Beranda EDITOR'S PICKS Toyota Fortuner TRD Sportivo, Leading My World

Toyota Fortuner TRD Sportivo, Leading My World

Saat ini penampilan nomor satu, tanpa tentu saja melupakan performa dan kenyamanan interior.

SATU poin penting bagi saya dalam memilih kendaraan tentu saja dari sisi tampilannya. Dengan mengusung tema “Leading the World” Toyota Fortuner TRD Sportivo jelas menyiratkan sebuah arti. Saya sendiri mengartikan kata-kata tersebut sebagai paduan antara maskulinitas dengan sentuhan feminin.

Entah kenapa, sejak dulu saya sangat menyukai mobil bertubuh besar dengan tampilan yang macho. Toyota menjadi satu nama yang masuk dalam preferensi saya dalam memilih mobil. Para insinyur Toyota membuat garis-garis bodi yang tegas sehingga terlihat garang, sangat khas sport utility vehicle (SUV). Tapi jika kita memperhatikan detailnya kekinian dengan headlamp sipit dan memanjang dan dilengkapi dengan teknologi Bi-Beam LED, fitur follow me home, serta floating roof.

Bagian front grille dan bumper Fortuner TRD Sportivo mendapat desain baru, demikian juga dengan lampu kabut yang dibalut cover berwarna hitam. Desain baru juga terlihat pada velg dan bumper belakang. Tambahan emblem TRD Sportivo membuat tampilan mobil jadi lebih segar dan dinamis.

Tampilannya membuat saya pede membawa SUV bongsor ini menemani keseharian saya. Mulai dari ke kantor, bertemu dengan relasi di hotel bintang lima atau mengajak keluarga makan di restoran mewah. Tampilannya stylish dan manis sehingga tak ada keraguan saat berada di tempat apapun.

Apakah performanya juga akan semanis tampilannya? Eits, jangan salah. Ruh Toyota Fortuner tetaplah sebuah SUV lengkap dengan kemampuannya. Toyota mempersenjatai Fortuner dengan mesin diesel 2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. Mesin ini memiliki daya maksimum 149.6 ps pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 40.8 kgm yang bekerja di rentang 1.600-2.000 rpm.

Bahasa teknis mesin ini memang tidak terlalu saya mengerti. Tapi sebagai pengendara harian, yang saya rasakan adalah torsi besar yang dihasilkan mesin diesel Toyota ini seperti tak habis-habis. Yang paling terasa adalah saat akan menyalip mobil lain hanya tinggal menekan pedal gas sedikit lebih dalam, mobil akan melaju dengan cepat. Tenaga yang disalurkan lewat transmisi 6-speed Sport Sequential Switchmatic, Toyota Fortuner sangat mumpuni digunakan kemanapun tujuan saya.

Selain tampilan dan tenaga, kabin juga mendapat perhatian saya secara khusus. Maklum, mobil ini saya gunakan untuk berbagai kegiatan, baik sendiri, dengan rekan kerja maupun keluarga. Kenyamanan saat berada di kabin jelas harus jadi prioritas. Toyota meracik bagian kabin dengan apik. Ketujuh penumpang mendapat jok berlapis jok kulit berwarna coklat.

Dashbord dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan aura prestise pemiliknya. Penempatan sistem hiburan, pengatur suhu udara dan lain-lain sangat mudah dijangkau dan dioperasikan. Kemudi bisa diatur berkat fitur tilt & telescopic steering. Tapi yang paling menarik adalah penambahan paddle-shift di belakang lingkar kemudi sehingga mempermudah pengemudi untuk ganti gear.

Fitur keamanan tak perlu diragukan. Toyota berada di barisan terdepan dalam urusan ini. Toyota Fortuner TRD Sportivo sudah dilengkapi Dual + Knee SRS Airbags, rem dengan anti-lock braking system (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Ada juga Vehicle Stability Control (VSC) membantu mobil tetap stabil saat menikung serta A-TRC yang akan membantu pengemudi mengantisipasi spin pada ban.

Dengan berbagai poin plus baik dari sisi tampilan, kenyamanan kabin, dan performa mesin, tak salah jika saya jatuh cinta pada Fortuner TRD Sportivo.

Spesifikasi Toyota Fortuner A/T Diesel TRD Sportivo

Layout kendaraan: SUV, 5-pintu, 7 penumpang, RWD, mesin-depan
Mesin: 2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler
Kapasitas: 2,393 cc
Transmisi: Otomatis 6 Kecepatan dengan sport sequential switchmatic
Daya Maksimum: 149.6 ps @ 3,400 rpm
Torsi Maksimum: 40.8 kgm @ 1,600-2,000 rpm
Dimensi (PxLxT): 4,795 x 1,855 x 1,835 mm
Wheelbase: 2,745 mm
Bahan Bakar: Diesel

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...

Kasus Ghosn Bikin Gempar, Saham Renault dan Nissan Terjun Bebas

TOKYO, 20 November 2018 – Penangkapan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, oleh pihak berwajib Jepang membuat dampak besar. Saham Renault tempat...