Beranda EDITOR'S PICKS Suzuki Swift Sport 2018, New Hothatch Contender

Suzuki Swift Sport 2018, New Hothatch Contender

Pinggir lintasan makin riuh dan R&D pabrikan Eropa pantas waspada.

Suzuki Swift Sport 2018

SUZUKI SWIFT SPORT mempunyai tempat istimewa di arena bermainnya, lantaran selama berkiprah di pasar global Swift Sport hampir selalu disandingkan dengan Volkswagen Polo GTI, Ford Fiesta ST, dan Renault Clio RS. Keistimewaan yang menempel sudah terjadi sejak generasi pertama diluncurkan pada 2005. Suzuki pun menyadari itu sehingga cukup alasan untuk melepas foto teaser Swift Sport untuk menguji respon publik, terutama media.

Berhasil! Kendati baru debut di Frankfurt Motor Show 2017 pada 12 September, Swift Sport sukses menarik antusiasme penggemar hatchback. Hampir setiap artikel di media daring tentang teaser mengundang banyak komentar dan positif. Maklum desain eksterior Swift Sport generasi ketiga ini mengalami perubahan signifikan. Pihak Suzuki menjanjikan, sentuhan ulang ini bisa memberi kegembiraan pada pengemudi di seluruh dunia yang sport minded.

Styling anyar hatchback andalan Suzuki tersebut lebih sporty dan agresif ketimbang versi sebelumnya. Perubahan menonjol ada pada fascia depan. Swift Sport kini memiliki grille lebih besar dan tarikan-tarikan garis lebih tajam. Pada bumper depan sekarang terdapat lip spoiler hitam glossy dan di bagian samping terpasang rocker panel yang juga berwarna sama. Posisi air intake yang lebih ke dalam dan bawah mempertegas tongkrongan Swift Sport lebih lebar serta rendah.

Bumper belakang pun berdesain baru dengan finishing gloss black dan terintegrasi dengan knalpot krom yang lebih besar dibanding sebelumnya. Pada keempat sudutnya menggunakan velg baru berukuran 17-inci lima palang diamond-cut dengan ban low-profile melingkarinya, yang memungkinkan lebih “lengket” ke permukaan jalan. Suspensi kemungkinan besar akan lebih firm untuk menjamin handling dan kelincahan. Oh ya…handle pintu belakang tersembunyi dalam pilar C seakan ingin menimbulkan kesan terlihat seperti coupe.

Kemudian masuk menelisik kabin Swift Sport. Interiornya menghadirkan suguhan warna all-black. Lembaran kulit yang dipasang pada kemudi dan jok disatukan dengan jahitan benang yang kontras. Dan, di bawah kemudi tertanam stainless steel sport pedal.

Bagaimana dengan sumber gerak Swift Sport? Nah, bagian inilah yang masih belum dibuka Suzuki sehingga, bermunculanlah sejumlah perkiraan dan analisis. Mayoritas memperkirakan Suzuki bakal menanggalkan mesin 1.6 liter pada versi sebelumnya. Analisis mereka mengerucut pada mesin yang digunakan Suzuki Vitara S Turbo yang sekarang beredar di pasar. Sumber daya ini berkapasitas 1.4 liter turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 103kW (setara 137 hp dan torsi puncak yang impresif yaitu 220 Nm).

Yang lebih menarik lagi adalah spekulasi tentang bobot dari Swift Sport baru tersebut. Berdasarkan prediksi bahwa model 2018 ini berbobot lebih ringan maka muncul rumor, berat Swift Sport baru hanya sekitar 870 kilogram. Jika perkiraan mesin dan bobot sesuai kenyataannya, Anda bisa bayangkan sendiri betapa besarnya power-to-weight ratio hatchback itu. Penasaran? Lingkari angka 12 pada September di kalender Anda!

Spesifikasi Suzuki Swift Sport 2018

Layout Kendaraan: Hatchback, 5 pintu, 5 penumpang, mesin-depan
Mesin: 4-silinder 1.4 liter turbocharger/137 hp/200 Nm (est)
Transmisi: A/T 7 kecepatan dual-clutch; M/T 6-kecepatan
P x L x T: 3850 x 1695 x 1510mm
Wheelbase: 2430mm
Bobot kosong: 870 kg
Kapasitas Tangki: 42 liter
Rekomendasi BBM: RON 98

DIDIN SUTANDI

Last Update

F1: Hamilton Kembali Rebut Puncak Klasemen di GP Jerman 2018

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Hasil dari seri ke-11 balap Formula 1 pada seri Grand Prix Jerman 2018 kembali membuat...

Daihatsu Club Auto Clinic 2018 Edukasikan Pentingnya Kondisi Ban

KARAWANG, 23 Juli 2018 -- Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi  kendaraan bagi Sahabat Club Daihatsu melalui program Daihatsu Club Auto...

H. Rahmat Kibarkan Bendera Merah Putih di Kejuaraan Reli Malaysia 2018

JAKARTA, 23 Juli 2018 – Pereli Indonesia, H. Rahmat dengan navigatornya Donny Wardono, berhasil memenangkan Kejuaraan Rally Malaysia bertajuk International Rally of Johor 2018 yang...

Sergio Marchionne Mundur dari CEO dan Chairman Ferrari

TURIN, 23 Juli 2018 – Kabar mengejutkan datang dari raksasa otomotif Italia, Fiat Chrysler Automobiles (FCA), yang mengumumkan pengunduran diri...

F1: Kemenangan Dramatis Hamilton dari P14, Vettel DNF di Kandang

HOCKENHEIM, 23 Juli 2018 – Balap seri Formula 1 Grand Prix Jerman 2018, Minggu (22/7/2018), kembali menyajikan drama dari persaingan...