Home New Cars Mobil Super Mewah Rolls-Royce Phantom VIII Meluncur di Jakarta

Mobil Super Mewah Rolls-Royce Phantom VIII Meluncur di Jakarta

SHARE

JAKARTA, 8 Mei 2018 – Rolls-Royce Phantom sudah memasuki usia ke-93 tahun sejak sedan super premium ini diluncurkan tahun 1925. Selama itu, kendaraan ini sudah terentang dalam delapan generasi dan generasi yang kedelapan sudah dirilis ke pasar dunia pada Juli 2017.

Carvaganza sudah pernah mengemudikan mobil ini sebulan lalu di Singapura selama seharian penuh untuk merasakan sensasi mengendara dan kemewahannya. Kami juga sudah menurunkan laporan eksklusifnya di web carvaganza.com. Dan pada hari ini, Selasa (8/5) Rolls-Royce Phantom VIII telah hadir di Indonesia dengan peluncuran dilakukan di Ballroom Hotel Ritz-Carlton Jakarta.

Sedan ultra-luxury dengan harga mulai dari 2 juta dollar Singapura (sekitar Rp 20 miliar) tersebut merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, Phantom VII. Phantom yang paling anyar ini dibangun dengan platform chassis terbuat dari spaceframe all-alumunium yang membuat mobil menjadi jauh lebih enteng dan sangat rigid. Pabrikan menyebutnya Architecture of Luxury yang akan menjadi platform monokok Rolls-Royce di masa depan.

Paul Harris, Asia Pacific Regional Director for Rolls-Royce Motor Cars mengatakan, “Phantom lebih dari sekadar mobil. Menjadi simbol sukses dan indikator kemewahan yang sesungguhnya di Indonesia. New Phantom adalah flagship Rolls-Royce modern dengan desain berani dan elegan serta rekayasa teknik yang luar biasa.” Pada peluncuran tersebut, Harris juga didampingi oleh Christoph Choi, Director of Operations, Eurokars Group.

Arsitektur Phantom VIII ini diklaim lebih kaku 30 persen dibandingkan spaceframe architecture Phantom VII, namun tidak mendapat banyak perubahan pada body styling karena ingin mempertahankan karakter Phantom yang telah terbangun selama ini. Perubahan desain hanya dilakukan pada grille yang dibuat lebih besar dan lebih tinggi dan perubahan desain lampu utama.

Pada bagian interior, pabrikan mengemas dalam nuansa serba mewah dan elegan sehingga Anda merasa berada di dalam kamar suite hotel bintang lima. Kabin didominasi oleh warna coklat tua, di mana jok, konsol tengah dan dashboard dilapisi material kulit berkualitas. Ruang kaki penumpang belakang dilapisi karpet beludru, sedangkan pada konsol tengah terdapat kulkas kecil (refrigerator). Meski dilengkapi dengan fitur modern, layout dashboard, setir dan lipatan jok masih terlihat klasik art deco.

Pabrikan mengklaim Rolls-Royce adalah mobil paling senyap sedunia, salah satunya berkat penempatan dua lapis kaca setebal 6mm dan material insulasi khusus dengan berat lebih dari 130 kg. Rolls-Royce bahkan bekerjasama secara khusus dengan ban Continental untuk menciptakan ban mobil dengan tingkat kebisingan minim.

Untuk sektor mesin, menggunakan mesin baru  V12 twin-turbo 6.75 liter yang menghasilkan tenaga 570 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimal 900 Nm pada 1700 rpm. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis ZF 8-kecepatan yang disalurkan ke penggerak roda belakang. Pabrikan mengklaim sedan super premium ini memiliki kemampuan akselerasi 0 – 100km/jam dalam waktu 5,4 detik dan kecepatan maksimal (top speed) 248 km/jam yang dibatasi secara elektronik.

EKA ZULKARNAIN

SHARE

Last Update

Mitsubishi Fuso Manjakan Konsumen di Lebaran Service Campaign 2018

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, memanjakan...

Momen Langka, Menangkap Landmark Kota Jakarta

JAKARTA, 22 Juni 2018 – Untuk memotret mobil di pusat kota Jakarta di hari biasa sangat sulit. Hari biasa di...

Konsumsi BBM New Datsun GO Capai 19 Km/L Berkat Transmisi CVT

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- Pada musim mudik Lebaran 2018 ini saya memang tidak berencana untuk mudik ke kampung halaman orang...

The First Fullerton Concours d’Elegance in Singapore

SELAMA ini Singapura hanya dikenal melalui balap Formula 1 setiap tahun sebagai event otomotif bertaraf dunia yang digelarnya. Tahun ini,...

Tak Kompetitif, Ferrari Pecat Raikkonen di Akhir Musim?

MARANELLO, 22 Juni 2018 – Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi kesempatan terakhir Kimi Raikkonen berada di Formula 1, menyusul...