Beranda New Cars Tata Ungkap Nama Calon SUV Terbaru, Meluncur Akhir Tahun

Tata Ungkap Nama Calon SUV Terbaru, Meluncur Akhir Tahun

NEW DELHI, 13 Juli 2018Tata Motors akhirnya mengungkap nama dari calon produk SUV terbarunya yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, yang diumumkan dengan nama Tata Harrier. Pengumuman dilakukan dengan merilis teaser resmi dair SUV yang lahir dari model konsep itu.

Harrier direncanakan akan mulai produksi sebelum akhir tahun 2018, yang adalah versi produksi dari konsep H5X dengan 85 persen desain eksteriornya dipertahankan. Model ini akan menjadi produk SUV Tata selanjutnya menyusul Sumo Grande dan Safari.

Desain Harrier telah menerapkan bahasa desain Impact Design 2.0, yang jika melihat pada teaser terlihat sangat modern dan futuristik. Tata merancangnya dengan memiliki bonnet panjang dan garis bahu yang lebar dan tinggi, untuk menonjolkan kesan tegas dan tangguh.

Sentuhan desain ‘kekinian’ diwakili oleh bentuk lampu utama dan belakang yang memanjang dan cenderung pipih, menggunakan teknologi LED. Sementara dari profil sampingnya terlihat mengadopsi gaya floating roof, dengan aksen two-tone pada atap berwaran hitam.

Arsitektur OMEGA atau Optimal Modular Efficient Global Advanced menjadi platform dari Harrier, yang dikembangkan dari platform D8 milik Land Rover. Harrier juga akan mengadopsi dapur pacu 2.0 L Multijet dari Fiat.

Tata mengklaim mobil ini akan mengusung sistem infotainment terbaik di kelasnya, begitu resmi dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2019. Peluncurannya sendiri dikabarkan akan berlangsung di bulan November mendatang.

Meski sama-sama menggunakan nama Harrier, SUV terbaru Tata ini tidak akan bersinggungan dengan Toyota Harrier karena berada di segmen atau kelas yang berbeda.

WAHYU HARIANTONO