Beranda EDITOR'S PICKS Toyota Fortuner A/T Diesel TRD Sportivo, Partner in Crime

Toyota Fortuner A/T Diesel TRD Sportivo, Partner in Crime

Toyota Fortuner TRD Sportivo mumpuni dalam menemani penggunanya di setiap aktivitas.

DEWI Fortuna sedang tersenyum pada saya. Hari ini lalu lintas menyenangkan, jalanan cukup lengang untuk ukuran Jakarta. Mungkin karena sebagian besar Jakartanians sedang liburan ke luar kota berhubung long weekend. Baguslah. Jadwal saya hari ini memang tak padat, tapi beberapa lokasi yang saya tuju saling berjauhan. Bukan berarti saya keberatan, saya memang bukan tipe orang yang suka diam di rumah. Tak heran jika teman-teman menjuluki saya pecicilan.

Berhubung tak bisa diam, salah satu musuh bebuyutan saya adalah kemacetan. Padahal kondisi itu tak bisa dihindari, terutama di Jakarta. Tapi sejak ‘meminang’ Toyota Fortuner TRD Sportivo, saya memiliki hobi baru: nyetir. Desain interior yang lapang dan nyaman mampu meredam ketidak-sabaran saya. Kursi berlapis kulit lembut begitu pas memeluk punggung.

Posisi setir yang bisa diatur dengan fitur tilt dan telescopic membuat tangan saya lebih relax dan tak cepat lelah saat membelah kemacetan. Selain itu, saya dengan bebas mengatur panggilan telepon dan fitur infotainment lain melalui tombol di setir, voice recognition atau hand gesture yang terhubung dengan layar sentuh 8 inci. Jadi saya tak perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Sebagai seorang head chef, saya peduli dengan tampilan. Makanan yang saya sajikan haruslah berseni. Begitu pula dengan mobil. Toyota Fortuner sendiri sudah memiliki desain yang indah dan garang. Headlamp dan lampu belakang yang ramping membuat bodi keseluruhan terlihat bulk sehingga terkesan tangguh tapi tetap terasa proporsional.

Eksteriornya semakin sporty pada model TRD Sportivo berkat asesoris tambahan seperti aksen hitam pada grille atas dan bawah, cover foglamp, serta spion samping. Velg alloy TRD 18 inci pun menambah kesan gagah dan berkelas. Dengan desain seperti ini, Toyota Fortuner TRD Sportivo tak terlihat out of placesaat saya bawa ke restauran berbintang Michelin untuk mendapatkan inspirasi bagi menu baru saya.

Tak hanya dari estetika, sisi fungsi pun tak luput dari perhatian. Spoiler bumper depan dan belakang dilengkapi dengan underguard yang membuat saya tak khawatir saat melibas jalanan tak rata atau berlubang. Ketika saya membawa barang, akses masuk/keluar bagasi pun sangat mudah berkat Power Back Doordengan memory function. Selain itu, saat saya hang out di malam hari, headlamp Toyota Fortuner TRD Sportivo dengan teknologi Bi-Beam LED memberikan saya rasa aman dengan penerangannya yang mumpuni.

Hari ini merupakan jadwal saya untuk jogging. Seperti biasa, saya meluncur dari tempat kerja (dunia hospitality tak mengenal long weekend) di kawasan Jakarta Barat menuju Jakarta Selatan. Dengan kondisi jalanan yang lumayan lengang seperti ini, saya bisa bermain-main dengan Toyota Fortuner TRD.

Hanya sedikit menekan pedal gas, saya bisa merasakan limpahan torsi 40.8 kgm pada 1,600-2,000 rpm dari mesin diesel 4-silinder segaris berkapasitas 2.4 liter. Transmisi otomatis 6-kecepatannya dengan mulus menyalurkan tenaga maksimal 149.6 ps ke roda. Tenaga tersebut sudah terasa dalam putaran rendah, 3.400 rpm.

Jika saya sedang malas menginjak pedal gas, cukup mengatur fitur Smart Cruise Control dengan hanya menekan tombol dan menarik tuas. Tapi saat ingin memanjakan adrenalin di jalanan kosong, saya tak khawatir mengajak Toyota Fortuner TRD Sportivo meluncur. Pasalnya mobil ini memiliki fitur keselamatan mumpuni seperti SRS Airbag Dual dan Knee Airbags, serta rem cakram di keempat rodanya.

Dengan segala kelebihan itu, Toyota Fortuner TRD Sportivo bukan sekadar kendaraan bagi saya. Ia selalu bisa diandalkan dalam menemani kebutuhan saya untuk selalu bergerak. Ia merupakan partner in crime saya.

Spesifikasi Toyota Fortuner A/T Diesel TRD Sportivo

Layout kendaraan: SUV, 5-pintu, 7 penumpang, RWD, mesin-depan
Mesin: 2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler
Kapasitas: 2,393 cc
Transmisi: Otomatis 6 Kecepatan
Daya Maksimum: 149.6 ps @ 3,400 rpm
Torsi Maksimum: 40.8 kgm @ 1,600-2,000 rpm
Dimensi (PxLxT): 4,795 x 1,855 x 1,835 mm
Wheelbase: 2,745 mm
Bahan Bakar: Diesel
Kapasitas Tangki: 80 liter

MIRAH PERTIWI

Kolom Komentar



latest updates

Isuzu Indonesia Kembali Sabet Juara di I1- Grand Prix

TOKYO, 11 Desember 2018 -- Isuzu Indonesia kembali meraih kemenangan di ajang The 13th Isuzu World Technical Competition ( I-1...

Daihatsu Serahkan 20 Unit Mobil yang Sudah Direkondisi

TANGERANG, 11 Desember 2018 -- Daihatsu Indonesia kembali melaksanakan program Daihatsu Setia yang kelima setelah pertama kali diadakan pada tahun...

Mercedes-Benz C-Class Versi Lokal Semakin Mewah dan Canggih

BOGOR, 11 Desember 2018 – Mercedes-Benz menambah rangkaian modelnya yang dirakit lokal di Indonesia, dengan meluncurkan New Mercedes-Benz C-Class yang...

Mitsubishi Xpander Jadi Kendaraan Operasional Awak Kabin Garuda Indonesia 

JAKARTA, 11 Desember 2018 – Mitsubishi Xpander semakin jadi pilihan konsumen di Indonesia. Hari ini, Selasa (11/12), PT Mitsubishi Motors...

Ini Dia McLaren 720S Spider, Supercar Convertible Tercepat di Dunia

WOKING, 11 Desember 2018 – McLaren resmi melengkapi line up model Super Series mereka di akhir tahun 2018 ini, dengan...