Beranda New Cars Toyota Land Cruiser Prado 2018, Dirty Jumper

Toyota Land Cruiser Prado 2018, Dirty Jumper

Memiliki bentuk fisik yang lebih kecil namun bertenaga besar, membuatnya lebih lincah dan menjadi favorit di medan off-road.

TOYOTA LAND CRUISER, dalam sejarahnya, kerap kali disebut sebagai King of 4×4 dalam keluarga Toyota dan menjadi supremasi SUV pabrikan Jepang tersebut. Nah Prado pun mewarisi karakter tersebut karena dia termasuk ke dalam anggota keluarga Land Cruiser tetapi kastanya di bawah Land Cruiser itu sendiri. Orang suka menyebut Prado sebagai SUV light duty.

Kalau kita hierarkikan, Land Cruiser itu King of The Kings, sedangkan Prado adalah raja kecil namun tetap SUV sejati dan telah menjadi  simbol ketangguhan dari Toyota. Jika sang kakak, Land Cruiser diproduksi tahun 1951, Land Cruiser Prado baru diproduksi tahun 1984 dengan body yang lebih kecil, namun tetap berpenggerak empat roda.

Land Cruiser Prado terbaru ini diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2017 yang diselenggarakan pada pertengahan September kemarin dan kehadirannya sangat menarik animo publik. Apalagi Prado versi terbaru ini mendapat penyempurnaan di ragam sektor mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki dan mesin serta dibuat lebih apik, detail yang lebih halus dan diklaim lebih aman baik bagi pengguna maupun pedestarian.

Prado nampaknya sedang memperkuat reputasinya sebagai SUV yang lebih modern, berpenampilan lebih kokoh, lebih canggih, lebih nyaman dan memiliki kualitas interior yang lebih baik.

Interior Elegen

Dalam hal interior, selain lapang dan elegan, kabin dibuat lebih ergonomis dan fungsional dengan ragam tombol pengaturan yang user-friendly. Salah satunya menempatkan sejumlah tombol pengaturan pada setir. Dashboard terbaru sudah dilengkapi dengan layar sentuh 8 inci dengan Toyota Touch® 2 with Go Multimedia System dan cluster meter Optitron.  Display tersebut juga berisikan sistem navigasi, audio, driver assistance dan sejumlah informasi fitur keselamatan. Untuk mode pengendaraan, pengguna bisa memilih  Eco, Comfort, Normal, Sport S dan Sport  S+.

Jok depan maupun belakang sudah mengadopsi pemanas guna menambah kenyamanan penumpang dan pengaturan suhu AC pun sudah secara otomatis. Kaca depan pun sudah dilengkapi dengan pemanas untuk mengusir embun yang kadang kala menyerang dalam kondisi cuaca dingin, begitu juga dengan washer nozzle berpemanas. Kaca spion juga dapat dilipat dengan hanya menekan tombol di bagian dalam, tidak lagi manual.

Fitur Berlimpah

Jangan anggap mobil SUV 4×4 sulit dikemudikan dan hanya yang ahli yang mampu mengemudikannya di medan off-road berat. Buang jauh-jauh anggapan itu. Justru seorang pemula pun akan dengan mudah mengoperasikan mobil ini di medan off-road hard core. Hal tersebut disebabkan Prado sudah dilengkapi All-Terrain Support System yang membuat Prado sebagai mobil 4×4 yang paling canggih, aman, menyenangkan dan gampang sekali dikemudikan. Bahkan kemampuan off-roadnya juga didukung oleh tiga jenis differensial secara langsung yaitu open, locking dan Limited Slip Differential (LSD).

Untuk menambah kemampuan mobil dalam merayap di medan berat, pabrikan menyempurnakan fitur Multi-Terrarin Select System (MTS) dengan menambahkan Auto Mode, yang secara otomatis mengaktifkan fungsi Crawl Control 5-kecepatan. Fungsi Multi-Terrain Monitor tersebut sudah diperluas dengan fitur Underfloor View, Front View Rotation, Panoramic View dan Wide Rear View Display.

Keamanan Kelas Satu

Land Cruiser Prado terbaru ini juga dilengkapi dengan ‘Toyota Safety Sense’, yaitu paket teknologi keselamatan aktif yang didesain untuk mencegah atau mengurangi tabrakan dalam kondisi traffic yang kusut. Sudah termasuk juga Pre-Collision System (PCS) dengan fungsi mendeteksi pejalan kaki, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB) dan Road Sign Assist (RSA). Plus pula Blind Spot Monitor (BSM) dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Tyre Pressure Warning System (TPWS).

Dalam hal desain eksterior, dari generasi ke generasi Land Cruiser Prado mampu dengan baik memadukan estetika sebuah kendaraan SUV dengan kesan tangguh dan bertenaga.  Pabrikan mengklaim kendaraan ini lebih gesit dan dinamis namun tetap mempertahankan tiga pilar Land Cruiser; tangguh, kokoh dan bertenaga.

Tampilan Sporty

Posisi headlamp dan pendinginan dibuat sedemikian rupa untuk memaksimalkan kedalaman genangan air yang mampu dilewati oleh kendaraan. Dimensinya lebih panjang 60 mm menjadi 4840 mm (4565 mm untuk model 3 pintu) dengan desain bonnet, radiator grille, headlamp, bumper depan dan fender yang baru. Kemampuan manuvernya diklaim luar biasa dengan radius putar minimal hanya 5,8 meter. Bonnetnya disempurnakan agar pengemudi mendapatkan jarak pandang yang baik ke bagian depan bawah.

Tradisi Land Cruiser tetap dipertahankan dengan bentuk batang grille vertikal dan diberi ornamen krom. Lampu depan mendapat desain menyipit, sudah LED dan Daytime Running Light (DRL). Bagian kolong depan dibuat lebih tipis agar overhang depan pada saat approach angle lebih baik lagi. Prado teranyar ini memiliki Approach Angle 31 derajat,  Departure Angle 25 derajat sedangkan Ramp Angle 22 derajat yang dikombinasikan dengan ground clearance minimal 215 mm.

Mesin Bertenaga

Bagaimana dengan mesin? Toyota menawarkan tiga jenis mesin yakni mesin diesel D-4D 2.8 liter dengan transmisi manual 6-kecepatan dan otomatis 6-kecepatan. Mesin 4 silinder segaris DOHC 16 valve tersebut dilengkapi dengan variable nozzle turbocharger dengan intercooler yang bisa menghasilkan tenaga 130 kW pada 3.400 rpm. Mesin sudah menganut sistem injeksi common-rail yang diatur secara elektronik sehingga putaran mesin dan tekanannya bisa lebih tinggi.

Pilihan kedua adalah mesin bensin 4-silinder segaris 2.7 liter yang mampu menghasilkan tenaga 160 hp pada 5200 rpm dan torsi maksimal 246 Nm pada 3900 rpm. Mesin ini lebih enteng dari pada versi diesel 2.8 liter dan dikombinasikan dengan transmisi manual 5-kecepatan serta otomatis 6-kecepatan. Pabrikan mengklaim konsumsi BBM versi manual 12,3 liter/100 km dan versi metik 12,5 liter/100 km.

Pilihan mesin ketiga adalah mesin bensin V6 DOHC 24 valve 4.0 liter yang menghasilkan tenaga 244 hp pada 5600 rpm dan torsi 381 Nm pada 4.400 rpm dengan konsumsi BBM 10,8 liter per 100 km dan emisi gas buang 256 g/km. Mengadopsi transmisi otomatis 6-kecepatan.

TOYOTA LAND CRUISER 2018

Layout kendaraan: SUV, 5-pintu, 8 penumpang, 4WD full time, mesin depan

Mesin: Diesel I-4 DOHC l6 valve 2.8L, l30hp @l.300 rpm; Bensin I-4, 2.7L, 160hp @5200 rpm, 246hp @3900 rpm; V6 DOHC 16 valve 4.0L; 244hp @5600 rpm, 381 hp @ 4400 rpm.

Transmisi: A/T 8-kecepatan dengon ECH

PxLxT: 4950 x 1979 x 1879mm Wheelbase: 2849 mm

Bobot kosong: 2637 kg

Kapositas tangki BBM: 93 liter

EKA ZULKARNAIN

Last Update

F1: Hamilton Kembali Rebut Puncak Klasemen di GP Jerman 2018

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Hasil dari seri ke-11 balap Formula 1 pada seri Grand Prix Jerman 2018 kembali membuat...

Daihatsu Club Auto Clinic 2018 Edukasikan Pentingnya Kondisi Ban

KARAWANG, 23 Juli 2018 -- Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi  kendaraan bagi Sahabat Club Daihatsu melalui program Daihatsu Club Auto...

H. Rahmat Kibarkan Bendera Merah Putih di Kejuaraan Reli Malaysia 2018

JAKARTA, 23 Juli 2018 – Pereli Indonesia, H. Rahmat dengan navigatornya Donny Wardono, berhasil memenangkan Kejuaraan Rally Malaysia bertajuk International Rally of Johor 2018 yang...

Sergio Marchionne Mundur dari CEO dan Chairman Ferrari

TURIN, 23 Juli 2018 – Kabar mengejutkan datang dari raksasa otomotif Italia, Fiat Chrysler Automobiles (FCA), yang mengumumkan pengunduran diri...

F1: Kemenangan Dramatis Hamilton dari P14, Vettel DNF di Kandang

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Balap seri Formula 1 Grand Prix Jerman 2018, Minggu (22/7/2018), kembali menyajikan drama dari persaingan...