Beranda New Cars Suzuki Swift 2017 Ada 6 Tipe, Ini Spesifikasinya

Suzuki Swift 2017 Ada 6 Tipe, Ini Spesifikasinya

TOKYO, 27 Desember 2016 — Suzuki Motor Corporation memperkenalkan Suzuki Swift 2017 yang serba baru. Hatchback ini akan mulai dijual resmi di Jepang mulai 4 Januari 2017 mendatang. Swift serba baru ini tampil dengan gaya yang lebih menarik dan sporty. Suzuki juga menjanjikan Swift lebih mudah dalam pengendalian dan bahan bakar yang lebih efisien.

Untuk pasar Jepang, Swift ditawarkan dalam enam varian yaitu RSt, Hybrid RS, RS, Hybrid ML, XG dan XL. Dari sisi mesin, Suzuki menawarkan beberapa pilihan termasuk mesin K10C 1.0 liter bensin Boosterjet tiga-silinder turbo (102 PS/150 Nm). Mesin ini dipadankan dengan transmisi otomatis enam-kecepatan dengan steering-mounted paddle-shifters. Menurut brosur, tipe ini memiliki konsumsi BBM 20 km per liter.

Selain itu, ada juga mesin K12C 1.2 liter Dualjet empat-silinder (91 PS/118 Nm) dengan transmisi manual lima-kecepatan dan otomatis CVT.

Ada juga pilihan model hybrid – Hybrid RS dan Hybrid ML – yang menggunakan kombinasi mesin K12C bersama sistem hibrid SHVS (Smart Hybrid Vecicle by Suzuki). Ada tambahan tenaga 2.3 kW (3 hp) lewat baterai lithium-ion. Model ini hanay ditawarkan dengan transmisi CVT.

Swift baru dibangun lewat platform baru Heartect yang membuat mobil lebih rigid dan ringan. Kini Swift memiliki berat 840kg – 970kg atau sekitar 30kg lebih ringan dari versi sebelumnya yang memiliki bobot 160kg,

Swift generasi baru ini juga memiliki dimensi baru, berukuran panjang 3,840 mm (+10 mm), lebar 1,695 mm (sama), tinggi 1,500 mm (-10 mm) dan jarak roda 2,450 mm (+20 mm). Khusus untuk tipe four-wheel lebih tinggi 15 mm (1,525 mm) dibandingkan varian yang lain.

Paket Keselamatan pilihan turut ditawarkan untuk semua varian kecuali XG, ini termasuklah Dual Sensor Brake Support (DSBS) yaitu bagi sistem mengurangkan risiko kecelakaan yang turut menampilkan elemen seperti kamera monocular  serta bantuan lampu tinggi yang secara otomatis akan berfungsi menyesuaikan dengan kondisi. Selain itu, turut dilengkapi dengan sistem ACC yang menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

Bukan itu saja, Swift 2017 turut dilengkapi dengan enam airbag (dua di hadapan, sisi dan tirai), ESP dan ABS sebagai fitur standar. Tambahan adalah brake assist, autonomous emergency braking (AEB), lane departure warning dan adaptive cruise control functions.

Fitur pada Swift generasi baru ini adalah lampu utama LED, rim alloy 16 inci, lampu kabut halogen, lampu kabut belakang, serta kit yang lebih sporty untuk varian RS.

Di bagian kabin perubahan juga dilakukan. Jok, dashboard, two-tone trim, mendapat desain baru, termasuk kemudi berbentuk flat-buttom. Tombol-tombol sistem hiburan pada Swift lama telah diganti dengan layar sentuh yang telah dilengkapi dengan fitur navigasi, Android Auto, dan Apple CarPlay.

Harga dibanderol mulai 1,343 juta Yen hingga 1,942 juta Yen. Nah, kapan masuk Indonesia? Sebagai informasi saat ini PT Suzuki Indomobil Sales menjual dua varian Suzuki Swift dengan berbekal mesin 1.4L.

Keduanya adalah GX 1.4 M/T yang dijual Rp 209,5 juta dan GX 1.4 At seharga 218,5 juta. Mobil ini bertarung di segmen hatchback yang dihuni Toyota Yaris, Honda Hatchback, Mazda2, dan Kia Rio.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar

Last Updates

KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan New Veloz menjadi perbincangan hangat dunia otomotif dalam beberapa pekan...

Toyota New Avanza Hadir, Mitsubishi Gentar Suzuki Lebih Santai

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan Grand New Daihatsu di Indonesia rupanya tidak terlalu menggentarkan pasar...

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...

Mitsubishi Sedang Persiapkan Xpander Versi Baru?

JAKARTA, 18 Januari 2018 – Persaingan di pasar kendaraan Low MPV semakin panas setelah kehadiran Toyota New Avanza yang baru...

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...