Beranda New Cars Suzuki Batal Pasarkan S-Cross Hybrid, Ini Penyebabnya

Suzuki Batal Pasarkan S-Cross Hybrid, Ini Penyebabnya

NEW DELHI, 30 Maret 2018Suzuki harus menunda rencananya untuk memasarkan mobil berteknologi hybrid penuh untuk pertama kali. Hal ini terjadi setelah Suzuki memutuskan batal meluncurkan Maruti S-Cross Hybrid untuk pasar India. Padahal, publik telah sangat menantikan S-Cross Hybrid di pasar.

Maruti Suzuki India Ltd. (MSIL) harus mengambil langkah ini karena pemerintah India menolak untuk menerbitkan insentif kendaraan hybrid dalam struktur pajak barang dan jasa. Rencana awal, S-Cross Hybrid akan masuk ke pasar India pada tahun 2019.

Menurut CNBC-TV18, Maruti Suzuki telah mendaftarkan S-Cross Hybrid untuk ditetapkan, menggunakan kode nama YGB. Namun permintaan tersebut sekarang telah ditarik kembali oleh pihak Maruti Suzuki.

Baca Juga:  Toyota Avanza Kembali Jadi yang Terlaris, Geser Mitsubishi Xpander

‘Rencana B’ kemudian dilihat Maruti Suzuki untuk bisa tetap meluncurkan S-Cross dengan teknologi hybrid, yakni dengan mengevaluasi ulang teknologi Smart Hybrid dari Suzuki yang masuk dalam golongan mild hybrid. Teknologi tersebut yang saat ini telah dipakai pada model Ertiga dan Ciaz.

Di Indonesia sendiri, teknologi tersebut sudah biasa dirasakan melalui varian Ertiga Diesel Hybrid yang meluncur pada 2017 lalu. Teknologi mild hybrid bahkan kemungkinan besar akan diterapkan nantinya pada Ertiga generasi kedua.

Sejak Oktober 2017, padahal Suzuki Motor Corporation sebagai induk perusahaan telah berkomitmen untuk serius kembangkan pasar kendaraan hybrid di India, menyusul pemerintah yang ingin mengangkat kendaraan bertenaga listirk penuh. Namun keputusan pemerintah tadi memaksa Suzuki berpikir dua kali akhirnya.

Baca Juga:  Tata Ungkap Nama Calon SUV Terbaru, Meluncur Akhir Tahun

WAHYU HARIANTONO