Beranda EDITOR'S PICKS Rolls-Royce Cullinan, Most Luxurious SUV

Rolls-Royce Cullinan, Most Luxurious SUV

Foto-foto: Rolls-Royce

DALAM barisan mobil SUV luxury, kendaraan ini mungkin bukan SUV super luxury pertama yang pernah ada. Karena keduluan oleh Urus atau pun Bentayga. Tapi banyak pihak, terutama dari kalangan pabrikan, menyebut Rolls-Royce Cullinan sebagai SUV super-luxury terbaik yang pernah ada di muka bumi. Klaim tersebut bisa jadi kuat karena melihat sejarah Rolls-Royce yang dikenal sebagai produsen mobil para dewa.

“Nama Cullinan sudah lama ada bersembunyi di depan mata sejak kami mengungkapkan proyeknya beberapa tahun yang lalu,” kata Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars. “Ini adalah nama yang paling pas untuk produk baru kami yang luar biasa. Cullinan adalah mobil yang memiliki kejelasan tujuan, kualitas dan keberuntungan yang begitu sempurna, sama seperti mobil kami lainnya.”

Ya proyek itu bernama “Project Cullinan” yang mengambil nama dari sebuah berlian terbesar di dunia yang pernah ditemukan di Afrika pada tahun 1900-an dan berlian itu sekarang tersimpan di British Crown Jewels, Inggris.Nah, sama dengan Rolls-Royce Phantom VIII, SUV Cullinan ini dibangun dengan chassis monokok aluminum spaceframe terbaru yang oleh pabrikan diberi nama Architecture of Luxury.

“Gaya hidup super-mewah sedang berkembang dan Rolls-Royce berada di depan dalam gaya hidup seperti itu. Kemewahan bukan lagi monopoli konsep urban, melainkan sudah merangkul dunia yang lebih luas lagi. Konsumen kami berharap kemewahan itu ada di mana-mana, tanpa perlu susah payah dan tanpa kompromi untuk menaklukkan medan yang paling menantang untuk menikmati hidup yang penuh dengan makna,” demikian ujar Müller-Ötvös ketika memberikan sambutan dalam rekaman video yang ditayangkan serempak secara online pada saat peluncuran Rolls-Royce Cullinan di situs www.rolls-roycemotorcars.com/cullinan pada 11 Mei lalu.

Menurut Otvos, Cullinan diciptakan karena adanya evolusi pada konsumen Rolls-Royce yang usianya semakin muda dan kehidupannya sangat dinamis dan senang berpetualang. “Mereka tidak menerima batasan atau kompromi di dalam hidupnya. Mereka adalah para pionir baru dan mereka senang berpetualang dan berani dalam menghadapi pengalaman hidup. Pendekatan terhadap hidup seperti ini membutuhkan kendaraan yang bisa mengantarkan kemana saja tanpa meninggalkan gaya hidup mewah,” tambah Otvos.

Cullinan menjadi SUV pertama yang diproduksi oleh Rolls-Royce yang sebelumnya lebih dikenal sebagai produsen mobil super premium dengan model Phantom, Wraith, Ghost dan Dawn. Seperti model-model lainnya, Cullinan juga diproduksi atas dasar pemikiran dari pendiri Rolls-Royce Sir Henry Royce, “Strive for perfection in everything you do. Take the best that exists and make it better. When it does not exist, design it”.

Bagian depan mobil seharga lebih dari 400 ribu dollar AS ini memberikan ciri khas kuat Rolls-Royce lewat bentuk grille yang khas yang terbuat dari baja stainless yang dipoles dengan tangan. Pada bagian atas grille terdapat Spirit of Ecstasy dan disamping grille terdapat lampu utama yang bentuknya mirip dengan Phantom VIII.

Namun garis karakternya lebih tajam. Desainnya lebih mengotak dan gemuk. Meski grillenya mirip dengan Phantom, ia tak kelihatan terlalu tajam dan mungkin ini karena Ia memiliki bentuk body yang lebih ‘kencang’ sehingga grille menjadi tak begitu menonjol. Pilar D Cullinan terlihat lebih berdaging dibandingkan Phantom, sedangkan versi sedannya lebih mengurva. Spoilernya pun memang dirancang sedemikian rupa untuk mengalirkan angin meskipun karena kita lebih terbiasa melihat versi sedan, menjadi kelihatan agak aneh.

Secara umum, bentuk Cullinan juga menjadi standout berkat garis-garis vertikal yang dibentuk dari pilar A sampai ke ujung kap mesin, turun ke grille sampai pelat baja di bawah grille. Garis desain itu membuat postur Cullinan yang tinggi 1.836 mm terlihat lebih jangkung dan merepresentasikan karakter dominan. Kesan kokoh juga terlihat dari pemakaian velg besar  7 palang berdiameter 22 inci.

Cullinan dilengkapi dengan mesin V12 twin-turbo 6.75 liter yang menghasilkan tenaga 562 hp dan torsi maksimal 850 Nm yang disalurkan ke seluruh roda dan mengaplikasi sistem suspensi udara yang bisa turun naik secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan. Air suspension akan melakukan jutaan kalkulasi setiap detik berdasarkan reaksi body mobil, akselerasi, input setir dan kamera. Mesin bensinnya didesain untuk meminum bahan bakar RON 95 ke atas. Untuk mode pengendaraan off-road, tidak terlalu rumit karena tinggal tekan saja tombol off-road di konsol tengah yang dipakai untuk ragam permukaan jalan off-road.

Kemewahan yang sesungguhnya dari Rolls-Royce memang selalu kita berikan pada interior. Layout interiornya mirip dengan Phantom, wah dan luar biasa. Tapi lebih bulky (tebal) dan tak ada Gallery di bagian penumpangnya. Sebagai kendaraan yang memanjakan passenger, jok baris kedua mendapat perhatian sangat besar.

Bagian ini bisa memiliki dua konfigurasi yaitu konfigurasi Lounge Seats yakni jok belakang mengakomodasi tiga penumpang dengan posisi jok sejajar, sedangkan konfigurasi kedua disebut Individual Seat di mana terdapat konsol tengah yang memisahkan antara penumpang belakang kanan dan kiri. Konsol tengah tersebut berfungsi menjadi tempat minum wine dan lemari pendingin kecil. Terdapat juga partisi kaca di antara area bagasi dengan kursi.

Untuk pertama kalinya Rolls-Royce memiliki opening tailgate yang disebut ‘The Clasp’ dan itu ditemukan di Cullinan. Clasp bisa dibuka secara otomatis ke dalam dua bagian dengan dengan menekan tombol sajaAnda bisa melihatnya di video pada tulisan ini. Bagasi yang disediakan pun lega di mana kursi belakang bisa dilipat keduanya secara elektronik. Bagasinya dibuat betul-betul fleksibel di mana terdapat rak parcel dan lantai area kargo bisa dinaik dan diturunkan secara elektrik.

Sama seperti Phantom VIII, sistem infotainmentnya mengadopsi sistem teranyar dan tercanggih yang dikembangkan oleh BMW dan dapat dioperasikan hanya dengan sentuhan tangan saja. Tapi jika Anda ingin cara yang lain tersedia pula tombol di konsol tengah.

Sebagai SUV ultra premium tentunya Cullinan dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi canggih di antaranya adalah Night Vision and Vision Assist  termasuk daytime and night-time Wildlife & Pedestrian warningAlertness Assistant; a 4-Camera system with Panoramic View, all-round visibility and helicopter view; Active Cruise Control; Collision Warning; Cross-Traffic Warning, Lane Departure and Lane Change Warning; an industry leading 7×3 High-Resolution Head-Up Display, WiFi hotspot, sistem Navigation dan sistem Entertainment.

Rolls-Royce Cullinan

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 penumpang, 5 pintu, AWD
Mesin: Bensin V12  48 valve 6.75L/ 562 hp @ 5000 rpm/850 Nm @ 1600 rpm
Transmisi: Belum diumumkan
0 – 100 km: 6,7 detik
Top speed: 250 km/jam
Konsumsi BBM: 6,6 km/liter
PxLxT: 5341 x 2164 x 1835 mm
Wheelbase: 3295 mm
Unladen weight: 2660 kg
Kapasitas tangki BBM: Belum ada
Rekomendasi: RON 95

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...

Honda Civic Type R Pemenang Diecast Custom Competition Hadir di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 -- Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX)...