTAMA kali diperkenalkan di Geneva Auto Show 2014, ‘The Rock’ ini akan melengkapi keluarga SUV VW yang semuanya punya nama berawalan huruf T. Volkswagen butuh waktu 3 tahun untuk mengembangkan versi konsep menjadi versi produksi. Namun VW tidak merincikan berapa waktu yang mereka butuhkan untuk mendapatkan nama ‘T-Roc’. Rencananya, T-Roc versi produksi ini akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Lalu apa saja yang dimiliki T-Roc?

SUV ini dibangun dengan menggunakan platform MQB, yang juga digunakan oleh Audi Q2 dan beberapa produk VW Group lainnya. Berkat penggunaan konstruksi yang ringan, total bobot T-Roc diprediksi hanya sekitar 1.360 sampai 1.519 kilogram saja. Jika dibandingkan dengan postur Tiguan, maka panjang T-Roc lebih pendek namun sedikit lebih lebar.

Desain T-Roc versi konsep diklaim progresif oleh Volkswagen, terutama pada bagian depan. T-Roc versi produksi kemungkinan akan mempertahankan bentuk tajam headlamp, gril depan heksagonal, bumper stylish, lampu kabut horisontal dan lampu belakang LED milik versi konsep.

VW pun membuat dua bagian tengah atap T-Roc dapat dibuka. Fungsinya? Errr… Agar sinar matahari dapat masuk, serta membuat penampilan T-Roc jadi sama kerennya dengan Anda. Selain atap yang dapat dibuka, T-Roc konsep juga dibekali fitur-fitur seperti penggerak AWD 4Motion, ABS, Hill Start Assist dan Hill Descent Control.

Untuk mesin, T-Roc konsep dibekali mesin 2.0 liter turbo diesel direct-injection yang bertenaga 181 hp  dan transmisi otomatis DSG 7-kecepatan. T-Roc konsep juga memiliki tiga mode pengendaraan yaitu ‘Street’, ‘Off-road’ dan ‘Snow’. Sedangkan untuk versi produksinya, rumornya akan ditawarkan dengan pilihan mesin 1.5 liter TSI milik Golf bertenaga 148 hp dan mesin 2.0 liter TSI. Mesin-mesin ini akan dipasangkan dengan dua tipe transmisi, manual 6-kecepatan dan otomatis DSG 6-kecepatan.

Kapasitas T-Roc versi konsep hanya menyediakan empat tempat duduk dewasa, sedangkan pada versi produksi kapasitas ditambah menjadi 5 orang agar perjalanan semakin tidak membosankan. Kabarnya versi produksi juga akan memiliki dashboard dengan menggunakan konsol instrumen full digital, serta sistem infotainment yang dilengkapi  layar sentuh 9,2 inci dan fitur voice and gesture control.

Dari namanya, ‘Rock’ punya banyak arti kiasan dalam percakapan sehari-hari. Salah satunya sebagai pujian karena dapat dipercaya dan diandalkan. Kami rasa T-Roc bisa lebih dari sekadar diandalkan. Ia akan menjadi salah satu SUV keren di luar sana.

Spesifikasi Volkswagen T-Roc

Layout kendaraan: SUV, 4-pintu, 5 penumpang, FWD/AWD
Mesin: 1.5L Turbocharged DOHC 16-valve I-4/148 hp/239 Nm (estimasi); 2.0L Turbochargerd  DOHC 16-valve I-4 /197 hp/319 Nm (estimasi)
Transmisi: M/T 6-kecepatan; A/T 6-kecepatan DSG
Dimensi (PxLxT): 4231 x 1818 x 1541 mm
Wheelbase: 2595 mm
Bobot kosong: 1360-1519 kilogram (estimasi)
Kapasitas tangki BBM:
Rekomendasi BBM:

YOGI WICAKSONO

Last Update

Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

MICHIGAN, 20 Juli 2018 – Langkah recall kembali harus dilakukan oleh Ford pada kendaraan yang telah dipasarkannya, kali ini melibatkan...

Kejurnas Drift Putaran Ke-2 Resmi Digelar

PONDOK CABE, 20 Juli 2018 -- Kejuaraan Nasional Drift akhirnya resmi digelar hari ini, Jumat, 20 Juli 2018. Putaran kedua...

Mobil Hybrid Kuasai Penjualan Toyota di Eropa

BRUSSELS, 20 Juli 2018 – Tren kendaraan ramah lingkungan yang berkembang pesat di benua Eropa membawa pengaruh positif kepada Toyota,...

Hamilton Perpanjang Kontrak di Mercedes Sampai 2020

BRACKLEY, 19 Juli 2018 – Sebelum musim balap Formula 1 2018 memasuki masa libur musim panas, Lewis Hamilton memastikan masa...

Agnez Mo Jadi Brand Ambassador Mobil DFSK

JAKARTA, 19 Juli 2018 – Penyanyi dan aktris Agnez Monica mulai hari ini Kamis (19/7) resmi menjadi brand ambassador mobil...