Beranda EDITOR'S PICKS Toyota All New Sienta, A Meaning

Toyota All New Sienta, A Meaning

Sebuah mobil harus mampu menciptakan makna, karena kalau tak ada akan terasa biasa saja.

(Foto: Mulki Prihandoko/Carvaganza)

ADA orang bilang bahwa hampir semua mobil keluarga itu sama. Menawarkan utilitas atau fungsi dan mobilitas yang sama serta perbedaan efisiensi bahan bakar yang tak terlalu signifikan. Pandangan tersebut tidak salah, toh mobil keluarga atau MPV memang begitu adanya. Sama dengan orang yang beranggapan bahwa semua rumah itu sama, sama-sama sebagai tempat berteduh dari hujan, angin, panas dan lain-lain.

Jika masih berpandangan seperti itu, kita tidak akan kemana-mana karena kita tidak memaknai sebuah rumah atau benda yang kita miliki. Layaknya rumah, kendaraan juga harus memiliki ruh dari yang mengisinya dan ruh itu dibangun karena makna-makna yang terdapat di dalamnya. Kendaraan hanyalah alat, tapi penggunanya adalah ruh yang mengisi benda tersebut.

Toyota All New Sienta Q, yang merupakan varian tertinggi, menawarkan sebuah ruh. Dengan layout jok seperti theater bioskop akan mempermudah komunikasi antar penumpang karena tak menciptakan sekat antara penumpang baris depan dengan baris belakang. Dua anak yang di kursi belakang akan leluasa berkomunikasi dengan ayah dan ibunya sambil melihat pemandangan di luar yang terlihat jelas dan luas dari dalam.

Berkat kesenyapan kabin yang baik, seluruh penumpang bisa bercakap-cakap seperti biasa tanpa intonasi yang berlebihan. Rekayasa desain interior yang lapang dapat menciptakan keakraban sebuah keluarga pada saat menempuh perjalanan jauh ke luar kota. Inilah ruh tersebut, kendaraan menjadi hidup bukan sekedar membuat penumpang tertidur.

Sambil merasakan kerja linear dari mesin 2NR-FE Dual VVT-i + ETCS berkapasitas 1.5 liter dari pijakan gas, kepala keluarga dapat menikmati percakapan anaknya dengan jelas  tanpa terpengaruh suara bising dari luar atau sentakan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Apalagi mobil bertenaga 109 hp dan torsi 140 Nm memiliki pengendaraannya stabil, kerja setir positif dan komunikatif. Bantingan suspensi di depan MacPherson Strut dan Multi-Link di belakang cukup empuk membuat tingkat kenyamanan menjadi tinggi.

Yang menariknya lagi, layout pada dashboard, konsol tengah dan trim pintu didesain sedemikian rupa untuk enak dinikmati dan memberikan keleluasaan. Tersemat layar sentuh 7 inci yang dapat dioperasikan baik untuk radio, DVD, MP3, yang terkoneksi langsung dengan Bluetooth, USB, Airplay, Miracast, dan voice command. Pengoperasiannya mudah dan user- friendly.

Bangku baris ketiga bisa dilipat drive-in sehingga bangku bisa ‘menyelam’ ke bawah bangku kedua, bagasi pun menjadi datar dan luas. Belum lagi kompartemen penyimpanan barang yang banyak sehingga ketika Anda berpergian dengan anak tak perlu khawatir dengan penempatan barang-barang bawaan.

Untuk aksesibilitas, Toyota Sienta dilengkapi pintu geser (sliding door) yang mempermudah penumpang untuk masuk ke dalam kabin dan pintu ini didesain sangat aman bagi anak-anak. Jika pada saat sliding ada benda yang menahan, pintu akan berhenti menutup sehingga mencegah resiko terjepit.

Nah, rasa nyaman dan menyenangkan yang dirasakan penumpang Sienta itu adalah ruh yang membuat kendaraan menjadi semakin bermakna. Dengan segala utilitas, keindahan dan kecanggihan teknologinya, Toyota Sienta telah berhasil memadukan makna sebuah alat dengan interaksi antar manusia beserta seluruh kegiatannya sehingga kendaraan mampu menciptakan ‘kehidupan’.

Spesifikasi Toyota All New Sienta

Layout kendaraan: MPV, mesin depan, 5-pintu, 7-penumpang, FWD
Mesin: 2NR-FE; In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Daya Maksimum: 107 ps / 6,000 rpm
Torsi Maksimum: 14.3 kgm / 4,200
Transmisi: CVT with 7-Speed Sport Sequential Shiftmatic
PxLxT: 4,235 x 1,695 x 1,695 mm
Wheelbase: 2,750 mm
Ground Clearance: 170
Berat Kosong: 1320 kg
Kapasitas Tangki: 45 liter
Rekomendasi BBM: RON 95

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Hujan Deras Bikin Kejurnas Reli Medan Berlangsung Menegangkan

MEDAN, 18 November 2018 – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli 2018 putaran kedua yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/11)...

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...