Beranda EDITOR'S PICKS Range Rover, Dari Generasi ke Generasi

Range Rover, Dari Generasi ke Generasi

SEJAK kehadiran Range Rover pertama tahun 1970, kendaraan ini terus berevolusi. Ia telah menjelma menjadi SUV premium yang mengadopsi ragam kecanggihan teknologi, kapabilitas SUV khas Inggris dan menjadi kiblat SUV dunia serta desainnya menginspirasi.

Pada tahun 1969, pabrikan menelurkan prototype Range Rover yang pertama dan kerahasiaannya sangat dijaga. Tim desainer dan engineer menamai prototype ‘top-secret’ ini dengan nama ‘Velar’,  dari bahasa Italia ‘velare’ yang artinya menyelubungi atau menutupi. Sebanyak 26 prototipe pertama bahkan mendapatkan nama yang sama untuk menyamarkan identitasnya.

Pada tahun 1970, lahirlah Range Rover pertama yakni Range Rover 3-Door setelah sukses menguji coba mobil konsep Velar. Selain pujian, atang juga ragam kritikan karena pabrikan memilih mengombinasikan mobil ‘off-road’ dengan desain yang elegan.

Evoque pertama kali muncul di depan publik pada Paris Motor Show 2010 sebagai mobil konsep LRX dan pada tahun 2011 mulai diproduksi. Banyak pihak menyambut baik kehadiran Evoque karena dianggap sebagai penyegaran bagi desain Range Rover yang dianggap terlalu klasik.

Di dalam keluarga Rang Rover sendiri terdiri dari empat model yakni Range Rover, Rang Rover Sport, Range Rover Velar dan Range Rover Evoque. Masing-masing kendaraan memiliki karakteristik sendiri.

Land Rover Range Rover Evoque 2012

Masih sama dengan versi debut tahun 2011, Evoque  menjadi mobil yang paling akomodatif dengan harga terjangkau. Seperti model sebelumnya, diperkuat oleh mesin 4 silinder segaris turbocharge 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 240 hp dan torsi maksimal 339 Nm. Tenaga dikirimkan ke keempat roda yang sudah dilengkapi dengan sistem off-road Terrain Response.

Land Rover Range Rover Evoque 2013

Seperti model sebelumnya, Evoque tahun ini diproduksi dalam format dua dan empat pintu. Dengan kapasitas lima penumpang dewasa, ruang bagasi mobil ini mampu mengakomodasi 557 liter, sedangkan jika jok belakang dilipat menjadi 1.444 liter. Mendapat facelift pada bagian grille depan, dan untuk pertama kalinya mendapat park assistance system, fitur kemudahan off-road serta sistem navigasi.

Land Rover Range Rover Evoque 2015

Seluruh tipe sudah mendapat fitur-fitur canggih sebagai fitur standar. Misalnya fitur-fitur driver assist seperti Parking Sensor dan Rear Cross Traffic Alert. Ditambah dengan Rearview Camera, sensor parkir depan belakang, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning dan kamera 360 derajat.

Model 2015 juga menjadi model pertama Evoque yang mendapatkan fitur InControl Apps Infotainment System dan applikasi smartphone yang terintegrasi dengan Apple CarPlay serta Android Auto.

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar

Last Updates

McLaren 600LT Spider Lengkapi Keluarga Line Up Longtail

WOKING, 18 Januari 2019 – Rangkaian keluarga model Longtail dalam line up McLaren kembali bertambah, dengan diluncurkannya varian baru dari...

KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan New Veloz menjadi perbincangan hangat dunia otomotif dalam beberapa pekan...

Toyota New Avanza Hadir, Mitsubishi Gentar Suzuki Lebih Santai

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan Grand New Daihatsu di Indonesia rupanya tidak terlalu menggentarkan pasar...

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...

Mitsubishi Sedang Persiapkan Xpander Versi Baru?

JAKARTA, 18 Januari 2018 – Persaingan di pasar kendaraan Low MPV semakin panas setelah kehadiran Toyota New Avanza yang baru...